Quantcast
KomputerCommercial PCMade for BusinessNewsProduct NewsReview

Review HP EliteBook 845 G9

8.5

Umumnya sebuah laptop bisnis identik dengan rancangan bodi tangguh dan dilengkapi sistem keamanan lengkap. Tapi, HP EliteBook 845 G9 tampil menonjol di kelas laptop bisnis dengan menawarkan performa AMD Ryzen yang kencang dan fitur keamanan ekslusif yang dibawanya. Penasaran bagaimana kebolehan laptop bisnis kelas premium ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

 HP EliteBook 845 G9

Kelebihan HP EliteBook 845 G9

+ Keyboard nyaman digunakan
+ Performa kencang
+ Fitur keamanan ekslusif lengkap
+ Port konektivitas lengkap
+ Webcam dengan fitur perlindungan privasi
+ Dilengkapi programmable key
+ Webcam dan mikrofon mumpuni untuk konferensi video
+ Audio bertenaga
+ Baterai cukup tahan lama

Kekurangan HP EliteBook 845 G9

– Manajemen thermal kurang optimal
– Tidak tersedia slot kartu memori SD
– Harga relatif mahal
– Tidak ada opsi pengaturan performa

Sekilas Spesifikasi HP EliteBook 845 G9:

  • Prosesor: AMD Ryzen 9 PRO processor
  • Sistem operasi: Windows 10 Pro (available through downgrade rights from Windows 11 Pro)
  • Layar: 14″ diagonal, WUXGA (1920 x 1200), IPS, anti-glare, 1000 nits, 100% sRGB, HP Sure View Reflect integrated privacy screen
  • Kartu grafis: AMD Radeon 680M Graphics
  • RAM: 16 GB DDR5-4800 MHz RAM (1 x 16 GB)
  • Ruang penyimpanan:1 TB PCIe NVMe TLC SSD
  • Baterai: HP Long Life 3-cell, 51 Wh Li-ion
  • Dimensi: 31.56 x 22.4 x 1.92 cm
  • Bobot: 1.4 kg

Desain minimalis modern

Minimalis dan modern. Itulah kesan pertama kami saat berjumpa dengan laptop bisnis ini. Tampilannya juga terlihat premium dengan material sasis bodi alumunium yang dilapisi warna bodi silver.

Rancangan bodinya yang ramping terasa sangat kokoh. Jadi, tidak perlu khawatir saat dibawa mobilitas. Bobotnya ada di kisaran 1,4 Kg. Secara keseluruhan dimensi bodinya ini memang bukan yang paling tipis dan ringan.

Port konektivitas yang dibawanya tergolong lengkap. Sisi kiri tersedia port HDMI, dua port USB 4 (mendukung Power Delivery dan Display Port 1.4), dan satu port USB Type-A Super Speed. Di sisi kanan tersedia satu port USB Type-A Super Speed dan headphone/mic audio combo jack 3.5mm. Dengan begitu saat bekerja bisa dengan mudah dihubungkan ke monitor tambahan. Atau, bisa disambung ke proyektor saat dibutuhkan untuk presentasi di kantor. Satu yang absen tidak tersedia slot pembaca kartu memori SD di laptop ini.

Layar standar dengan tingkat kecerahan tinggi

Beralih ke sektor layar EliteBook 845 G9 hadir dengan panel layar IPS dengan rasio 16:10. Resolusi layarnya 1920 x 1200 pixel, mendukung cakupan warna sRGB 100% dan refresh rate 60 Hz. Memang tergolong standar. Cukup disayangkan belum mengusung panel layar OLED mengingat harga jualnya yang premium.

 HP EliteBook 845 G9

Tapi, panel layarnya tetap memuaskan. Tingkat ketajaman gambar dan warna tergolong baik. Nyaman digunakan untuk bekerja hingga menikmati konten multimedia.

Satu keunggulan dari panel layarnya adalah tingkat kecerahan. Bisa hingga 1000 nits. Jadi, tidak pantang di kondisi pencahayaan sangat terang. Sekalipun di luar ruangan di kondisi pencahayaan terik layarnya masih tetap terlihat jelas. Anda juga bisa memutar konten-konten video HDR.

HP melengkapi layarnya dengan fitur perlindungan privasi HP Sure View. Fitur ini bisa diakses dengan menekan tombol F2. Saat aktif fitur ini akan memburamkan layar agar tidak bisa diintip orang dari sisi kiri atau kanan.

 HP EliteBook 845 G9

Fitur perlindungan privasi lain bisa juga ditemukan pada webcam di atas layarnya. Webcam tersebut sudah dilengkapi dengan fitur penutup yang bisa digeser dengan mudah.

Keyboard nyaman digunakan

Untuk area keyboard EliteBook 845 G9 membawa keyboard dengan gaya chicklet. Ukuran tombol cukup besar. Jarak antar tombol juga tidak terlalu dempet dan tidak terlalu rata dengan bodi. Mengetik dengan keyboardnya tergolong nyaman.

HP EliteBook 845 G9

Kami bisa mengetik dengan cepat tanpa membuat tangan terasa cepat lelah. Keyboard ini sudah dilengkapi dengan lampu backlit untuk menemani kerja di kondisi temaram.

My HP programmable key F12

Di area keyboardnya kami juga menemukan satu tombol Programable Key di tombol F12. Tombol ini menjadi salah satu fitur favorit kami. Pasalnya, tombol tersebut bisa diatur untuk membuka hingga lima aplikasi yang paling sering Anda gunakan secara bersamaan. Pengaturannya bisa melalui aplikasi myHP. Jadi, bisa mempersingkat waktu tanpa perlu repot membuka aplikasi satu per satu.

Di bagian bawah keyboard bisa ditemukan satu sensor sidik jari sebagai pengaman. Area touchpad juga lebar. Touchpad yang dibawanya ini nyaman ditekan dan responsif dengan sapuan jari.

Optimal untuk konferensi video

Konferensi video saat ini telah menjadi tren di era gaya kerja hibrid. Di EliteBook 845 G9 kami bisa menemukan webcam dengan sensor 5 megapixel dan mikrofon terintegrasi.

MyHP

Dari pengujian kami webcam dan mikrofonnya tergolong oke untuk konferensi video. Webcam tersebut bisa menangkap gambar dengan tingkat ketajaman yang baik selama pencahayaan di ruangan cukup.

Beragam fitur pintar seperti deteksi wajah dan auto framing juga turut didukungnya. Dengan fitur ini wajah Anda bisa dipastikan selalu ada di dalam frame. Fitur ini bisa diakses lewat aplikasi MyHP.

Webcam tersebut juga sudah dilengkapi dengan infrared. Jadi, bisa mendukung fitur Windows Hello untu login dengan deteksi wajah.

HP Audio Control

Sementara, dua mikrofon terintegrasi yang dibawanya sudah mendukung fitur pengurang bising. Sudah cukup mumpuni untuk konferensi video tanpa perlu repot menggunakan headset atau mikrofon tambahan.

Sektor audionya juga mumpuni. Output suara dari sepasang speaker Bang & Olufsen yang dibawanya terasa sangat bertenaga. Di atas rata-rata laptop kelas bisnis pada umumnya.

Fitur keamanan ekslusif yang mumpuni

HP Wolf Security

Sebagai laptop bisnis kelas premium sederet fitur keamananan ekslusif HP bisa ditemukan di EliteBook 845 G9. HP Wolf Security menjadi salah satu primadona. Aplikasi ini adalah benteng pertahanan tambahan yang bisa melindungi laptop dari serangan malware atau ancaman siber lain. Seperti antivirus pada umumnya HP Wolf Security akan selalu melindungi dan tetap berjalan di latar meski Anda tidak membukannya.

HP Sure Click Pro web browser

HP juga menyediakan aplikasi HP Sure Click Pro Secure Browser. Peramban besutan HP ini menawarkan sistem perlindungan yang lebih baik saat Anda menjelajah di internet. Untuk fitur keamanan lain, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya tersedia sensor sidik jari dan webcam dengan fitur penutup untuk melindungi privasi. Keduanya juga sudah mendukung fitur keamanan Windows Hello.

 HP EliteBook 845 G9

Performa HP EliteBook 845 G9

EliteBook 845 G9 ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS yang disokong RAM 16GB. Ruang penyimpanan yang tersedia mengguankan SSD PCIe 4.0 NVMe dengan kapasitas 1TB. Hasil benchmark EliteBook 845 G9 sebagai berikut.

Dari pengujian kami performa AMD Ryzen 9 PRO 6950HS memang terasa sangat gegas. Menjalankan aplikasi Office untuk produktivitas sehari-hari hingga melakukan penyuntingan foto dan video yang ringan bisa berjalan dengan mulus. Multitasking dengan membuka beberapa tab di browser dan membuka beberapa aplikasi bersamaan juga tidak membuat performanya terasa lambat.

Bahkan, kartu grafis terintegrasi AMD Radeon 680M yang dibawanya masih bisa diandalkan untuk bermain game. Memang tidak bisa mengharapkan performa grafis paling tinggi. Tapi, setidaknya cukup untuk hiburan di waktu senggang.

Satu hal yang menjadi perhatian kami adalah manajemen thermal. Imbas dari performanya yang kencang laptop ini terasa cepat panas. Terutama di area atas dan kiri keyboard. Area bodi bawah laptop juga terasa sensasi hangat. Di beberapa skenario saat beban komputasi mulai bertambah kipas pendinginnya juga akan sedikit bising.

Baterai HP EliteBook 845 G9

HP EliteBook 845 G9

EliteBook 845 G9 membawa baterai dengan kapasitas 51Wh. Kabar baiknya, meski performanya sangat kencang laptop ini tergolong irit daya. Untuk penggunaan produktivitas sehari-hari kami menggunakan aplikasi Office, terhubung ke WiFi, pengaturan tingkat kecerahan layar sekitar 30%, tidak menggunakan keyboard backlit, menonaktifkan fitur Bluetooth dan Location Windows baterainya bisa tahan nyaris 9 jam. Cukup untuk menemani bekerja seharian. Andai saja HP menyediakan opsi pengaturan performa seperti laptop kekinian lain, kami prediksi manajemen thermal dan ketahanan baterainya bisa lebih baik.

Kesimpulan

AMD Ryzen 9 PRO 6950HS adalah salah satu prosesor paling kencang dari AMD. Alhasil, performa EliteBook 845 G9 memang di atas rata-rata laptop bisnis premium lain sekelasnya. Mulai dari produktivitas menjalankan aplikasi office sehari-hari, konten kreasi ringan, hingga gaming di waktu luang bisa ditangani oleh laptop ini. Baterainya pun cukup tahan lama. Fitur keamanan ekslusif yang dibawanya juga tergolong komplit dan andal. Penting untuk para pebisnis dan profesional yang tidak ingin repot dan merogoh kocek lebih untuk software keamanan tambahan.

Dengan spesifikasi dan fiturnya tersebut EliteBook 845 G9 dijual dengan harga sekitar 41 Jutaan Rupiah. Harganya ini memang tergolong premium. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya, laptop ini wajib dilirik untuk para pebisnis dan profesional yang mengincar laptop bisnis kencang, baterai tahan lama, dan dilengkapi fitur keamanan eksklusif andal untuk mendukung gaya kerja hibrid.

Laptop ini wajib dilirik untuk para pebisnis dan profesional yang mengincar laptop bisnis kencang, baterai tahan lama, dan dilengkapi fitur keamanan eksklusif yang andal untuk mendukung gaya kerja hibrid.
8.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button