Quantcast
NewsCamcorderFoto & VideoProduct News

RED Komodo-X ST: Kamera Sinema Ringkas Edisi Terbatas dengan Kemampuan Rekam Video 6K 80 FPS

Pabrikan kamera RED mengumumkan kehadiran kamera sinema Komodo-X ST. Kamera ini akan menjadi jembatan antara seri Komodo dan Raptor di kelas premium.

RED Komodo X-ST

Spesifikasi RED Komodo-X ST

Keistimewaan Komodo-X ST ada di sensor. RED menyematkan sensor 6K Super35 baru dengan resolusi 19.9 megapixel. Dimensi sensor tersebut 27.03 x 14.26 mm. Dimensi yang sama seperti sensor 6K S35 di kamera Komodo sebelumnya. Bedanya, sensor anyar ini menawarkan peningkatan di berbagai sektor. Seperti misalnya kedalaman warna, dynamic range hingga 16.5 stops, dan frame rate di resolusi tinggi.

RED Komodo X-ST

Mode perekaman video di Komodo-X juga lebih komplit. Kamera ini menyediakan opsi perekaman video internal ProRes 4444XQ 4:4:4 di resolusi 4K 60p, ProRes 4444 4:4:4 di resolusi 4K 80p dan ProRes 422/422 HQ/422LT hingga 120 fps. Sementara, di resolusi tinggi komodo-X bisa mendukung perekaman video hingga resolusi 6K 80p, 5K 96p, 4K 120p, dan 2K 240p. Semua hasil rekaman video kemudian bisa disimpan ke kartu memori CFexpress Type B.

RED Komodo X-ST

Fitur lain Komodo-X mendukung teknologi autofocus phase-detect dan contrast-detect, membawa port konektivitas sangat lengkap, dan mendukung penggunaan baterai micro V-mount. Baterai ini memiliki bobot hanya 283 gram saja. Jadi, sangat ideal untuk penggunaan di skenario pengambilan gambar menggunakan drone.

Harga RED Komodo-X ST

Peluncuran perdana lini RED Komodo-X dimulai dengan Komodo-X ST. “ST” menandakan kamera ini adalah edisi terbatas. Harga RED Komodo-X ST US$9995 atau sekitar 148 Jutaan Rupiah.

Kesan Pertama

Komodo-X membawa pembaruan fitur yang cukup menarik jika dibandingkan Komodo sebelumnya. Mulai dari sensor baru, dukungan autofocus phase detect, bisa menggunakan kartu memori CFexpress Type-B yang lebih cepat dan masih banyak lagi. Kamera ini bisa jadi opsi yang lebih hemat dari seri Raptor dengan fitur yang mendekati dan harga jual lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button