Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Redmi Note 12 4G

Redmi Note 12
7.3
Cek Harga

Segmen 2 jutaan selalu menjadi andalan Xiaomi untuk menggaet para pengguna di Indonesia. Lewat jagoan baru mereka, Redmi Note 12 4G, Xiaomi kembali menyuguhkan ponsel dengan formula yang amat disukai para fans, yaitu spesifikasi menarik harga terjangkau.

Apakah smartphone ini bakal kembali menjadi jawara di tengah ramainya persaingan Android 2 jutaan? Kalau Anda penasaran, langsung saja simak ulasan kami.

Kelebihan Redmi Note 12 4G:

  • Layar AMOLED 120Hz
  • Di kelas harganya, kamera cukup oke untuk foto dan video
  • Ada lensa ultrawide
  • Performa standar, tapi tetap layak untuk gaming
  • Masih punya port audio jack 3.5mm
  • Baterai awet
  • Charger 33W sudah termasuk dalam kemasan

Kekurangan Redmi Note 12 4G:

  • Speaker mono
  • Banyak bloatware dan ada iklan
  • Belum ada opsi 60fps untuk merekam video
  • Kamera depan tidak bisa menggunakan Night Mode

Desain main aman

Tidak ada terobosan desain yang membuat Redmi Note 12 lebih menonjol dibanding lawan-lawannya. Bisa dibilang, secara desain Xiaomi main aman saja. Ponsel ini mengedepankan tampilan yang minimalis dengan tepian flat yang umum digunakan oleh brand lainnya di kelas yang sama.

Redmi Note 12

Kalau dibandingkan dengan generasi terdahulu, memang ada perbedaan yang lumayan signifikan pada bodi yang kini full datar dan frame kamera yang dibuat lebih lebar. Setidaknya, dua hal tersebut bisa jadi pertimbangan bagi Xiaomi Fans yang ingin upgrade dari Redmi Note 11.

Saat digenggam, Redmi Note 12 terasa pas di tangan. Ketebalannya hanya 7,9mm dengan bobot sekitar 183 gram. Ketika terpasang softcase bawaan yang ada di dalam kemasan pun bodinya masih lumayan tipis. Untuk finishingnya, Xiaomi memberikan lapisan matte yang kalem tapi sayangnya bekas jari masih bisa menempel.

Di bagian depan terdapat layar besar berukuran 6,67 inci. Bezelnya tergolong tipis kecuali pada bagian dagu yang sedikit lebih tebal. Sama seperti seri sebelumnya, layar ini juga sudah mengadopsi desain punch hole kekinian.

Redmi Note 12 4

Pada sisi sebelah kanan terdapat tombol power (sekaligus sensor sidik jari) dan pengaturan volume. Di bawah ada port USB Type-C beserta lubang speaker dan mikrofon. Sementara di atas tersedia port audio jack 3.5mm, IR blaster, dan mikrofon. Ya, dengan ponsel ini Anda masih bisa menggunakan headset kabel tanpa butuh adapter. Sekadar informasi tambahan, Redmi Note 12 memiliki sertifikasi IP53 yang artinya tahan terhadap cipratan air.

Redmi Note 12 1

Untuk paket penjualannya, Anda diberikan softcase bening, kabel USB Type-C, dan yang paling penting charger 33W. Cukup lengkap!

Layar AMOLED 120Hz

Redmi Note 12 dibekali layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz. Untuk harganya, apa yang diberikan oleh ponsel ini sudah tergolong mewah. Apalagi tingkat kecerahannya bisa mencapai 1200 nits, didukung gamut warna DCI-P3, dan punya sertifikasi Netflix HD.

Redmi Note 12 3

Browsing, chatting, bermain games, hingga menonton video terasa cukup memuaskan dengan layar Redmi Note 12. Jika ingin lebih hemat baterai, Anda juga bisa mengubah refresh rate ke 60Hz. Sayangnya belum ada mode adaptive yang mampu menyesuaikan secara otomatis.

Layar tersebut sudah dilindungi Gorilla Glass 3. Sedikit membahas audio, Redmi Note 12 hanya dilengkapi speaker mono saja, belum stereo. Posisinya juga agak rawan tertutup jari sendiri ketika bermain game.

Kamera memadai

Kamera Redmi Note 12 terbilang memadai. Belum bisa disebut istimewa, tapi sudah cukup untuk mengabadikan momen sehari-hari. Konfigurasinya antara lain kamera utama 50 MP f/1.8, kamera ultra-wide 8 MP dan makro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 13 MP di depan.

Hasil foto pada kondisi cahaya yang melimpah sudah bagus untuk kelas harganya. Tajamnya dapat, tone warnanya juga tampak hidup alias tidak pucat. Kontras memang sedikit agresif, tapi menurut kami tidak sampai berlebihan.

Auto (5)

Auto (2)

Portrait

Yang perlu diacungi jempol adalah keberadaan lensa ultrawide. Memang kualitasnya biasa saja, tapi setidaknya, lensa ini bisa lebih bermanfaat untuk skenario pemotretan sehari-hari. Bagaimana dengan kamera makro? Sekadar pelengkap saja.

Ultrawide (2)

Ultrawide (1)

Saat digunakan memotret di malam hari, kamera Redmi Note 12 mulai terlihat kewalahan. Noise bermunculan dan akan lebih jelas ketika Anda memindahkan ke monitor. Tapi bagi kami, itu merupakan hal wajar untuk ponsel harga segini. Yang cukup disayangkan, kamera depannya tidak punya Night Mode.

Night (1)

Night (2)

Bagi yang gemar videografi, kamera Redmi Note 12 hanya bisa merekam hingga resolusi 1080p di 30fps. Tidak ada opsi 60fps apalagi 4K, baik menggunakan kamera belakang atau kamera depan. Contoh hasil videonya bisa Anda lihat di bawah ini.

kamera depan 1080p 30fps

Kamera utama 1080p 30fps

Performa mulus

Redmi Note 12 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 685, yang merupakan versi upgrade dari Snapdragon 680. Perbedaan performanya memang tidak signifikan, tapi setidaknya secara generasi lebih baru dan tetap bisa menghadirkan kinerja mulus untuk beragam kebutuhan.

Varian yang kami ulas di artikel ini adalah yang tertinggi, yaitu dengan memori 8/128 GB. Sejauh pengujian kami, Redmi Note 12 cukup lancar digunakan untuk scrolling media sosial, komunikasi, menonton video 1080p, hingga main games.

Judul populer seperti Mobile Legends dapat dijalankan dengan frame rate tinggi. PUBG Mobile pun lancar, asalkan Anda menyesuaikan setting grafisnya. Genshin Impact? Bisa, tapi agak pas-pasan dan bakal sering mengalami frame drop.

Dari sektor baterai, Redmi Note 12 menawarkan kapasitas 5.000 mAh yang bisa menemani aktivitas kami seharian penuh. Pemakaian secara intensif pun nggak bikin kami kehabisan daya di tengah jalan. Untuk charging, teknologinya sudah 33W dan bisa mengisi daya dari 10 hingga 100 persen dalam waktu kurang lebih 1 jam 15 menit.

Kesimpulan

Redmi Note 12 adalah smartphone all-around yang terjangkau. Cocok untuk berbagai tipe pengguna, mulai dari yang cuma butuh alat komunikasi dan media sosial, hingga yang gemar foto-foto atau main games. Hanya saja, kami harap Anda tidak menaruh ekspektasi terlalu tinggi. Varian 4/128GB pun bagi agak kurang menarik dari segi harganya. Mending langsung tancap gas ke 8/128GB saja kalau dana mencukupi.

Bagi yang berminat, Redmi Note 12 4/128GB dijual dengan harga Rp2.599.000. Sementara varian 6/128GB dan 8/128GB harganya masing-masing adalah Rp2.799.000 dan Rp2.999.000. Klik tautan berikut ini jika ingin melakukan pembelian.

Redmi Note 12
Redmi Note 12
Redmi Note 12 adalah smartphone all-around yang terjangkau dan ocok untuk berbagai tipe pengguna
7.3
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button