Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Sony ZV-E1: Kamera Mirrorless Full Frame Paling Ringkas dengan IBIS dan Chip AI

Sony Alpha ZV-E10 adalah kamera mirrorless ringkas dengan sensor APS-C yang difokuskan untuk videografi. Kini, Sony merilis ZV-E1 yang hadir dengan sensor full frame dan sederetan fitur lebih canggih.

Sony ZV-E1

Spesifikasi Sony ZV-E1

ZV-E1 hadir dengan desain yang ringkas dan ringan. Bobotnya termasuk baterai dan kartu memori hanya sekitar 483 gram saja. Jadi, akan sangat mudah dibawa ke mana saja.

Di balik bodinya yang ringkas ZV-E1 dibekali sensor full frame EXMOR R CMOS yang resolusinya 12 megapixel. Sensor yang sama seperti di Alpha 7S III. Sensor tersebut juga disokong prosesor andalan Sony yakni BIONZ XR.

Sony ZV-E1

Dengan spesifikasi tersebut ZV-E1 bisa merekam video 4K menggunakan seluruh area sensor tanpa pixel binning. Kamera ini juga bisa merekam video gerakan lambat 120p di resolusi 4K dan 240p di resolusi Full HD. Selain itu, ZV-E1 mendukung rentang dinamis hingga 15 stop dan pengaturan ISO maksimum hingga ISO 409,600.

Beragam fitur pintar dengan kecerdasan buatan

Untuk pengambilan video yang lebih stabil, ZV-E1 berhasil menjadi mirrorless full frame paling ringkas yang dilengkapi fitur IBIS (In Body Image Stabilization). Fitur penstabil lima axis di bodinya ini diklaim telah ditingkatkan dengan kemampuan stabilisasi lebih baik hingga sekitar 30%.

Paling menarik dari kamera ini adalah sederetan fitur pintar dengan bantuan kecerdasan buatan yang dibawanya. Dengan begitu perekaman video akan semakin mudah. ZV-E1 mengadopsi chip AI (Artificial Intelligence) yang ada di Alpa 7R V. Chip ini akan mendukung kinerja Autofocus, pengambilan gambar hingga stabilisasi.

Sony ZV-E1

Beragam fitur pintarnya termasuk fitur deteksi wajah yang bisa diandalkan di beragam skenario, AI-based Dynamic Active Mode stabilization dengan Framing Stabilizer, AI-based Auto Framing, dan kendali zoom. Untuk pengambilan gambar ZV-E1 membawa fitur pengaturan Cinematic Vlog, My Image Stlye, S-Gamut3 dan Cine/S-Log3. Pengguna juga dimungkinkan untuk menambahkan LUT ke dalam kamera. Jadi, bisa melakukan penyuntingan warna langsung di kamera.

Di sektor audio ZV-E1 dilengkapi dengan tiga kapsul mikrofon yang telah ditingkatkan. Mikrofon tersebut diklaim bisa menghadirkan perekaman audio seperti mikrofon kelas profesional. Dengan begitu tidak perlu lagi menggunakan mikrofon eksternal tambahan.

Harga Sony ZV-E1

ZV-E1 akan tersedia di bulan Mei 2023 dengan harga mulai dari US$2200 atau sekitar 32 Jutaan Rupiah untuk bodi saja. Paket kit dengan lensa 28-60mm harganya US$2500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button