Quantcast
AplikasiAndroidiOS (iPhone/iPad)Tips

[Tips] Melindungi Akun Instagram dengan Google Authenticator

Kejahatan siber yang menyerang akun di media sosial memang bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk, pada akun Instagram. Untuk itulah penting untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun online Anda.

instagram

Di Instagram sendiri tersedia fitur pengaman tambahan lewat autentikasi dua langkah atau two-factor authentication. Menariknya, fitur ini bisa terhubung ke aplikasi autentikasi pihak ketiga seperti misalnya Duo Mobile atau Google Authenticator.

Cara kerja sistem autentifikasi dua langkah Instagram

Cara kerjanya sangat sederhana. Saat fitur ini diaktifkan, setiap kali login ke akun Instagram dengan perangkat baru pengguna diwajibkan memasukkan kode yang dikirimkan dari kedua aplikasi autentikasi tersebut untuk verifikasi. Singkatnya, meski kata sandi akun Anda dicuri, pencuri juga tetap tidak akan bisa masuk ke akun karena tidak memiliki kode verifikasi tersebut.

Cara mengaktifkan fitur autentifikasi dua langkah Instagram dengan Google Authenticator

Di tips ini kami menggunakan iPhone (bisa juga diikuti oleh pengguna smartphone Android) dan aplikasi Google Authenticator sebagai aplikasi autentikasi dua langkah. Google Authenticator dipilih mengingat sistem keamanannya yang berlapis dan canggih.

google authenticator

Setiap 30 detik aplikasi Google Authenticator akan melakukan reset kode dan meregenerasi kode autentikasi berbeda secara otomatis. Google Authenticator juga hanya mendukung satu akun untuk satu perangkat saja. Bahkan, aplikasi Google Authenticator sendiri di smartphone atau tablet bisa dilindungi lagi dengan mengandalkan sistem keamanan biometrik di smartphone atau tablet.

Nah, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur autentifikasi dua langkah Instagram menggunakan Google Authenticator.

1. Langkah pertama pastikan Anda sudah install aplikasi Google Authenticator di perangkat smartphone atau tablet. Aplikasi ini tersedia gratis untuk aplikasi iOS dan Android.
2. Buka Akun Instagram Anda
3. Tap foto profil di pojok kanan bawah layar
4. Tap tiga susun garis di pojok kanan atas layar, lalu pilih settings atau pengaturan.
5. Pilih Settings and Privacy
6. Pilih Account Center
7. Pilih Password and Security dan pilih Two-Factor Authentication
8. Jika belum mengaktifkan fitur ini, tap Get Started
9. Aktifkan Authentication app recommended)
10. Kemudian, masukkan kode autentikasi untuk konfirmasi dari aplikasi Google Authenticator untuk menyelesaikan proses setup.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button