Apple HomePod 2nd Gen: Lebih Canggih dan Pertama Mendukung Standar Matter untuk Rumah Pintar

Kabar baik untuk para penggemar Apple HomePod. Setelah empat tahun akhirnya Apple kini merilis generus penerusnya yakni HomePod 2nd Gen. Apa saja pembaruan yang dibawanya?

Apple HomePod 2nd Gen

Fitur Apple HomePod 2nd Gen

Di sektor desain nyaris tidak ada pembaruan. Sekilas desain HomePod 2nd Gen masih sama. Tapi, untuk dimensi sedikit berbeda. Generasi kedua Homepod sedikit lebih pendek sekitar 0,5 cm dari generasi pertama. Bobotnya juga lebih ringan. HomePod 2nd Gen memiliki bobot sekitar 2,34 Kg. Generasi pertamanya sekitar 2,49 Kg.

Apple HomePod 2nd Gen

Satu faktor yang menjadikan bobotnya lebih ringan adalah jumlah komponen yang dibawanya. HomePod 2nd Gen membawa satu woofer berukuran empat inci dan lima tweeter. Sebelumnya, HomePod generasi pertama membawa tujuh tweeter. Meski lebih sedikit Apple menjamin kualitas suara HomePod 2nd Gen tetap sangat mumpuni.

Apple HomePod 2nd Gen

Menurut Apple, HomePod 2nd Gen kini dilengkapi dukungan teknologi room sensing. Fitur ini bisa memungkinkan HomePod 2nd Gen untuk mendeteksi posisinya di dalam ruangan dan secara otomatis menyesuaikan output suara. Artinya, di mana pun posisi speaker ini ditempatkan pengguna bisa mendengarkan kualitas suara yang sama. Selain itu, dengan fitur Spatial Audio dan Dolby Atmos pengguna bisa menikmati pengalaman audio yang lebih imersif. Fitur ini bisa dinikmati menggunakan konfigurasi satu unit HomePod 2nd Gen atau dua unit untuk konfigurasi stereo.

Apple HomePod 2nd Gen

Pembaruan kemudian terlihat di chip prosesor. HomePod 2nd Gen ditenagai chip S7 yang pertama kali diperkenalkan di Apple Watch Series 7. Sensor temperatur dan kelembaban juga kini tersedia di HomePod 2nd Gen.

Paling menarik Apple akhirnya membuka diri ke ekosistem lain. HomePod 2nd Gen kini mendukung protokol Matter yang merupakan standar global baru untuk ekosistem rumah pintar. Dengan begitu, HomePod 2nd Gen bisa menjadi terminal untuk mengendalikan perangkat pintar lain seperti lampu, kamera pengaman dan aksesoris lain dengan standar Matter yang sama.

Harga Apple HomePod 2nd Gen

HomePod 2nd Gen tersedia dengan pilihan warna hitam dan putih. Harga jualnya US$299 atau sekitar 4,5 jutaan Rupiah. Kehadiran HomePod 2nd juga ditemani HomePod Mini 2023 yang mungil dengan lima pilihan warna. Harga HomePod Mini 2023 lebih murah yakni US$99 atau sekitar 1,5 Jutaan Rupiah.

Verified by MonsterInsights