Inilah Deretan Kamera Terbaik Versi Gadget Champions 2022

Sepanjang tahun 2022 memang tidak banyak kamera baru yang muncul di pasaran. Tapi, setidaknya ada beberapa kamera terbaik yang berhasil tampil menonjol dan layak masuk dalam daftar pemenang Gadget Champions 2022. Penasaran apa saja?

Kamera terbaik Gadget Champions 2022

1. Canon EOS R3

svg%3E

Lewat EOS R3 Canon kembali membuktikan kepiawaiannya menghadirkan kamera mirrorless dengan sensor full frame. Kamera ini bisa memotret dengan kecepatan hingga 30 frame per detik pada resolusi penuh dengan fitur pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang tetap aktif. Selain itu, sederetan fitur mutakhir juga bisa ditemukan di EOS R3 seperti misalnya Eye Control AF dan mendukung perekaman video format RAW hingga resolusi 6K.

Dengan kecanggihannya tersebut EOS R3 berhasil mendapatkan Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Creator dan Camera of the Year Gadget Champions 2022.

2. Fujifilm X-H2s

Fujifilm X-H2S

Fujifilm X-H2s menjadi pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Creator. Sektor video menjadi keunggulan mirrorless APS-C tercanggih Fujifilm ini. X-H2s dapat merekam video hingga resolusi 6.2K 30fps dan 4k 120fps. Selain itu, bisa juga mendukung perekaman video di format Apple ProRes 4:2:2 10 bit dan codec ProRes 422 HQ ke dalam kartu memori internal.

Kemampuan fotografinya juga sangat mumpuni. X-H2s bisa memotret tanpa henti hingga 40 frame per detik dan didukung kinerja autofocus yang lebih cepat dan akurat. Kinerja Autofocus X-H2S kini mampu mengenali berbagai subyek seperti manusia, kendaraan, binatang.

3. Panasonic Lumix GH6

Panasonic Lumix DC-GH6

Lumix GH6 juga menjadi pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Creator. Kamera mirrorless ringkas dengan sensor Micro Four Third Panasonic ini masih membidik videografer profesional. Terlihat dari beragam fitur videografinya yang jarang dimiliki kamera di kelas harganya, seperti Dual I.S. 7,5 stop, perekaman video 4K 60fps 4:2:2 10-bit tanpa batasan serta dukungan ProRes 422 HQ, V-Log dan DR Boost. Untuk perekaman video lebih lama bahkan Panasonic menyematkan dukungan fitur Active Cooling. Ditunjang jajaran lensanya yang lengkap, Lumix GH6 dapat diandalkan pencipta konten yang ingin menciptakan video yang lebih kreatif.

4. Fujifilm X-T5

Fujifilm X-T5

Fujifilm X-T5 adalah kamera Fujifilm X-T Series pertama yang dilengkapi sensor X-Trans CMOS HR generasi lima dengan resolusi 40 megapixel dan prosesor gambar X-Prosesor 5.

Peningkatan spesifikasinya tersebut menjadikan X-T5 dapat memotret foto tanpa henti hingga 20 frame per detik. Sementara, kemampuan rekam videonya kini bisa hingga resolusi 6,2K di 30fps dengan format 4:2:2 10-bit.

Perubahan yang paling menarik ada di dimensi bodinya yang kini lebih ringkas. Menjadikannya lebih mudah dibawa-bawa saat bepergian. Dengan kemampuan foto video yang semakin mumpuni dan dimensi lebih ringkas inilah Fujifilm X-T5 berhasil menjadi pemenang kamera terbaik Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Traveler.

5. Sony Alpha A7 IV

kamera terbaik Sony Alpha A7 IV

Inilah kamera mirrorless dengan sensor full-frame paling terjangkau yang muncul di tahun 2022. Dibandingkan seri terdahulu, Sony Alpha A7 IV yang berhasil menjadi pemenang kamera terbaik  Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Traveler ini juga membawa peningkatan yang cukup banyak dari generasi sebelumnya. Mulai dari sensor baru 33 megapixel, prosesor BIONZ XR yang lebih cepat, cakupan fokus yang lebih luas, fitur Eye AF untuk burung, serta viewfinder elektrik yang lebih tajam.

Untuk perekaman video, Sony Alpha A7 IV kini bisa merekam video 4K 30p tanpa crop dan 4K/50p dalam mode Super 35 atau APS-C. Selain itu ada dukungan perekaman internal 4:2:2 10-bit, opsi codec XAVC HS, All-Intra Recording, S-Cinetone, serta kemampuan merekam video tanpa batas waktu.

6. Canon EOS R10

svg%3E

Pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Traveler ini menawarkan fleksiblitas bisa menggunakan lensa dengan mount RF dan RF-S. Ini berarti kamera mirrorless dengan sensor APS-C ini bisa digunakan dengan puluhan lensa RF tanpa menggunakan adapter. Sistem fokusnya juga telah dilengkapi pendeteksi subyek yang dapat mengenali bagian tubuh manusia, binatang dan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil balap. Selain mengusung desain yang ergonomis, bodi Canon EOS R10 hanya seberat 429 gram. Relatif ringan saat dibawa di tas atau digantungkan di leher.

7. Insta360 ONE RS 1-Inch 360 Edition

svg%3E

Terpilih sebagai salah satu pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori Best For Traveler,  Insta360 ONE RS 1-inch 360 Edition bisa memungkinkan Anda menangkap momen dengan cara yang unik dan kreatif. Kamera ini hadir dengan dua sensor gambar 1 inci dan dua lensa 360 derajat yang didesain oleh Leica. Dengan kamera ini, Anda bisa merekam video 360 derajat beresolusi 6K yang tetap jernih dan setara dengan hasil video 4K kamera normal saat diubah menjadi video biasa.

Verified by MonsterInsights