Review Dell Latitude 7430 2-in-1

8.3
Cek harga

Layar sentuh yang bisa dilipat menjadi keunggulan laptop konvertibel 2-in-1. Apalagi jika dikemas dalam dimensi yang ringkas. Inilah yang coba ditawarkan Dell lewat Latitude 7430 2-in-1. Apakah laptop bisnis premium ini mampu bersaing dengan kompetitornya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Dell Latitude 7430 2-in-1

Keunggulan Dell Latitude 7430 2-in-1

+ Dimensi ringkas dan ringan
+ Desain tidak pasaran
+ Webcam Full HD + IR dengan shutter untuk melindungi privasi
+ Performa bertenaga
+ Dua port Thunderbolt 4
+ Software keamanan ekslusif Dell

Kekurangan Dell Latitude 7430 2-in-1

– RAM non upgradeable
– Layar belum 16:10
– Tidak ada sensor sidik jari

Spesifikasi Dell Latitude 7430 2-in-1:

Prosesor:Intel Core i5-1245U 12th Gen
Layar:14″ FHD(1920×1080)
RAM16GB DDR4 Integrated
Storage: 512GB SSD M.2 PCIe NVMe512GB SSD M.2 PCIe NVMe
Baterai:4 Cell 58WHr ExpressCharge
Konektivitas:
Jack audio 3,5mm, 2x Thunderbolt 4 Power Delivery dan DisplayPort (USB Type-C), port USB 3.2 Gen 1 dan HDMI 2.0
Wireless:
Intel(R) Wi-Fi 6E AX211 2×2 802.11ax 160MHz + Bluetooth 5.2
Keyboard:Single Pointing Backlit Keyboard
OS:
Windows 10 Profesional 64Bit (Free Upgrade 11 Pro )
Bodi:Carbon Fiber / Alumunium
Garanso:Official 3Year Pro Support Onsite Service

Desain Dell Latitude 7430 2-in-1

Satu catatan yang perlu diketahui unit Dell Latitude 7430 2-in-1 yang kami terima adalah unit demo. Jadi, bisa saja ada perbedaan fitur dan spesifikasi dengan unit versi ritel yang saat ini tersedia di pasaran.

Dell Latitude 7430 2-in-1

Dell Latitude 7430 2-in-1 yang datang ke meja redaksi kami mengusung desain Carbon Fiber. Opsi lain tersedia desain alumunium. Model ini terlihat lebih premium dan unik. Bagian top cover terlihat pola seperti serat karbon dengan tekstur halus. Permukaan bodinya yang tidak mengkilap juga menjadikannya tidak mudah kotor.

Secara keseluruhan rancangan bodinya terasa sangat solid. Engsel layar juga kokoh. Jadi, tidak perlu khawatir saat melipat layarnya ke mode tablet.

Dell Latitude 7430 2-in-1

Dimensinya yang ringkas memiliki ketebalan sekitar 17.06 mm. Memang bukan yang paling tipis. Sementara, bobotnya ada di kisaran 1,35 Kg. Masih tergolong ringan dan mudah dibawa mobilitas.

Rancangan bodi tangguh dengan standar militer US MIL-STD 810H umumnya telah menjadi fitur standar laptop kelas bisnis di kelas harganya. Tapi, sayang informasi terkait fitur tersebut tidak kami temukan lebih detil di situs Dell. Cukup disayangkan jika memang laptop ini belum mengusung rancangan bodi yang tahan banting.

Di sektor konektivitas port yang tersedia cukup lengkap. Sisi kiri hanya ada jack audio 3,5mm dan satu port Thunderbolt 4 yang mendukung Power Delivery dan DisplayPort (USB Type-C). Sementara, di sisi kanan hadir port Thunderbolt 4 yang sama, port USB 3.2 Gen 1 dan HDMI 2.0.

Dua port Thunderbolt 4 yang tersedia menjadi satu nilai tambah. Tapi, penempatan port konektivitas yang lebih banyak di sisi kanan bodinya mungkin akan mengganggu bagi sebagian orang. Terutama untuk pengguna yang terbiasa menggunakan mouse eksternal saat bekerja dengan laptop. Akan sedikit mengganggu jika port tersebut ditancapkan flash disk atau kabel HDMI.

Layar standar

Di sektor layar Dell Latitude 7430 2-in-1 membawa panel layar sentuh WVA berukuran 14 inci. Layarnya tergolong standar dengan resolusi Full HD. Kendati demikian, menurut kami layar tersebut sudah cukup memadai untuk mendukung produktivitas harian para pebisnis.

svg%3E

Teks dan gambar yang ditampilkan terlihat tajam. Warna di layarnya juga terlihat cukup baik. Sementara, untuk tingkat kecerahan layar bisa hingga 300 nits. Ideal untuk penggunaan di dalam ruangan.

Satu hal yang disayangkan layarnya ini belum mendukung rasio aspek kekinian 16:10. Padahal untuk sebuah laptop bisnis, dengan rasio aspek layar 16:10 pengguna bisa mendapatkan area pandang yang lebih luas. Cocok untuk multitasking atau saat mengerjakan dokumen spreadsheet.

Di atas layar tersedia webcam Full HD dengan IR yang mendukung fitur Windows Hello. Kameranya tersebut sudah dilengkapi dengan fitur penutup untuk melindungi privasi.

Keyboard cukup nyaman

Bergeser ke area keyboard, laptop ini membawa keyboard dengan gaya chicklet. Ukuran tombolnya cukup besar dengan jarak antar tombol yang cukup berdekatan. Secara keseluruhan mengetik di keyboardnya ini cukup nyaman. Untuk unit demo yang kami terima ini belum tersedia dukungan lampu backlit di keyboard. Kami juga tidak menemukan ada sensor sidik jari.

Dell Latitude 7430 2-in-1

Di bawah keyboard tersebut tersedia trackpad mouse. Respon touchpad tersebut dengan sapuan jari amat baik. Ukurannya memang relatif kecil. Tapi, menurut kami ini tidak menjadi masalah mengingat layarnya sudah dilengkapi dengan fitur sentuhan.

Performa mumpuni

Dell Latitude 7430 2-in-1

Dell Latitude 7430 2-in-1 yang kami review berikut ditenagai prosesor Intel Core i5-1245U. Prosesor tersebut didukung RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas 256GB. Untuk hasil benchmarknya sebagai berikut:

Dengan spesifikasinya tersebut secara keseluruhan performa laptop ini terasa kencang. Kinerjanya juga relatif senyap. Sangat memadai untuk penggunaan produktivitas sehari-hari para pebisnis yang lebih banyak menggunakan aplikasi office dan konferensi video. Dengan layar lipatnya juga akan lebih memudahkan untuk melakukan presentasi. Satu hal yang cukup disayangkan memang tidak ada opsi upgrade RAM. Kabar baiknya, untuk model yang tersedia di Indonesia tersedia ruang penyimpanan dengan opsi hingga 1TB. Keunggulannya yang lain, masuk di kelas laptop bisnis laptop ini juga didukung sederetan software keamanan ekslusif Dell untuk tingkat enterprise.

svg%3E

Selain itu tersedia fitur Dell Optimizer dengan beberapa fitur untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan dengan laptop ini yang mencakup pengaturan aplikasi, jaringan, presence detection, Audio dan power.

Lalu bagaimana dengan baterainya? Dari pengujian kami baterainya bisa tahan hingga nyaris 8 jam. Pengujian dilakukan dengan skema penggunaan tingkat kecerahan layar sekitar 50%, terhubung ke WiFi dan mengaktifkan mode battery saver Windows untuk mengetik, browsing dan melakukan konferensi video.

Kesimpulan

Mengusung rancangan konvertibel 2-in-1 laptop ini tergolong serbaguna. Performanya yang menggunakan Intel Core 12th Gen juga bertenaga. Paling menarik memang desainnya yang terlihat premium dan dimensi yang ringkas. Sangat ideal untuk mendukung tren hybrid working yang sedang populer saat ini. Dell Latitude 7430 2-in-1 dijual dengan harga yang cukup kompetitif yakni mulai 21 Jutaan Rupiah. Laptop ini wajib dilirik untuk siapa saja yang membutuhkan laptop 2-in-1 kelas bisnis 14 inci ringkas dan desain premium yang tidak pasaran.

Desainnya yang terlihat premium dan dimensi yang ringkas sangat ideal untuk mendukung tren hybrid working yang sedang populer saat ini.
8.3
Cek harga
Verified by MonsterInsights