7Artisans M 35mm F/2 Mark II: Lensa 35mm F/2 Murah untuk Pengguna Kamera Leica

Koleksi lensa dari pabrikan 7Artisans untuk pengguna kamera rangefinder Leica bertambah. Lensa teranyarnya ini adalah M 35mm F/2 Mark II.

7Artisans M 35mm F/2 Mark II

Fitur 7Artisans M 35mm F/2 Mark II

Menurut 7Artisans, dibandingkan generasi pertamanya M 35mm F/2 Mark II datang dengan pembaruan desain dan rancangan optik. Lensa manual focus ini membawa rancangan delapan elemen lensa dalam tujuh grup. Sementara, generasi pertamanya hanya tujuh elemen lensa dalam lima grup.

Untuk pengaturan bukaan diafragma juga berbeda. Generasi keduanya memungkinkan pengaturan bukaan diafragam dari F/2 hingga F/22. Di generasi pertamanya hanya hingga F/16 saja.

7Artisans M 35mm F/2 Mark II

Sementara, di sektor desain M 35mm F/2 Mark II kini tampil lebih minimalis dengan tambahan elemen warna merah agar terlihat tidak monoton. Sebelumnya, di generasi pertamanya hanya menggunakan kombinasi warna merah dan putih saja.

Untuk bodinya secara keseluruhan mengusung material alumunium. Selain itu, dalam paket penjualannya juga sudah termasuk lens hood berbentuk kotak yang mirip ciri khas lensa pabrikan Leica.

7Artisans M 35mm F/2 Mark II

Kabar baiknya, meski dirancang khusus untuk kamera Leica lensa ini diklaim bisa digunakan ke kamera lain. Dengan catatan menggunakan mount adapter tambahan ke Sony E, Leica L, Nikon Z, Canon RF, Fujifilm X, Fujifilm GFX, dan Hasselblad XCD.

Harga dan ketersediaan

Jika berminat harga 7Artisans M 35mm F/2 Mark II US$298 atau sekitar 4,6 jutaan Rupiah. Harganya ini jauh lebih murah jika dibandingkan Leica Summicron-M 35mm f/2 yang harganya US$3895 atau sekitar 60 jutaan Rupiah.

Verified by MonsterInsights