Review Samsung Galaxy Buds2 Pro

9

Ekosistem perangkat wearable dari Samsung di tahun ini memang semakin mencuri perhatian. Seperti misalnya Galaxy Buds2 Pro yang hadir dengan sederetan pembaruan untuk memanjakan telinga para penikmat musik. Penasaran bagaimana fitur dan kualitas audionya? Simak ulasan kami berikut ini.

Samsung Galaxy Buds2 Pro

Desain lebih mungil dan nyaman

Sekilas Samsung Galaxy Buds2 Pro terlihat mirip dengan Galaxy Buds2 yang dirilis tahun lalu. Modul earbud hingga desain kotak pelindungnya cukup identik. Tapi, jika dicermati ada beberapa perbedaan. Pertama dari dimensi. Galaxy Buds2 dimensinya 15% lebih kecil dari Galaxy Buds2 sebelumnya. Praktis saat digunakan menurut kami Galaxy Buds2 Pro lebih pas dan nyaman di telinga. Dengan menggunakan ear tip yang tepat Anda juga tidak perlu khawatir TWS ini mudah terlepas. Sekalipun saat digunakan untuk menemani aktivitas olahraga.

Samsung Galaxy Buds2 Pro

Perbedaan lain ada di sedikit sentuhan warna hitam di permukaan bodinya. Untuk pilihan warnanya Buds2 Pro tetap tersedia dengan tiga pilihan warna yakni White, Graphite, dan Bora Purple.

Untuk unit yang kami ulas adalah warna Graphite. Modul earbud dan case pelindungnya dilapisi warna hitam matte yang senada. Dengan lapisan matte Galaxy Buds2 Pro memang tidak rawan kotor dengan jejak jari.

Samsung Galaxy Buds2 Pro

Satu nilai tambah rancangannya juga sudah tahan air dengan peringkat IPX7. Jadi, aman saat terkena cipratan air atau keringat saat olahraga.

Fitur lengkap di kelasnya

Di kelas harganya menurut kami Galaxy Buds2 Pro tidak pelit fitur. Fitur-fiturnya ini bisa diakses lewat aplikasi Galaxy Wearable di smartphone. Untuk memastikan Galaxy Buds2 Pro sudah pas di telinga Samsung menyediakan fitur Earbud Fit test. Navigasinya bisa mengandalkan fungsi tap di masing-masing modul earbud. Fungsi tap tersebut juga bisa dikonfigurasi lewat aplikasinya.

samsung galaxy buds2 pro

Kemudian, tersedia fitur Neck Stretch Reminder untuk memonitor postur pegguna. Galaxy Buds2 Pro bisa mengetahui ketika pengguna telah duduk menunduk dengan postur yang kurang baik selama lebih dari 10 menit. Kemudian, akan mengirim notifikasi yang mengingatkan pengguna untuk melakukan peregangan lengkap dengan tutorial yang disarankan.

Fitur penangkal bising aktif atau ANC (Active Noise Cancellation) dan Ambient Sound juga tersedia. Menurut kami fitur penangkal bising aktifnya pun sangat baik. Suara dari lingkungan sekitar bisa ditangkal dengan maksimal. Sementara, fitur Ambient Sound memungkinkan suara dari sekitar masih bisa tetap terdengar.

Galaxy Buds2 Pro juga membawa fitur Voice Detect. Fitur ini memungkinkan Galaxy Buds2 Pro bisa medeteksi suara pengguna dan beralih dari mode ANC ke Ambient Sound otomatis. Sangat berguna ketika sedang berbicara. Jadi, tidak perlu melepas TWS ini dari telinga.

Fitur menarik lain adalah dukungan 360 Audio. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menikmati musik dengan pengalaman audio yang lebih imersif. Bagi sebagian orang fitur ini memang kurang berguna. Bisa dimaklumi mengingat konten audio 360 memang masih terbatas. Tapi, kami cukup terkesan dengan fitur ini. Setidaknya, bisa memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih seru dan berbeda.

Untuk memanjakan telinga pengguna Galaxy Buds2 Pro kini juga mendukung fitur Hi-Res Audio 24-bit dengan codec Samsung Seamless Codec. Jadi, bisa menikmati streaming musik dengan kualitas audio yang lebih jernih dan detil.

Keterbatasan yang kami jumpai dari Galaxy Buds2 Pro adalah fitur Hi-Res Audio 24-bit dengan Samsung Seamless Codec dan Audio 360 hanya bisa digunakan di perangkat Samsung Galaxy saja. Jadi, memang semua fitur dan potensi dari TWS ini akan lebih optimal saat dipasangkan dengan perangkat Samsung Galaxy. Disamping dua fitur tersebut pengguna smartphone non Galaxy atau smartphone Android lain dan iPhone tetap masih bisa menggunakan Galaxy Buds2 Pro.

Kualitas audio memuaskan

Samsung Galaxy Buds2 Pro

svg%3E

Galaxy Buds2 Pro masih tetap mempertahankan formula 2-way speaker dengan woofer dan tweeter untuk reproduksi suaranya. Pabrikan AKG juga masih dipercayakan untuk meracik output suaranya.

Untuk mengujinya kami menghubungkan Galaxy Buds2 Pro ke smartphone Samsung Galaxy M53 5G. Kami menggunakan aplikasi iTunes dan melakukan streaming lagu dengan kualitas audio Hi-Res loseless 24bit/96 kHz ALAC dan pengaturan EQ Normal atau flat.

svg%3E

Lagu pertama adalah Michael Bubble – When I Fall in Love. Di lagu ini Galaxy Buds2 Pro berhasil langsung mencuri perhatian kami dengan kualitas suara yang amat memanjakan telinga. Staging terasa luas, suara vokal terdengar sangat jernih dan separasi antar masing-masing suara instrumen di latar juga terdengar sangat detil dan rapih.

Beralih ke lagu Unchained Melody – Denise King, di lagu ini suara vokal juga terdengar sangat jernih. Suara drum dan piano di latar pun terdengar sangat detil. Porsi Bass yang dihasilkan juga seimbang. Terasa bertenaga dan tidak berlebihan.

Di lagu yang mengedepankan suara bass seperti misalnya, I’m Good – David Guetta ft Bebe Rexha, Galaxy Buds2 Pro juga masih bisa diandalkan. Bagi kami suara bass yang dihasilkan masih terasa bertenaga dan tidak menutupi suara vokal. Tapi, untuk penggemar musik dengan dentuman bass yang boomy atau bertenaga mungkin karakter bass-nya tersebut akan kurang cocok di telinga Anda.

Secara keseluruhan menurut kami Galaxy Buds2 Pro mampu menghasilkan suara yang sangat natural dan netral. Tidak terlalu warm atau bright yang bisa membuat telinga pedas. Gebukan bass terasa cukup bertenaga. Detil dan staging juga sangat baik.

Singkatnya, kualitas suara Galaxy Buds2 Pro menurut kami memang di atas rata-rata TWS Samsung yang lain. Cocok untuk beragam genre musik dan sangat aman untuk telinga siapa saja. Sekalipun para audiophile.

Selain untuk mendengarkan musik Galaxy Buds2 Pro juga bisa diandalkan untuk melakukan panggilan. Kualitas mikrofon yang dibawanya juga oke. Suara bisa terdengar dengan jelas ke lawan bicara saat kami melakukan panggilan. Tingkat latensinya juga cukup rendah. Saat digunakan menonton film atau gaming suara tetap terdengar sinkron dengan visual yang tampil di layar.

Baterai

Samsung Galaxy Buds2 Pro

Membawa fitur yang cukup banyak Samsung Galaxy Buds2 Pro sanggup menawarkan waktu guna yang cukup lama. Seperti klaim Samsung baterainya bisa hingga sekitar 5 jam dengan fitur penangkal bising aktif.

Tergolong rata-rata untuk TWS dengan ANC. Tanpa ANC daya tahan baterainya bisa hingga 8 jam. Dengan bantuan case pelindungnya waktu total Galaxy Buds2 Pro bisa hingga 18 jam. Cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari saat bekerja, olahraga atau mobilitas. Untuk pengisian dayanya Galaxy Buds2 Pro bisa lewat USB-Type C atau secara nirkabel.

Kesimpulan

Nyaman digunakan dan kualitas audio yang sangat memanjakan telinga adalah dua keunggulan utama Galaxy Buds2 Pro. TWS ini juga tidak pelit fitur. Kehadiran fitur Hi-Res Audio 24-bit dengan Samsung Seamless Codec dan Audio 360 jelas menjadi nilai tambah. Khususnya untuk para pengguna perangkat Samsung Galaxy. Peningkatan pada fitur ANC juga wajib diacungi jempol.

Untuk daya tahan baterainya yang sampai sekitar 5 jam dengan ANC tergolong rata-rata. Memang bukan yang paling tahan lama. Waktu guna yang lebih lama masih bisa disiasati dengan mematikan fitur ANC tersebut. Dengan sederetan peningkatan pada fitur dan kualitas audionya, Galaxy Buds2 Pro menurut kami layak menyandang predikat TWS terbaik Samsung di tahun 2022 ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Buds2 Pro:

+ Sangat nyaman digunakan
+ Fitur ANC semakin mumpuni untuk menangkal suara bising
+ Kualitas audio sangat baik
+ Mendukung Hi-Res Audio 24 bit dan Audio 360
+ Fitur lengkap di kelasnya
+ Seamless connection untuk perangkat Samsung Galaxy
+ Harga kompetitif

Kekurangan Samsung Galaxu Buds2 Pro:

– Hi-Res Audio 24-bit dan Audio 360 hanya kompatibel dengan perangkat Samsung Galaxy
– Baterai rata-rata dengan ANC
– EQ tidak ada opsi pengaturan custom

Samsung Galaxy Buds2 Pro cocok untuk:

– Pengemar musik: Kualitas audio yang sangat baik menjadikannya ideal untuk beragam genre musik
– Pekerja: Suara terdengar jernih saat panggilan suara atau meeting online. Di lingkungan kantor fitur Voice Detect juga akan sangat membantu saat sedang berbicara dengan lawan bicara.
– Penggemar film: Latensi yang rendah membuatnya cukup ideal untuk menemani menonton film atau series favorit.

Dengan sederetan peningkatan pada fitur dan kualitas audionya, Galaxy Buds2 Pro menurut kami layak menyandang predikat TWS terbaik Samsung di tahun 2022 ini.
9
Verified by MonsterInsights