Nikon MC-N10: Remot Grip untuk Kamera Mirrorless Nikon Z

Di bulan April lalu, Nikon mengumumkan sedang mengembangkan remot grip untuk kamera mirrorless Nikon Z. Kini, remot grip yang diberi nama MC-N10 tersebut resmi diluncurkan.

Nikon MC-N10

Fitur Nikon MC-N10

remot grip MC-N10 dikembangkan untuk mendukung pengambilan video. Grip ini dilengkapi dengan mount roset yang kompatibel dengan ARRI untuk terhubung ke beragam setup rig video.

nikon MC-N10

Untuk terhubung ke mirrorless Nikon Z MC-N10 mengandalkan koneksi USB-C. Di remot ini tersedia beragam tuas, tombol, dan dial yang untuk melakukan beragam pengaturan kamera. Jadi, pengguna tidak perlu lagi menyentuh kamera untuk sekedar melakukan pengaturan. Tombol-tombol yang tersedia antara lain start/stop untuk memulai dan menghentikan perekaman video, autofocus, ISO, kendali eksposur, kecepatan autofocus dan dua tombol fungsi Fn1 dan Fn2.

Menurut Nikon, kedua tombol Fn tersebut bisa digunakan untuk mengakses fitur High-Res Zoom yang baru saja hadir di Nikon Z9 lewat pembaruan firmware versi 3.0. Fitur tersebut bisa memungkinkan pengguna untuk melakukan digital zoom 2x dengan lebih mulus.

Untuk asupan tenaganya Nikon MC-N10 mengandalkan dua baterai AA. Lebih praktis jadi tidak perlu repot mengisi ulang baterai jika baterai habis. Baterai tersebut bisa digunakan hingga sekitar 12 jam. Fitur lain, MC-N10 juga sudah dirancang tahan cuaca dengan ketangguhan yang setara kamera mirrorless Nikon Z9. Grip ini bisa tahan di kondisi ekstrim hingga suhu -10 derajat celcius.

Harga dan ketersediaan

Nikon MC-N10 rencananya akan tersedia di akhir November 2022 dengan harga US$429.95 atau sekitar 6,7 Juta Rupiah.

Verified by MonsterInsights