Review Huawei MateBook D16

Laptop dengan layar 16 inci saat ini paling banyak dijumpai di lini gaming. Tapi, Huawei nampaknya melihat peluang lain dengan MateBook D16. Laptop 16 inci besutannya ini disiapkan sebagai laptop untuk produktivitas. Seperti apa kebolehannya? Simak ulasannya berikut ini.

huawei Matebook D16

Desain premium yang ramping

MateBook D16 terlihat premium dengan rancangan bodinya yang ramping. Ketebalannya hanya sekitar 18,4 mm. Bobotnya sekitar 1,7 Kg. Tergolong tipis dan ringan untuk sebuah laptop 16 inci. Dimensinya ini masih ideal diajak untuk mobilitas sehari-hari.

Huawei MateBook D16

Secara keseluruhan rancangan bodinya yang mengusung material alumunium ini terasa sangat solid. Port konektivitas yang dibawanya juga cukup lengkap. Di sisi kiri bisa ditemukan dua port USB-C, satu port HDMI dan satu jack audio. Sementara, di sisi kanan tersedia dua port USB 3.2 Gen1 dan USB 2.0. Cukup disayangkan memang belum ada dukungan Thunderbolt dan slot pembaca kartu memori SD.

Layar besar yang memanjakan mata

MateBook D16 datang dengan panel layar IPS 16 inci. Desainnya kekinian dengan bezel tipis. Rasio panel layar ke bodinya mencapai 90%.

Huawei MateBook D16

Dengan resolusi 1920 x 1200 pixel tampilan di layarnya terlihat tajam. Area cakupan pandang terlihat lebih lebar dengan rasio aspek 16:10. Warnanya juga akurat dengan standar cakupan gamut warna sRGB 100%. Layarnya ini sangat nyaman digunakan untuk mendukung produktivitas, menikmati konten multimedia hingga konten kreasi. Satu nilai tambah layar tersebut aman untuk mata. Ini berkat hadirnya dukungan fitur flicker free dan low blue light dengan sertifikasi dari TUV Rheinland.

Huawei MateBook D16

Di bagian atas layarnya bisa ditemukan webcam dengan resolusi Full HD 1080p. Cukup jarang kami jumpai laptop produktivitas dengan layar di atas 14 inci yang menggunakan webcam Full HD.

Keyboard nyaman digunakan

Huawei MateBook D16

Bergeser ke area keyboard MateBook D16 membawa keyboard berukuran penuh yang lengkap dengan num pad. Ukuran setiap tombol cukup besar dan tidak terlalu rata dengan bodi. Jarak antar tombol cukup pas. Jadi, nyaman digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Keyboard tersebut juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit. Tingkat kecerahan lampu backlitnya bisa diatur menyesuaikan kondisi pencahayaan di ruangan.

Di bagian bawah keyboard bisa ditemukan area touchpad yang berukuran cukup besar. Touchpad tersebut responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan mouse juga nyaman digunakan dan tidak berisik saat ditekan.

Fitur optimal untuk produktivitas

svg%3E

Sebagai laptop yang dioptimalkan untuk produktivitas MateBook D16 mengedepankan fitur Smart Conference yang didukung kecerdasan buatan atau AI. Sesuai namanya fitur ini dioptimalkan untuk kegiatan konferensi video yang sudah menjadi kebutuhan para pekerja. Fitur ini bisa diakses lewat aplikasi Huawei PC Manager.

svg%3E

Untuk kamera webcam MateBook D16 didukung beragam fitur pintar yang sangat fungsional. Seperti misalnya fitur menonaktifkan kamera untuk melindungi privasi, auto centering untuk memastikan Anda selalu di tengah frame, dan Gaze Adjusment untuk memastikan mata selalu menatap ke arah kamera. Huawei juga menyediakan beragam efek latar yang bisa dipilih dan opsi untuk menggunakan gambar favorit Anda.

svg%3E

Sementara, di sektor audio MateBook D16 membawa empat mikrofon terintegrasi yang bisa menangkap suara dari segala arah. Mikrofonnya tersebut juga dilengkapi fitur aI Noise-cancellation yang berguna untuk menangkal suara bising dari sekitar. Saat terhubung dengan headset Anda juga bisa memanfaatkan fitur Voice Enhancement untuk mendongkrak suara agar bisa terdengar lebih jernih ke lawan bicara.

Terakhir, MateBook D16 turut dilengkapi Huawei Metaline Antenna. Teknologi antena WiFi ini bisa memastikan Anda bisa terhubung ke jaringan dengan lebih cepat dan stabil.

svg%3E

Satu yang paling menarik dari MateBook D16 adalah laptop ini juga mendukung ekosistem Huawei Super Device. Jadi, akan menjadi satu nilai tambah khususnya untuk Anda pengguna gawai-gawai dari Huawei.

Berkat Huawei Super Device MateBook D16 bisa terhubung ke semua perangkat Huawei dengan lebih cepat dan mudah. Super Device juga memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal. Dari memindahkan file, berbagi layar, hingga melakukan pencarian antar perangkat. Selengkapnya terkait Huawei Super Device bisa dilihat di tautan berikut ini.

Performa Huawei MateBook D16

Huawei MateBook D16

Huawei MateBook D16 yang kami review berikut hadir dengan prosesor Intel Core i7-12700H, RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD NVMe PCIe yang kapasitasnya 512 GB. Sektor grafisnya mengandalkan kartu grafis diskrit Intel Iris Xe. Hasil benchmark MateBook D16 sebagai berikut:

Untuk mendukung produktivitas sehari-hari seperti mengetik dokumen, browsing dan konferensi video spesifikasinya ini lebih dari cukup. Performanya terasa kencang. Multitasking sangat bisa diandalkan. Buka tutup dan berpindah banyak aplikasi terasa sangat lancar dan tidak lag. Untuk gaming yang ringan juga masih mumpuni. Bagi para kreator pemula laptop ini juga bisa dilirik untuk membuat konten seperti menyunting foto dan video.

Sementara, untuk kebutuhan multimedia memang nyamana menikmati konten multimedia di layar 16 incinya tersebut. Tapi, untuk kualitas audionya tidak terasa istimewa. Dua speaker yang dibawanya cukup jernih namun terasa kurang bertenaga.

svg%3E

Seperti laptop kekinian lain MateBook D16 turut membawa fitur pengaturan performa yakni Performance Tuning. Ada dua opsi yang tersedia yakni Performance dan Balance. Untuk penggunaan sehari-hari dari pengujian kami opsi Balanced bisa jadi pilihan yang ideal. Mode performance bisa dipilih jika Anda membutuhkan peforma lebih seperti misalnya untuk konten kreasi.

Secara keseluruhan laptop ini juga dibekali dengan manajemen thermal yang oke. Kipas pendinginnya sanggup menjaga suhu laptop agar performa tetap stabil. Kipas pendinginnya juga tergolong senyap di mode Balanced. Hanya terdengar sedikit berisik di mode Performance. Tapi, masih relatif wajar dan tidak terlalu menggangu.

Baterai Huawei MateBook D16

Huawei MateBook D16 membawa baterai dengan kapasitas 60 Wh. Untuk menguji baterainya MateBook D16 kami gunakan dengan skema pengaturan Mode Performa Balanced, Tingkat kecerahan layar 50 persen, mengaktifkan mode power saving Windows, menonaktifkan Bluetooth, tidak menggunakan lampu backlit keyboard dan terhubung ke WiFi. Untuk penggunaan produktivitas sehari-hari seperti mengetik dokumen, browsing dan sesekali menonton video di Youtube baterainya ini bisa tahan nyaris 6 jam.

Daya tahan baterainya ini memang bukan yang terbaik. Kompromi pada baterainya memang perlu dimaklumi mengingat MateBook D16 ditenagai prosesor Intel Core 12th Gen H-Series yang kencang. Andai saja daya tahan baterainya lebih lama dan mendapatkan sertifikasi EVO dari Intel akan menjadi satu nilai tambah.

Kesimpulan

Dengan layar 16 inci yang lapang dan keyboard full size MateBook D16 memang termasuk laptop produktivitas yang bisa diandalkan. Laptop ini cocok untuk para pekerja ataupun pelajar yang membutuhkan laptop kencang dengan layar besar. Apalagi, dimensinya tipis dan ringan untuk laptop di kelas 16 inci. Secara keseluruhan performanya juga mumpuni. Tidak hanya untuk produktivitas MateBook D16 juga bisa diandalkan untuk konten kreasi ringan.

Tapi, imbas dari prosesornya tersebut memang daya tahan baterainya menjadi kurang tahan lama. Dengan begitu laptop ini akan kurang ideal untuk para pengguna yang mobilitasnya tinggi dan membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai lama.

Kelebihan Huawei MateBook D16:

+ Desain tipis dan ringan
+ Layar 16 inci Full HD 100% sRGB
+ Performa kencang dengan Intel Core 12th Gen H-series
+ Webcam Full HD
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Charger baterai 65W sangat ringkas

Kekurangan Huawei MateBook D16

– Audio kurang bertenaga
– Belum mendukung Thunderbolt
– Tidak dilengkapi slot pembaca kartu memori SD
– Baterai kurang tahan lama

Huawei MateBook D16 cocok untuk:
Para pekerja: Spesifikasi bertenaga dan layar besar menjadikannya ideal untuk mendukung produktivitas para pekerja sehari-hari. Apalagi tersedia dukungan fitur Smart Conference yang memang dioptimalkan untuk mendukung konferensi video.
Pelajar: Bisa jadi alternatif untuk para pelajar yang membutuhkan laptop kencang dengan layar besar.
Konten kreator pemula: Layar 100% sRGB dan performa Intel Core i7 H-series memadai untuk konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video.
Penggemar gawai Huawei: Dukungan ekosistem Huawei Super Device akan memberikan nilai tambah untuk para pengguna gawai Huawei. Perangkat seperti tablet, smartphone, dan TWS Huawei bisa terhubung ke MateBook D16 dengan sangat cepat dan mudah. Pengguna juga bisa melakukan banyak hal untuk mendukung produktivitas sehari-hari.

MateBook D16 memang termasuk laptop produktivitas yang bisa diandalkan. Laptop ini cocok untuk para pekerja ataupun pelajar yang membutuhkan laptop kencang dengan layar besar.
8
Verified by MonsterInsights