Sony ZV-1F: Kamera Saku Khusus Vlogging Paling Murah dari Sony

Sony ZV-Series adalah lini kamera yang difokuskan untuk vlogging. Sukses dengan ZV-1 dan ZV-E10 Sony memperkenalkan ZV-1F. Kamera teranyarnya ini dijual dengan harga paling murah di lini ZV-Series.

Sony ZV-1F

Fitur Sony ZV-1F

Menyasar segmen kelas entry kamera ini dirancang semudah mungkin untuk digunakan. Bahkan, ZV-1F bisa dijadikan sebagai webcam untuk siaran langsung.

Sony ZV-1F

Kamera saku ini mengandalkan sensor Exmor RS berukuran 1 inci yang resolusinya 20.1 megapixel. Tepat di depan sensornya tersebut terpasang lensa sudut lebar 20mm dengan bukaan diafragma lensa F/2.0. Untuk kemampuan rekam videonya ZV-1F bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K di 30fps. Lebih dari cukup untuk membuat beragam konten video.

Sony ZV-1F

Dijual dengan harga murah memang ada dua kompromi di kamera ini. Pertama di sektor autofocus. ZV-1F mengandalkan sistem focus berbasis kontras. Bukan phase detection yang bisa menawarkan kemampuan pelacakan autofocus lebih cepat. Namun, menuru klaim Sony sistem autofocus ZV-1F dengan lensa sudut lebarnya tetap bisa diandalkan untuk pengambilan gambar.

Kompromi kedua ada di fitur penstabil. ZV-1F belum dilengkapi fitur penstabil 5-axis. Untuk menstabilkan pengambilan gambar kemampuan stabilisasinya hanya mengandalkan fitur penstabil elektronik saja.

Sony ZV-1F

Kendati demikian, di ZV-1 pengguna bisa menemukan beberapa fitur menarik di kelasnya. Seperti misalnya layar sentuh fleksibel yang bisa dilipat dan diputar, antarmuka sederhana yang diadopsi dari ponsel Sony, tersedia fitur slow motion 5x dan 60x hyperlapse, 10 opsi filter kreatif, dan fitur zoom digital hingga 4x. Tidak ketinggalan di kamera ini juga sudah tersedia tiga mikrofon terintegrasi yang bisa menangkap suara dari segala arah.

Harga dan ketersediaan

Rencananya ZV-1F akan tersedia mulai bulan Oktober 2022. Harga Sony ZV-1F US$500 atau sekitar 7,6 Juta Rupiah.

Verified by MonsterInsights