Logitech G CLOUD Gaming Handheld: Konsol Genggam Pertama Khusus untuk Cloud Gaming

Logitech G CLOUD Gaming Handheld akhirnya resmi diluncurkan. Konsol genggam pertama dari Logitech G ini hadir untuk menyambut era cloud gaming.

Logitech G CLOUD Gaming Handheld

Fitur Logitech G CLOUD Gaming Handheld

Logitech G CLOUD dikembangkan bersama dengan Tencent Games. Menurut Logitech, konsol genggam besutannya ini dirancang khusus untuk bisa menghadirkan pengalaman bermain game dengan kualitas setara PC gaming dan konsol game secara streaming.

Cloud gaming sendiri memang diprediksi akan menjadi tren kedepannya. Cloud gaming mirip dengan platform video streaming yang populer saat ini seperti Netflix, Hotstar, dan Prime Video.

Bedanya, layanan cloud gaming menyediakan ribuan judul game yang bisa dimainkan gamer setelah berlangganan. Cloud gaming juga memungkinkan gamer bermain game tanpa perlu memiliki spesifikasi yang kencang. Ini karena game yang dimainkan diproses di komputasi awan dan bukan lewat hardware perangkat. Jadi, untuk menikmati semua keunggulan cloud gaming gamer hanya perlu terhubung ke WiFi dengan koneksi internet yang kencang dan stabil.

Logitech G CLOUD Gaming Handheld

Logitech G CLOUD datang dengan panel layar sentuh IPS 7 inci yang resolusinya 1920 x 1200 pixel. Layarnya sudah mendukung refresh rate 60 Hz dan tingkat kecerahan layar maksimum 450 nits.

svg%3E

Logitech G CLOUD Gaming Handheld

Seperti konsol genggam pada umumnya di perangkat ini bisa ditemukan sejumlah tombol. Di antaranya tombol D-Pad, tombol aksi XAYB, dan dua stik analog. Di bagian atas bodinya juga masih tersedia dua tombol trigger. Fitur lain tersedia dukungan speaker terintegrasi, audio jack 3,5mm, port USB-C, microSD reader, sensor cahaya dan giroskop 6-axis.

Logitech G CLOUD Gaming Handheld

Sebagai konsol genggam bobotnya juga ringan. Hanya sekitar 463 gram saja. Sudah termasuk baterai yang diklaim bisa bertahan hingga lebih dari 12 jam. Lebih tahan lama jika dibandingkan konsol genggam Steam Deck dari Valve.

Lalu bagaimana dengan spesifikasinya? Logitech G CLOUD ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset ini didukung GPU Adreno 718 dan dilengkapi memori internal 64GB. Spesifikasinya ini memang bukan yang paling kecang. Tapi, hal tersebut tidak menjadi masalah karena fokus konsol genggam ini adalah untuk cloud gaming.

Untuk bermain game Logitech G CLOUD bisa mendukung layanan cloud gaming populer saat ini. Seperti misalnya Nvidia GeForce NOW dan XBOX Cloud Gaming. Menjalankan sistem operasi Android, gamer juga bisa menambahkan beberapa aplikasi lain lewat Google Play Store.

Harga dan ketersediaan

Konsol genggam ini rencananya akan mulai tersedia di pasaran bulan Oktober 2022. Harga Logitech G CLOUD Gaming Handheld US$350 atau sekitar 5 jutaan Rupiah.