Review OPPO Enco Buds2

svg%3E
9
Cek Harga

Bersamaan dengan peluncuran Reno8 Series, OPPO Indonesia juga turut menghadirkan produk IoT terbarunya dari kategori TWS (True Wireless Stereo) yaitu OPPO Enco Buds2. Penerus Enco Buds generasi pertama ini menawarkan beberapa peningkatan yang cukup menarik, namun justru dijual dengan harga yang lebih murah.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Teman-teman canggih, yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Ringan dan nyaman dipakai berjam-jam

Dari segi desain, Enco Buds2 bisa dibilang tidak menawarkan sesuatu yang spesial. Untuk kelas harganya tentu ini merupakan hal yang sangat wajar. Saya sendiri memang tidak berharap ada inovasi pada bagian eksterior. Dengan harga murah, yang paling penting adalah suaranya bagus dan nyaman dipakai.

svg%3E

Enco Buds2 tampil dengan desain bertangkai dan memiliki eartip berbahan silikon. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perubahan desainnya memang cukup signifikan. Sekadar mengingatkan, sang kakak yang meluncur tahun lalu tidak punya tangkai dan kesannya lebih tersembunyi ketika dipakai.

Selain eartip yang sudah terpasang pada TWS, di dalam kemasan OPPO juga menyediakan dua ekstra eartip lainnya dengan ukuran berbeda. Untuk mendapatkan isolasi suara dan kualitas audio yang optimal, teman-teman canggih wajib menyesuaikan ukuran mana yang paling cocok dengan lubang telinga. Kalau saya lebih suka ukuran yang paling besar.

svg%3E

Ketika dipakai TWS ini terasa begitu pas dengan kontur telinga. Bobotnya yang amat ringan (4 gram untuk masing-masing earphone) membuat saya merasa seperti tidak sedang memakai earphone. Sama sekali tidak membebani dan minim tekanan yang berpotensi bikin telinga sakit. Berjalan dan bergerak secara aktif pun tidak bikin Enco Buds2 lepas atau bergeser dari posisinya, sehingga meminimalisir kekhawatiran jatuh dan hilang di jalan.

Casing Enco Buds2 juga berbeda dari pendahulunya. Tidak lagi oval, tapi lebih bundar dan lumayan ramping. Casing-nya tanpa tombol. Hanya ada satu port USB Type-C untuk keperluan pengisian daya dan LED kecil sebagai indikator baterai. Oh iya, di dalam kemasannya ternyata tidak dapat kabel.

svg%3E

OPPO menawarkan TWS ini dalam dua opsi warna yaitu Moonlight dan Midnight. Yang saya pakai adalah Moonlight, dominan dengan warna putih bersih dan sedikit efek glossy. Enco Buds2 memiliki sertifikasi IPX4, yang artinya tahan terhadap cipratan air dan aman untuk diajak olahraga.

Fitur dan kontrol sentuh

OPPO Enco Buds2 belum didukung fitur Active Noise Cancellation. Menurut saya bukan suatu kekurangan untuk kisaran harganya. Justru kalau ada TWS 300 ribuan tapi sudah punya ANC, itu baru tidak wajar dan patut mendapat apresiasi lebih.

Walaupun tidak memiliki ANC, TWS ini mengandalkan teknologi AI Deep Noise Cancellation untuk meningkatkan kualitas komunikasi saat menelepon. Jadi kalau teman-teman canggih sedang menelepon di tempat ramai, suaranya tetap bisa terekam dengan jelas dan terdengar jernih bagi lawan bicara.

OPPO Enco Buds2

Soal konektivitas, Enco Buds2 dipersenjatai Bluetooth 5.2. Sambungan ke ponsel OPPO terasa sangat praktis. Cukup buka casing TWS, dan ponsel OPPO akan langsung mendeteksi Enco Buds2. Sejauh pengujian pun kualitas koneksinya tergolong bagus dan stabil. Ada juga Game Mode untuk latensi yang lebih rendah (92ms).

svg%3E

OPPO tidak lupa menambahkan fitur kontrol sentuh dengan beragam fungsi yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, seperti menaikkan dan menurunkan volume, play/pause, next/previous, bahkan bisa juga untuk tombol shutter kamera (ketuk dua kali).

Kualitas audio lebih baik dari generasi sebelumnya

Meski harganya lebih murah, bagi saya kualitas audio Enco Buds2 justru mengalami peningkatan. TWS ini bisa menjadi opsi menarik bagi yang gemar bass. Ya, bass memang masih terasa lebih menonjol tapi tidak sekuat pada Enco Buds pertama.

Dengan 10mm dynamic driver, Enco Buds2 mampu menghasilkan suara yang jernih dan bass yang bertenaga namun tidak berlebihan. Posisi vokal tetap berada di depan, tidak terdengar di belakang alias tenggelam. Sound stage-nya pun lumayan. Memang tidak bisa dibandingkan dengan TWS yang harganya di atas 1 jutaan, tapi setidaknya, ada upgrade yang cukup terasa bagi saya dari generasi terdahulu.

svg%3E

Ketika dicoba mendengarkan lagu dengan instrumen yang lebih rumit seperti Wilderness dari Explosions In The Sky, separasi suaranya kini sudah lebih baik dibanding Enco Buds pertama. Masing-masing instrumen baik pada frekuensi low, mid, atau high terdengar cukup seimbang dan tidak saling tumpang-tindih. Sound stage-nya juga masih terdengar sedikit megah di lagu ini.

Saya juga sempat mencoba mendengarkan Paper Trails dari DARKSIDE untuk menguji bagaimana kemampuan OPPO Enco Buds2 dalam menangani bass. Walaupun punya kualitas bass yang nendang, bagi saya kurang enak jika detail dari frekuensi low-nya tidak bisa terdengar jelas atau lebih dominan dentuman saja.

Ternyata TWS ini masih bisa menyajikan bassline dan vokal low dari lagu ini dengan artikulasi yang cukup baik. Detail low-nya memang tidak istimewa. Masih sangat bisa dimaklumi karena harganya yang hanya 300 ribuan. Hasil yang sama juga saya rasakan saat mendengarkan Bad Guy dari Billie Eilish.

Lagu selanjutnya, Los Angeles dari The Midnight, tidak ada kendala sama sekali. Vokal terdengar jernih, empuk, detail mid-nya cukup baik, dan hentakan kick serta snare-nya juga pas. Terakhir, yang lebih nge-rock yaitu IL SOGNO dari Isyana Sarasvati feat. DeadSquad. Di lagu ini lumayan terasa keterbatasan sound stage-nya yang kurang luas dan masih jauh untuk menandingi perangkat audio di atas sejutaan. Sekali lagi, bagi saya bukan kekurangan untuk sebuah TWS entry-level. Yang saya suka adalah treble-nya tidak terlalu tajam.

Baterai awet

Enco Buds2 memiliki baterai 40 mAh pada masing-masing earbud, dan 460 mAh di casing-nya. Daya tahan baterainya kurang lebih sekitar 6-7 jam. Jika ditambah baterai dari casing, total durasi pemakaian bisa sampai 28 jam. Charging butuh waktu sekitar 2,5 jam.

Salah satu TWS entry-level terbaik saat ini

Enco Buds2 layak diposisikan sebagai salah satu TWS entry-level terbaik yang pernah saya coba hingga saat ini. Ringan dan nyaman dipakai untuk durasi yang lama. Yang paling penting, kualitas audionya tergolong bagus untuk kelas harganya.

Bagi yang berminat, OPPO Enco Buds2 dijual dengan harga Rp399.000. Teman-teman canggih bisa mendapatkan potongan langsung sebesar Rp100.000 apabila melakukan pembelian bundling OPPO Enco Buds2 dengan perangkat OPPO Reno8 5G atau OPPO Reno8.

Kelebihan OPPO Enco Buds2

  • Bobot ringan
  • Nyaman dipakai berjam-jam
  • Pas di telinga, tidak mudah lepas
  • Kualitas audio oke untuk ukuran TWS 300 ribuan, ada peningkatan dari generasi sebelumnya
  • Baterai tahan lama
  • Koneksi stabil
  • Mikrofon jernih dan minim noise
  • Harga lebih murah dari pendahulunya

Kekurangan OPPO Enco Buds2:

  • Tidak dapat kabel charging dalam kemasan
  • Akan lebih menarik jika memiliki sensor untuk mendeteksi ketika earbud dilepas atau dipakai

OPPO Enco Buds2 cocok untuk:

  • Penggemar musik: Anda yang gemar mendengarkan beragam genre musik dan sedang mencari TWS terjangkau wajib memasukkan Enco Buds2 dalam daftar belanja.
  • Penggemar Netflix/drakor: Dengan latensi yang rendah dan koneksi stabil, TWS ini cukup ideal untuk menemani menonton film atau series favorit.
  • Gamer: Mode gaming memungkinkan bermain game tanpa delay yang mengganggu antara video dan audio. Cocok untuk gamer.
  • Karyawan: Komunikasi melalui panggilan suara atau ketika meeting online terdengar jernih dan minim noise. Cocok untuk yang sering kerja dari mana saja, misalnya di cafe.
svg%3E
OPPO Enco Buds2
Enco Buds2 layak diposisikan sebagai salah satu TWS entry-level terbaik yang pernah Yangcanggih.com coba hingga saat ini.
9
Cek Harga