Review Dell Pro 2K Webcam

8

Tidak semua laptop dilengkapi dengan webcam yang berkualitas. Padahal webcam saat ini menjadi salah satu perangkat wajib untuk mendukung konferensi video. Sebagai solusinya Dell merilis Pro 2K Webcam. Penasaran bagaimana kebolehan webcam ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Dell Pro 2K Webcam

Desain ringkas

Pro 2K Webcam hadir dengan desain silindris. Tampilannya minimalis. Dimensinya juga ringkas. Jadi, bisa dengan mudah masuk ke dalam tas untuk menemani kerja di mana saja. Desainnya ini mirip dengan Dell Ultrasharp Webcam 4K.

Dell Pro 2K Webcam

Di bagian bodinya bisa ditemukan mounting clip atau kaki peyangga dengan gaya lipat. Untuk terpasang ke atas monitor hanya perlu membuka lipatannya. Mekanisme ini memungkinkan Pro 2K Webcam untuk terpasang ke layar laptop atau monitor dengan lebih mudah.

Dell Pro 2K Webcam

Mounting clip tersebut juga ditambahkan karet. Keuntungannya saat terpasang akan lebih rigid dan tidak rawan slip. Selain itu,  Anda juga tidak perlu khawatir panel layar atau monitor akan lecet. Satu nilai tambah mounting clip ini dilengkapi lubang agar bisa dipasang ke tripod. Bergeser ke area lensa, untuk melindungi lensa dan privasi Dell menyediakan tutup dengan sistem magnetik.

Sangat mudah digunakan

Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Dell Pro 2K Webcam mengusung gaya plug-and-play. Jadi, setelah menancapkannya ke port USB-A webcam ini bisa langsung digunakan. Tidak perlu lagi install driver.

Dell Pro 2K Webcam

Menurut kami, akan lebih baik jika Dell menyertakan adapter USB-A ke USB-C. Ini mengingat laptop kekinian yang tipis dan ringan umumnya hanya dilengkapi dengan port USB-C saja.

Pro 2K Webcam kompatibel dengan sistem operasi Windows 11 atau Windows 10 64 Bit dan MacOS. Webcam ini sudah mendapatkan sertifikasi dari Microsoft Teams dan Zoom. Jadi, kompatibel penuh dengan kedua aplikasi konferensi video tersebut. Aplikasi lain yang didukungnya antara lain Skype for Business, Google Hangouts, Cisco Webex, FaceTime, Slack, GoToMeeting, BlueJeans, Google Meet, dan Lifesize. Selain semua aplikasi tersebut dari pengujian kami Dell Pro 2K Webcam juga bisa kompatibel dengan aplikasi OBS Studio. Jadi, bisa diandalkan untuk membuat konten vlog ataupun siaran langsung.

Dell Pro 2K Webcam

Saat kami coba menggunakannya dengan Google Meet resolusi gambar hanya bisa maksimum hingga di resolusi HD saja. Untuk menikmati semua potensi dan fiturnya Dell menyertakan aplikasi pendukung yakni Dell Peripheral manager.

svg%3E

 

svg%3E

 

Lewat aplikasi tersebut pengguna bisa memilih preset, resolusi, mengatur sudut pandang, zoom, HDR hingga pengaturan kamera standar seperti tingkat kecerahan, kontras, saturasi dan masih banyak lagi. Di aplikasi ini juga tersedia fitur AI Auto Framing untuk memastikan wajah Anda selalu di dalam frame.

Kualitas gambar baik

Dell Pro 2K Webcam mengandalkan sensor Sony Starvis. Sensornya ini bisa menangkap gambar di resolusi 2K QHD di 24 atau 30 fps. Sementara, jika resolusinya diturunkan ke Full HD 1080p atau HD 720p bisa merekam di 24, 30, dan 60 fps. Di depan sensornya tersebut Dell menyematkan lensa sudut lebar dengan bukaan diafragma F2.0. Lensa ini menawarkan opsi cakupan sudut pandan 65 dan 78 derajat.

Dari pengujian kami kualitas gambarnya tergolong baik. Gambar terlihat tajam. Sekalipun di kondisi cahaya ruangan yang tidak terlalu terang. Ini berkat dukungan fitur Auto Light Correction pintar yang dibawanya.

Dell juga menyertainya dengan fitur Digital Zoom hingga 4X. Fitur ini memang bisa melakukan pembesaran gambar. Namun, resikonya kualitas gambar akan terlihat kurang tajam. Hasil tangkapan gambar dari Dell Pro 2K Webcam sebagai berikut.

2022-09-13 15-21-36

Fitur menarik lain Dell Pro 2K Webcam sudah dilengkapi dengan mikrofon terintegrasi. Mikrofonnya tersebut juga dilengkapi fitur Noise Reduction untuk mengurangi suara bising dari lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Desain ringkas, kualitas gambar yang oke dan sangat mudah digunakan menjadi keunggulan webcam ini. Dari pengujian kami Dell Pro 2K Webcam memang bisa dipertimbangkan untuk menggantikan webcam bawaan laptop. Atau, bisa menjadi solusi untuk siapa saja yang ingin memulai membuat konten seperti vlog atau siaran langsung. Tentunya jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran US$134.99 atau sekitar 2 jutaan Rupiah.

Kelebihan Dell Pro 2K Webcam:
+ Kualitas gambar tajam
+ Didukung sederetan fitur pintar
+ Dilengkapi mikrofon terintegrasi
+ Mounting Clip fleksibel
+ Kompatibel dengan beragam sistem operasi dan aplikasi konferensi video
+ Kabel cukup panjang

Kekurangan Dell Pro 2K Webcam:
– Fitur Digital Zoom kurang berguna
– Tidak dilengkapi adapter USB-A ke USB-C

Dell Pro 2K Webcam bisa dipertimbangkan untuk menggantikan webcam bawaan laptop. Atau, bisa menjadi solusi untuk siapa saja yang ingin memulai membuat konten seperti vlog atau siaran langsung
8