Huawei MatePad Pro 11 inch 1
Huawei MatePad Pro 11 inch 1

Review Huawei MatePad Pro 11

Tablet terbaru Huawei ini memiliki beragam fitur canggih untuk bermain dan bekerja. Berikut ulasannya.

Reader Rating0 Votes
0
8.5

Dengan konsep Smart Office, Huawei menciptakan tablet terbarunya, MatePad Pro 11. Inilah tablet yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas kerja penggunanya. Tapi setelah kami mengujinya, MatePad Pro 11 lebih dari sekedar alat kerja.

Desain Huawei MatePad Pro 11

Dengan bodi setebal 5,9mm dan bobot yang hanya 449 gram, Huawei MatePad Pro 11 merupakan tablet dengan layar 11 inci yang paling tipis dan ringan untuk saat ini. Bobot ringannya ini amat terasa jika Anda menggantikan laptop dengan tablet ini saat bekerja atau presentasi di tempat klien.

Desain fisiknya memberikan kesan minimalis dan profesional. Sesuai dengan visi Huawei yang ingin memberikan pengalaman menggunakan PC di tablet ini.

svg%3E

Layar OLED 11 incinya memiliki rasio layar ke bodi yang paling tinggi, yaitu 92%. Ini berarti bingkai layarnya amat tipis. Tapi yang paling kami suka adalah kualitas tampilannya. Layar tablet ini memiliki resolusi 2560 x 1600 pixel yang tajam dengan refresh rate 120Hz. Huawei menyebutnya sebagai Real Colour FullView Display untuk menekankan bahwa reproduksi warna di layar tablet ini akan akurat sesuai warna asli obyek yang ditampilkan. Dan hal itu memang terlihat saat kami menggunakannya. Warna hitam yang pekat, serta reproduksi warna cemerlang yang tidak disetel berlebihan memanjakan mata kami yang masih menggunakan komputer dengan layar biasa. Tingkat kecerahan layarnya yang mencapai 600 nits juga termasuk amat terang.

Respons layar terhadap sentuhan terasa gegas dan lancar. Menavigasi menu, bermain game serta menjalankan berbagai aplikasi lainnya dapat dilakukan dengan nyaman. Tidak ada lag yang dirasakan saat kami mencobanya untuk berbagai aplikasi. Singkatnya, bodi tipis dan ringan tidak membuat Huawei berkompromi memberikan yang terbaik di tablet ini.

Magnetic Keyboard dan M-Pencil

Paket pembelian Huawei MatePad Pro 11 telah menyertakan cover bodi dan cover keyboard yang dapat saling menempel menggunakan mekanisme magnet.  Dalam kondisi terpasang dengan keyboard, tablet ini langsung menjelma menjadi laptop mungil. Uniknya keyboard ini juga berfungsi ganda sebagai penguat sinyal Wi-Fi berkat adanya antena tersembunyi.

svg%3E

Hal unik lain, Anda bisa tetap menggunakan keyboard ini dalam kondisi terlepas dari tablet mengingat keyboard ini menggunakan koneksi Bluetooth. Huawei menyebutnya sebagai Split Mode.

Keyboard Huawei MatePad Pro 11 termasuk nyaman digunakan, dengan jarak tekan tiap tombol yang cukup dalam. Memang tidak sedalam kebanyakan tombol keyboard di laptop, tapi masih amat memadai untuk digunakan mengetik cepat dalam waktu lama.

svg%3E

Jika terpasang dengan pas, keyboard akan menempel dengan kuat sehingga sulit terlepas secara tidak sengaja. Sayangnya tidak begitu dengan Huawei M-Pencil generasi 2 yang cukup mudah terlepas tidak sengaja saat ditempelkan di bodi tablet.

Untungnya, pensil yang diberikan dalam paket pembelian ini amat responsif saat digunakan menggambar sketsa, menandatangani dokumen serta menulis catatan dengan cepat. Mengisi baterai Pencil juga mudah, cukup tempelkan stylus di sisi kanan bawah atau sisi atas kanan jika tablet dalam posisi landscape.

Performa gegas

Huawei MatePad Pro 11 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 865, RAM 8GB dan memori internal 256GB untuk dapat diandalkan saat bekerja. Dan spesifikasi ini sudah lebih dari cukup untuk menjalankan Harmony OS 3.0 dan beragam aplikasi yang tersedia di Huawei App Gallery dengan lancar. Sayangnya, ketersediaan aplikasi di Huawei App Gallery masih jauh di bawah Google Play Store sehingga kami harus menggunakan APK Pure untuk menemukan beberapa aplikasi yang diinginkan.

Begitu terpasang, beragam game seperti Puzzle Quest Magic The Gathering dapat dijalankan dengan lancar dan mulus. Begitu juga saat kami menggambar dengan aplikasi Mojing Paint. Kombinasi M Pencil yang memiliki latensi rendah, layar 120Hz dan kinerja yang kencang memang mampu memberikan pengalaman pengguna yang baik.

svg%3E

Bagi yang masih sering melakukan rapat secara online menggunakan Zoom atau aplikasi lain akan menyukai kualitas kamera depan tablet ini. Dalam kondisi cahaya yang sebanding, gambar yang dipancarkan kamera tablet ini lebih baik dibandingkan webcam laptop di harga belasan juta. Demikian juga hasil foto di kamera belakangnya yang tidak kalah dengan kamera ponsel kelas menengah.

Satu fitur yang membuat perangkat Huawei nyaman untuk menunjang produktivitas kerja adalah Super Device. Dengan fitur ini, Anda bisa menghubungkan beragam perangkat mulai dari tablet, laptop, perangkat IoT dan smartphone untuk saling berinteraksi dengan cepat dan mudah. Contohnya, ada fitur Mirror yang membuat Anda bisa memanipulasi layar laptop dengan pena di tablet. Anda juga bisa mengubah tablet menjadi monitor eksternal laptop Huawei. Tapi sayangnya fitur keren ini masih terbatas untuk perangkat Huawei saja.

Nyaman buat multimedia

Kualitas layar OLED yang memukau itu ternyata juga dibarengi performa audio yang mumpuni. Huawei MatePad Pro 11 ini merupakan tablet pertama yang mengadopsi Huawei Sound. Tablet tipis ini ternyata telah mengemas 6 speaker yang dibedakan fungsinya untuk mereproduksi suara frekuensi rendah dan tinggi secara harmonis. Hasilnya cukup terasa saat memutar film atau game dengan efek suara yang menggelegar. Dentuman bass cukup terasa dari jarak dekat, lebih baik dibandingkan tablet dan laptop di kelasnya. Fitur ini juga efektif saat mendengarkan musik, dengan suara vokal dan instrumen yang jelas.

Bagi yang suka marathon menonton drama Korea atau serial TV, baterai Huawei MatePad Pro 11 ini juga tahan cukup lama. Mencapai 11 jam untuk memutar video terus menerus. Jika digunakan untuk bekerja, seharusnya tablet ini mampu bertahan lebih dari 11 jam sebelum harus diisi baterainya.

Tablet Rasa Laptop

Tergantung dari aplikasi yang dijalankan, Huawei MatePad Pro 11 ini bisa digunakan sesuai visi Huawei yang menempatkannya sebagai salah satu elemen di ekosistem Smart Office. Paket penjualannya yang telah menyertakan keyboard dan pena stylus menjadi salah satu daya tarik utama bagi calon pembeli.

Performa kencang, kualitas layar cemerlang, serta beragam fitur yang membuat bekerja dan bermain menyenangkan menjadikan MatePad Pro 11 ini sebagai tablet rasa laptop yang amat ringan. Satu-satunya hal yang akan jadi ganjalan sebagian pengguna adalah absennya layanan Google di tablet ini.

Dengan harga 12 juta rupiah, tablet ini jelas lebih murah dibandingkan Apple iPad Pro 11 yang harganya identik tapi belum dilengkapi keyboard dan pena stylus. Bagi Anda yang membutuhkan tablet tipis yang kencang dengan layar dan suara memukau, dan tidak membutuhkan layanan Google, Huawei MatePad Pro 11 amat direkomendasikan.

Kelebihan Huawei MatePad Pro 11

+ Desain menawan yang tipis dan ringan

+ Performa termasuk gegas untuk beragam aplikasi

+ Kualitas kamera depan dan belakang amat baik

svg%3E

+ Layar OLED tajam dengan kontras yang baik

+ Respons layar amat baik

+ Keyboard nyaman untuk mengetik berlama-lama

+ Huawei M Pencil amat natural digunakan, dengan lag yang cukup minimal

+ Daya tahan baterai cukup panjang

+ Kualitas suara terbaik di kelasnya

+ Harga kompetitif mengingat bonusnya

 

Kekurangan Huawei MatePad Pro 11

– Tidak ada layanan Google

– Magnet cover kurang kuat sehingga kadang tidak sengaja lepas

– Performa bukan yang terbaik di kelas harganya

– Fitur Super Device hanya terbatas di perangkat Huawei

 

Siapa yang cocok menggunakan Huawei MatePad Pro 11?

Pelajar dan mahasiswa

Bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar menggambar digital atau belajar desain grafis, Huawei MatePad Pro 11 akan memenuhi kebutuhan tersebut dengan amat memuaskan.

Pekerja kantoran

Melakukan presentasi dan menyunting dokumen di mana saja dengan tablet ini amat menyenangkan, berkat bobotnya yang ekstra ringan dan daya tahan baterainya yang panjang.

Penggemar film dan musik

Kualitas layar dan suara MatePad Pro 11 merupakan yang terbaik di kelas harganya. Anda juga bisa mendapatkan sudut pandang yang ideal saat tablet ditaruh di atas keyboard.

Gamer

Performa dan layar 120Hz membuatnya ideal bagi para gamer. Tapi perlu diingat bahwa sebagian game populer tidak tersedia di Huawei App Gallery sehingga Anda harus mencarinya di toko aplikasi lain atau memasang file .APK yang membutuhkan waktu ekstra.

 

 

 

 

svg%3E
Review Huawei MatePad Pro 11
Performa kencang, kualitas layar cemerlang, serta beragam fitur yang membuat bekerja dan bermain menyenangkan menjadikan MatePad Pro 11 ini sebagai tablet rasa laptop yang amat ringan. Satu-satunya hal yang akan jadi ganjalan sebagian pengguna adalah absennya layanan Google di tablet ini.Dengan harga 12 juta rupiah, tablet ini jelas lebih murah dibandingkan Apple iPad Pro 11 yang harganya identik tapi belum dilengkapi keyboard dan pena stylus. Bagi Anda yang membutuhkan tablet tipis yang kencang dengan layar dan suara memukau, dan tidak membutuhkan layanan Google, Huawei MatePad Pro 11 amat direkomendasikan.
Desain
9
Fitur
9
Performa
8
Harga
8
Reader Rating0 Votes
0
8.5