Review OPPO Reno8 5G

svg%3E
8.8

Mengusung tagline The Portrait Expert, OPPO Reno8 5G membawa konfigurasi kamera menggiurkan yang disebut Dual Sony Flagship Sensors. Terdiri dari IMX709 RGBW 32 MP untuk kamera selfie dan IMX766 50 MP untuk kamera utama, keduanya digadang-gadang mampu memberikan hasil foto terbaik di berbagai kondisi pemotretan.

Namun keunggulan Reno8 5G bukan sekadar sektor kamera saja. Dari segi desain, OPPO juga menghadirkan rancangan baru yang membuatnya berbeda dari generasi sebelumnya. Teknologi yang dibenamkan pun menjadi upgrade yang cukup signifikan dibanding pendahulunya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Ramping dan premium

Dari segi desain, OPPO Reno8 5G punya kemiripan dengan Reno8 Pro 5G. Misalnya konsep unibody-nya yang ramping dengan modul kamera dan penutup belakang yang terintegrasi berkat pemanasan kaca tunggal. Ya, jadi bukan dua bagian yang disatukan seperti pada kebanyakan ponsel lainnya. Dengan desain seperti itu, area di sekitar kamera tidak akan dipenuhi debu apalagi sampai masuk ke dalam kameranya.

OPPO Reno8 5G

Tampilan modul kamera OPPO Reno8 5G terinspirasi oleh kamera cinema vintage. Anda akan menemukan Ring Flash yang sekaligus berfungsi menciptakan estetika unik. Varian warnanya pun mewah, ada Shimmer Gold dengan efek gradien yang berubah sesuai sudut pandang, serta Shimmer Black yang elegan.

svg%3E

Dimensi OPPO Reno8 5G terasa cukup pas digenggam. Sensasi pengoperasiannya pun nyaman, termasuk ketika hanya menggunakan satu tangan. Sekadar informasi, ponsel ini memiliki ketebalan 7,67mm dengan bobot 179 gram. Nggak bikin berat dan sempit di saku celana.

svg%3E

Perlu diketahui pula bahwa finishing pada penutup belakang Reno8 5G tidak mudah kotor oleh bekas jari. Cocok untuk Anda yang kurang suka memasang casing tambahan. Di bagian bawah Anda akan menemukan port USB Type-C bersama dengan lubang speaker, mic, dan SIM-tray. Sementara di depan ada layar 6,4 inci dengan punch hole kecil di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie.

Layar sedap dipandang

OPPO Reno8 5G mengusung layar AMOLED 6,4 inci Full HD+ 90Hz. Refresh rate-nya sedikit tertinggal dari beberapa pesaing yang sudah 120Hz. Meski begitu, layar ini tetap enak dilihat untuk menunjang berbagai kebutuhan mulai dari browsing, chatting, media sosial, menonton film, hingga bermain games.

svg%3E

Penggunaan outdoor di bawah sinar matahari yang terik pun bukan masalah. Selain itu, untuk bermain games layar Reno8 5G terasa amat responsif. Di balik layar tersebut Anda juga akan menemukan sensor sidik jari yang mampu membaca secara cepat dan akurat.

OPPO tentunya tidak lupa membenamkan beberapa fitur pendukung seperti Eye Comfort untuk kenyamanan mata, pilihan mode warna antara Vivid dan Natural, serta O1 Ultra Vision Engine untuk meningkatkan warna pada video yang diputar dengan bantuan AI.

Sedikit membahas audio, cukup disayangkan Reno8 5G masih mengusung sistem mono speaker saja. Ya, belum stereo seperti kebanyakan ponsel kelas menengah ke atas masa kini.

Kamera istimewa

Seperti disebut di atas, Reno8 5G dibekali kamera utama 50 MP Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/1.56″, Hardware-based DOL-HDR, dan All Pixel Omni-Directional PDAF. Di belakang juga ada dua kamera lainnya di belakang yaitu 8 MP wide angle dan 2 MP makro. Sementara di depan, ada kamera selfie 32 MP Sony IMX709 RGBW dengan Hardware-based DOL-HDR.

svg%3E

Tidak seperti Reno8 Pro 5G, kamera Reno8 5G tidak dipersenjatai NPU MariSilicon X. Walaupun tidak punya NPU yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pencitraan ini, kami cukup puas dengan hasil jepretan kamera utamanya terutama pada kondisi cahaya minim.

Mode Auto (1)

(Yangcanggih.com) OPPO Reno8 5G AI Mode (2)

Mode Auto (5)

Mode Auto (2)

Mode Auto (4)

Selfie Night Mode

Dua foto di bawah ini merupakan contoh hasil yang bisa Anda dapatkan pada kondisi pemotretan dengan ruangan gelap yang hanya memiliki satu sumber cahaya. Pada area gelap dalam foto, nuansanya terlihat mirip dengan aslinya. Ketajaman objek utama tetap terjaga dengan cukup baik termasuk pada bagian rambut, dan warna kulitnya pun tidak meleset.

Auto Mode (2)

Auto Mode (1)

Reno8 5G kembali membawa mode Portrait khas OPPO yaitu Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait. Bokeh Flare Portrait mampu menciptakan efek neon artistik ketika terdapat banyak lampu pada latar belakang. Dari hasil foto di bawah, dapat terlihat bahwa objek utama tampak jernih dan tajam dengan warna kulit yang relatif sama dengan aslinya. Selain itu, pemisahan objek dengan background pun cukup rapi, walaupun terkadang masih ada bagian yang meleset.

svg%3E

Bokeh Flare Portrait (2)

(Yangcanggih.com) OPPO Reno8 5G Bokeh Flare Portrait [2]

Beralih ke AI Color Portrait, mode ini akan memisahkan objek utama dengan latar belakang yang diubah warnanya menjadi hitam-putih. Sama seperti Bokeh Flare, AI Color Portrait bisa diaktifkan ketika memotret dengan kamera belakang maupun depan.

AI Color Portrait

Sementara Mode Malam Reno8 5G mampu menjaga nuansa seperti aslinya, dengan mendongkrak exposure pada area-area yang memang diperlukan, serta memberi efek penajaman pada objek. Hasilnya, Mode Malam ponsel ini patut mendapat acungan jempol.

Night Mode (2)

Night Mode (4)

Night Mode (5)

Beralih ke videografi, Bokeh Flare Portrait masih dikunci di resolusi 720p saja. Akan lebih menarik jika OPPO mulai memberikan update agar fitur khas ponsel mereka ini bisa direkam dengan resolusi yang lebih tinggi, minimal 1080p.

Bokeh Flare Portrait Reno8 5G (yangcanggih.com)

Untuk perekaman video standar (tanpa efek portrait), menurut kami tidak ada keluhan berarti yang patut dibahas. Hasil rekamannya tajam dan reproduksi warnanya juga cukup baik.

1080p normal

1080p Low Light

Mantap untuk gaming

Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sektor performa memang menjadi salah satu upgrade yang paling signifikan di OPPO Reno8 5G. Di kelas harganya pun Dimensity 1300 5G yang menjadi andalan ponsel ini tergolong salah satu chipset yang paling kencang.

Dimensity 1300 5G merupakan chipset 6nm dengan performa CPU yang dijanjikan 40 persen lebih kencang dari chipset pada Reno7 5G, dan performa GPU yang meningkat hingga 106 persen. Bahkan, dari segi konsumsi daya, Dimensity 1300 5G 20 persen lebih efisien.

Chipset yang ngebut ini disandingkan dengan sistem pendingin canggih bernama Super-conductive VC Liquid Cooling System. Menurut OPPO, area pendinginannya meningkat 16,8 persen dibandingkan perangkat terdahulu, atau sekitar 2,5 kali lebih besar dan 1,5 kali lebih efisien dalam menurunkan suhu pada Reno8 5G.

Frame bagian tengahnya mengandalkan material super-conductive aluminum alloy yang menghadirkan daya konduksi lebih optimal. Hasilnya, ketika diajak melakukan pekerjaan berat seperti main game pun suhu pada OPPO Reno8 5G tetap aman dan kinerjanya selalu stabil.

Selain Dimensity 1300 5G, perlu diketahui pula bahwa Reno8 5G dibekali RAM 8 GB lengkap dengan fitur ekspansi RAM hingga 5 GB. Storage-nya lega, 256 GB, sehingga Anda bisa mengunduh banyak game berukuran besar. Judul-judul populer seperti Genshin Impact bisa dimainkan dengan lancar. eFootball 2023 pun mulus tanpa masalah.

svg%3E

Untuk lebih jelasnya, performa gaming OPPO Reno8 5G bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Beralih ke baterai, kapasitas 4.500 mAh bisa dibilang masih sangat standar. Untungnya ColorOS 12.1 punya sistem manajemen daya yang amat baik, sehingga penggunaan dari pagi hingga malam hari dapat kami capai tanpa perlu mengisi daya di tengah jalan.

Kalaupun harus melakukan charging, teknologi yang ditanamkan sudah sangat canggih. 80W SuperVOOC dapat mengisi daya hingga 50 persen hanya dalam waktu 11 menit saja. Sementara dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh 100 penuh rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menitan.

Kesimpulan

Reno8 5G memang tidak dibekali NPU MariSilicon X. Walaupun demikian, OPPO ternyata mampu mengoptimalkan teknologi kamera pada ponsel ini, agar dapat menghasilkan foto yang memukau di berbagai kondisi. Desainnya juga beda dan terasa lebih premium. Selain itu, performanya pun amat kencang.

OPPO Reno8 5G merupakan ponsel serba bisa yang ideal untuk beragam tipe pengguna dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Bagi yang berminat, perangkat ini dijual dengan harga Rp7.999.000.

Kelebihan OPPO Reno8 5G:

  • Desain istimewa
  • Ramping, enak digenggam, dan tidak mudah kotor
  • Kecerahan layar oke untuk penggunaan outdoor
  • Kamera bagus di kondisi terang maupun gelap, mantap untuk foto maupun video
  • Mode Portrait telah ditingkatkan
  • Performa kencang, suhu adem
  • Baterai awet
  • Charging cepat 80W SuperVOOC

Kekurangan OPPO Reno8 5G:

  • Speaker belum stereo
  • Kamera utama tidak didukung OIS
  • Bokeh Flare Portrait Video masih mentok di 720p
  • Akan lebih menarik jika refresh rate layar sudah 120Hz
svg%3E
OPPO Reno8 5G
OPPO Reno8 5G merupakan ponsel serba bisa yang ideal untuk beragam tipe pengguna dengan kebutuhan yang berbeda-beda
8.8