Mengintip Keunggulan ASUS ROG Strix Scar 17 SE, Laptop Gaming Paling Bertenaga di Dunia

ASUS baru saja meluncurkan laptop gaming ROG Strix Scar 17 SE. Spesifikasi kelas atas dan sederetan premium bisa ditemukan di laptop ini. Bahkan, ROG Strix Scar 17 SE berhasil menjadi laptop gaming yang paling bertenaga di dunia. Yuk kita intip apa saja keunggulannya.

 ASUS ROG Strix Scar 17 SE-

1. Pertama dengan prosesor Intel Core i9-12950HX

ASUS ROG Strix Scar 17 SE

ASUS ROG Strix Scar 17 SE menjadi laptop gaming pertama dengan prosesor Intel Core i9-12950HX yang merupakan CPU laptop paling powerful di dunia. Prosesornya tersebut turut disokong RAM 32GB dan ruang penyimpanan SSD PCIe 4.0 dengan kapasitas hingga 2TB. Untuk performa yang lebih kencang SSD tersebut mendukung konfigurasi RAID 0.

2. Kartu Grafis Nvidia GeForce RTX 3080 Ti 175W

svg%3E

Kecanggihannya tidak hanya di prosesor saja. Di sektor grafis ASUS menyematkan kartu grafis kasta tertinggi Nvidia yakni GeForce RTX 3080Ti. Istimewanya, GPU yang sangat kencang ini telah ditingkatkan performanya dengan TGP maksimal di angka 175W melalui Dynamic Boost. Jadi, tidak perlu heran jika laptop gaming ini mampu menawarkan performa setara PC Desktop dan mampu menjalankan semua game PC AAA dengan baik di resolusi tinggi.

3. Layar QHD 240 Hz

 ASUS ROG Strix Scar 17 SE-

svg%3E

Mata gamer juga akan dimanjakan dengan layar resolusi QHD 2560 x 1440 pixel dengan refresh rate 240 Hz dan waktu respon 3 milidetik. Layar tersebut juga didukung oleh teknologi Dolby Vision serta Adaptive Sync sehingga memastikan pengalaman bermain game yang nyaman tanpa efek stuttering dan tearing.

4. MUX Switch untuk performa gaming maksimal

Sama seperti laptop ROG 2022 lainnya, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga telah dibekali dengan MUX Switch untuk menghadirkan performa gaming secara maksimal. MUX Switch adalah chip khusus yang dapat mengalihkan jalur data pemrosesan tampilan layar secara langsung ke chip grafis GeForce RTX yang tersedia. Dibandingkan menggunakan metode switching lainnya, MUX Switch dapat memangkas latensi dan meningkatkan framerate di dalam game. MUX Switch bisa diakses lewat aplikasi Armoury Crate.

5. Sistem pendingin canggih

svg%3E
Untuk mendukung performanya yang sangat kencang ASUS menghadirkan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin ini didukung penggunaan liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU. Bukan sembarang liquid metal, ROG Strix SCAR 17 Special Edition menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang dapat menghadirkan suhu operasional hingga 15?C dibandingkan dengan thermal compound standar berbahan silikon.

Sistem pendingin ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan vapor chamber yang dirancang khusus untuk membantu mendinginkan semua komponen di dalamnya Vapor chamber tersebut melapisi 48,8% bagian mainboard ROG Strix SCAR 17 Special Edition sehingga memungkinkan proses pendinginan untuk setiap komponen mulai dari CPU, GPU, VRM, VRAM, dapat berjalan secara optimal. Terhubung langsung dengan vapor chamber khusus adalah heatsink berbahan tembaga yang dirancang secara presisi agar dapat melepaskan panas secara optimal.

Pelepasan panas juga dibantu oleh dua kipas Arc Flow yang mampu menghadirkan aliran udara lebih baik serta memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan dengan teknologi kipas di laptop ROG generasi sebelumnya.

6. Desain keren dengan Invisible Ink

Di ROG Strix Scar 17 ASUS menambahkan fitur berupa “invisible ink” yang diukir pada bodinya. Invisible ink tersebut hanya dapat terlihat ketika bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition terpapar sinar UV. Tampilan invisible ink di bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga didesain secara khusus dan memiliki petunjuk bagi gamer untuk menyelesaikan tantangan SCAR Runner yang ada di dalam game ROG Citadel XV yang tersedia secara gratis di Steam.

Verified by MonsterInsights