Quantcast
Home GadgetNewsProduct NewsVisual

Review realme Smart TV Stick

9
Cek Harga

Ekosistem IoT dari realme semakin lengkap. Untuk home entertainment selain realme Smart TV kini tersedia realme Smart TV Stick. Perangkat ini bisa menjadi solusi paling mudah dan hemat untuk mengubah TV layar datar lama Anda menjadi Smart TV. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

realme Smart TV Stick 1

Desain realme Smart TV Stick

realme Smart TV Stick hadir dengan desain sangat ringkas. Jadi, bisa dengan mudah dibawa ke mana saja. Sekilas desainnya mirip USB Flash drive. Di bodinya hanya bisa ditemukan port micro-USB untuk isi ulang daya dan konektor HDMI. Menurut realme, perangkat ini sudah melewati beragam pengujian ketangguhan. Dengan begitu bisa diandalkan untuk penggunaan jangka panjang.

 

realme Smart TV Stick 3

 

Dalam paket penjualannya realme juga melengkapinya dengan remot kendali. Remot kendalinya ini sangat ringan. Asupan tenaganya mengandalkan dua baterai AAA.

realme Smart TV Stick 2

 

Beragam tombol pintas untuk mengakses aplikasi multimedia juga sudah tersedia. Selain itu, remotnya ini dilengkapi mikrofon. Sangat berguna untuk memanggil asisten virtual Google Assistant untuk kendali perintah lewat suara.

realme tvstick 7

Sebagai perangkat pintar realme Smart TV Stick didukung koneksi WiFi untuk terhubung ke jaringan dan Bluetooth 5.0. Lewat koneksi Bluetooth Anda bisa menghubungkannya ke perangkat lain seperti misalnya keyboard.

Fitur realme Smart TV Stick

realme tvstick 1

Fiturnya tergolong sederhana. Menjalankan sistem operasi Android TV versi 11 Anda bisa menikmati semua keunggulan ekosistemGoogle. Dari asisten virtual Google Assistant, Chromecast untuk berbagi layar dari smartphone ke layar TV, hingga toko aplikasi Play Store untuk menambah aplikasi. realme Smart TV Stick juga bisa masuk di ekosistem rumah pintar Google Home.

 

realme tvstick 3

Performa realme Smart TV Stick

Cara menggunakan realme Smart TV Stick sangat mudah. Anda hanya perlu menancapkannya ke port HDMI di TV. Kemudian, hubungkan kabel microUSB ke power adapternya. Opsi lain jika di TV Anda tersedia port USB, kabel USB tersebut bisa juga ditancapkan ke TV untuk mengambil daya.

Selain ke TV realme Smart TV Stick juga bisa terhubung ke perangkat lain yang memiliki port HDMI. Seperti misalnya monitor, proyektor, hingga laptop.

Perlu diingat realme Smart TV Stick belum dilengkapi port Audio. Jadi, pastikan saja semua perangkat yang ingin dihubungkan sudah dilengkapi dengan speaker internal. Khusus untuk penggunaan di laptop diperlukan perangkat tambahan yakni USB HDMI capture.

realme tvstick 2

untuk spesifikasi realme Smart TV Stick ditenagai chipset quad-core Cortex-A35. Chipset tersebut disokong RAM 1GB. Sementara, ruang penyimpanannya tersedia dengan kapasitas 8GB. Ruang penyimpanannya ini akan langsung digunakan sekitar 4GB untuk sistem operasi Android TV.

realme tvstick 4

Spesifikasinya ini sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi Android TV. Setidaknya navigasi dan buka tutup aplikasi terasa cukup mulus. Antarmuka Android TV yang sederhana juga sangat mudah digunakan. Di halaman muka Anda dimungkinkan untuk memasang aplikasi-aplikasi yang sering diakses.

realme tvstick 6

Sisa ruang penyimpanannya yang sekitar 4GB juga ternyata masih cukup untuk menambah beragam aplikasi multimedia favorit yang bisa diunduh lewat Play Store.

realme tvstick 5

Untuk tampilan realme Smart TV Stick hanya mendukung output gambar hingga di resolusi Full HD 60 Hz. Cukup disayangkan memang belum mendukung di resolusi 4K. Tapi, satu nilai tambah realme TV Stick sudah mendukung konten HDR10+.

Kesimpulan

Harga Smart TV memang semakin murah. Misalnya, Smart TV kelas entry dengan sistem operasi Android 11 dan HDR di pasaran saat ini dijual dengan harga mulai dari 1,8 Jutaan Rupiah. Nah, disinilah keunggulan realme Smart TV Stick. Dengan harga jual 500 ribuan Rupiah realme Smart TV Stick bisa dengan mudah langsung mengubah TV layar datar lama lama Anda menjadi Smart TV dengan sistem operasi Android 11 dan mendukung HDR10+. Desainnya yang ringkas juga memungkinkan perangkat ini untuk bisa dengan mudah dibawa ke mana saja.

Kelebihan realme Smart TV Stick:

– Desain ringkas
– Mudah digunakan
– Menjalankan sistem operasi Android 11
– Mendukung HDR10+
– Mendukung Chromecast
– Harga murah
– Dilengkapi remot

Kekurangan realme Smart TV Stick:

– Belum mendukung 4K
– Performa rata-rata

Dengan harga jual 500 ribuan Rupiah realme Smart TV Stick bisa dengan mudah langsung mengubah TV lama Anda menjadi Smart TV dengan sistem operasi Android 11 dan mendukung HDR10+
9
Cek Harga

Artikel terkait

Satu komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Back to top button