Review Xiaomi TV A2 43 Inci (4K)

Xiaomi TV A2 Series meluncur di Indonesia dalam dua pilihan ukuran, yaitu 43 inci dan 55 inci. Sesuai judul artikel ini, saya akan mengulas varian 43 inci yang menurut saya amat menggiurkan karena menawarkan resolusi 4K UHD dan dukungan HDR dengan harga 3 jutaan rupiah. Namun apakah dengan banderol murah tersebut Xiaomi mampu menyajikan TV pintar dengan kualitas visual yang memanjakan mata? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Single stand yang ideal untuk meja kecil

Bagi Anda yang selama ini ragu meminang TV berukuran 43 inci ke atas karena tidak memiliki meja yang memadai, Xiaomi TV A2 Series mungkin bisa menjadi jawabannya. Baik untuk ukuran 43 inci maupun 55 inci, Xiaomi menggunakan kaki dengan desain single stand yang posisinya ada di tengah dan mampu menjaga TV berdiri dengan kokoh.

Xiaomi TV A2 43 Inci

Desain single stand seperti ini setahu saya belum banyak ditemui pada TV murah. Biasanya, smart TV 43-55 inci di bawah 7 juta rupiah mengusung kaki ganda di ujung kiri dan kanan. Itu artinya, Anda wajib memiliki meja yang agak panjang jika tidak ingin memasangnya di dinding.

svg%3E

Saya sendiri termasuk orang yang malas mengeluarkan dana ekstra untuk membeli meja TV baru yang lebih lebar. Meja TV yang ada di rumah panjangnya hanya sekitar 1 meter, sehingga sulit untuk menampung TV berukuran besar dengan kaki ganda di kedua ujungnya. Melalui Xiaomi TV A2 Series, kini saya punya opsi terjangkau khususnya ketika ingin beralih ke TV 55 inci.

Xiaomi TV A2 43 inci mengadopsi bingkai logam unibody dan bezel yang tipis. Tampilannya modern minimalis dengan dominasi warna hitam. Di bagian belakang, Anda akan disuguhkan port yang cukup lengkap seperti 3x HDMI yang satu di antaranya mendukung eARC, 2x USB 2.0, audio jack 3.5mm, Composite In (AV), Optical Digital Audio Out, Ethernet (LAN), dan port antena.

Kualitas visual oke di kelas harganya

Menurut saya, sebagai TV dengan harga hanya 3 jutaan rupiah Xiaomi TV A2 43 inci mampu menyajikan gambar yang sedap dipandang. Resolusinya 4K alias 3840 x 2160 dan sudah didukung Dolby Vision, HDR 10, HLG, serta 90 persen DCI-P3 colour gamut. Ada pula teknologi 60Hz MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation) untuk gambar yang lebih halus pada adegan dengan pergerakan cepat.

svg%3E

Untuk menonton YouTube, Netflix, atau Disney+ Hotstar TV ini tentunya kompatibel dengan konten 4K HDR/Dolby Vision. Namun pada konten dengan frame rate 24fps seperti film, saya lebih suka mematikan fitur 60Hz MEMC karena bikin pergerakan menjadi kurang natural dan justru menghilangkan nuansa sinematik.

Singkatnya, kualitas visual yang disajikan Xiaomi TV A2 43 inci sudah di atas harganya. Gambarnya tajam dengan warna yang kaya dan tampak hidup, walaupun warna hitamnya belum pekat seperti TV mahal dengan panel yang lebih canggih. Fungsi upscaling tidak tersedia dan wajar untuk TV ukuran 43 inci. Menonton konten 720p atau 1080p masih tergolong nyaman karena gambarnya tidak terlihat pecah.

svg%3E

Anda bisa mengatur color space ke beberapa opsi yang tersedia, termasuk DCI-P3, agar mendapatkan setelan warna yang paling sesuai selera. Sudut pandangnya juga lumayan luas, 178 derajat, sehingga tidak ada penurunan kualitas yang signifikan jika menonton dengan posisi agak ke samping.

Satu hal lain yang patut diapresiasi adalah remote bawaannya. Tombolnya kini jauh lebih lengkap dan memudahkan akses ke beragam pengaturan tanpa harus keluar dari aplikasi. Misalnya saat sedang menonton YouTube, Anda cukup menekan tombol Set untuk membuka jendela Settings, lalu mengubah pengaturan yang dibutuhkan seperti Network, Device Prefences (termasuk pilihan mode gambar), dan sebagainya.

svg%3E

Sedikit membahas audio, dua speaker 12W dan dukungan Dolby Atmos serta DTS-HD sudah cukup untuk menemani Anda menonton film favorit. Suaranya jernih dan lumayan bertenaga, dengan bass yang masih terasa meski agak tipis. Jika kurang puas dengan speaker internalnya, keberadaan port Optical Audio Out bakal memudahkan Anda untuk menghubungkan TV ini dengan soundbar.

svg%3E

TV 4K HDR murah untuk PS5

Bagaimana untuk menunjang kebutuhan konsol gaming? Saya mencoba memainkan game-game PlayStation 5 di Xiaomi TV A2 43 inci, dan hasilnya cukup memuaskan. Karena ini adalah TV 4K, tentunya resolusinya sudah sesuai untuk kebanyakan game PS5 maupun Xbox Series X.

Yang sempat jadi masalah justru fitur HDR-nya. Ketika pertama kali menghubungkan PS5 dengan Xiaomi TV A2, ternyata HDR tidak langsung aktif dan PS5 mendeteksinya sebagai TV non-HDR. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama matikan HDMI Control di Settings, masuk kembali ke input HDMI yang terhubung dengan PS5, lalu ubah HDMI Mode ke HDMI 2.0 atau HDMI 2.1. Ingat, Anda wajib menggunakan kabel HDMI bawaan PS5 atau yang support HDMI 2.0 ke atas.

svg%3E

Setelah itu barulah PS5 dapat mendeteksi dukungan HDR pada Xiaomi TV A2 43 inci. Namun walaupun sudah melakukan kalibrasi HDR di PS5, ternyata memang kualitas mode HDR Game pada TV ini sesuai dengan harganya yang terjangkau. Saat dicoba memainkan game Ghost of Tsushima, range HDR-nya di mata saya belum optimal dan warnanya pun menjadi kurang akurat.

Akhirnya, saya lebih memilih untuk menonaktifkan fungsi HDR Game. Mungkin itu juga alasan Xiaomi tidak langsung mengaktifkan HDR begitu terhubung dengan PS5. Padahal TV dari brand sebelah yang saya coba mode HDR Game-nya langsung menyala.

Meski begitu, bagi saya kekurangan ini tetap bisa ditoleransi. TV yang harganya 5-6 jutaan rupiah pun HDR-nya belum tentu bagus. Yang pasti, Xiaomi TV A2 43 inci bisa menjadi opsi yang wajib dilirik jika Anda mencari TV 4K HDR murah untuk main PS5.

Android TV 10 dan dukungan siaran DVB-T2

Xiaomi TV A2 43 inci merupakan perangkat yang dipersenjatai CPU quad-core Cortex-A55, GPU Mali G52 MP2, RAM 2 GB, dan storage internal 16 GB. Kinerjanya cepat saat beralih antar aplikasi maupun menelusuri pengaturan. Sistem operasinya Android TV 10 dengan antarmuka yang bisa diganti ke Patchwall. Karena berbasis Android, tentu Anda bisa mengunduh beragam aplikasi dan game dari Google Play Store.

TV ini dibekali koneksi Bluetooth 5.0 yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan aksesori seperti TWS, gamepad, atau keyboard Bluetooth. Selain itu, ada juga dukungan WiFi Dual-Band yang kompatibel dengan jaringan 2.4 GHz dan 5 GHz.

svg%3E

Perlu diketahui juga bahwa Xiaomi TV A2 43 inci sudah mendukung siaran digital DVB-T2. Yang saya suka, proses pencarian siaran TV baik analog maupun digital berlangsung sangat cepat. Dalam waktu sekitar 1 menit saja, TV ini berhasil menangkap puluhan channel siaran dari berbagai stasiun TV lokal.

Kesimpulan

Xiaomi TV A2 43 inci adalah salah satu TV 4K HDR paling murah yang ada di pasar Indonesia sekarang. Meski harganya ramah kantong, kualitas yang ditawarkan patut diacungi jempol. Cocok untuk menonton film, main game konsol, hingga menikmati siaran TV digital. Performanya juga gesit dan responsif. Menurut saya, Xiaomi TV A2 43 inci layak masuk jajaran TV di bawah 4 juta rupiah terbaik saat ini.

svg%3E

Bagi yang berminat, Xiaomi TV A2 43 inci (4K) dijual dengan harga Rp3.999.000. Penjualan eksklusif di Shopee selama periode 7-14 Juli 2022. Sementara penjualan di platform lain seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Akulaku, JD.ID, maupun offline di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone digelar 14 Juli 2022.

Xiaomi TV A2 43 inci cocok untuk:

  • Pengguna yang ingin beralih ke smart TV: Harga murah dengan kualitas yang bagus menjadi alasan produk ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali membeli TV berbasis Android.
  • Pengguna yang ingin menikmati siaran TV digital: Xiaomi TV A2 43 inci sudah mendukung siaran digital DVB-T2, jadi tidak butuh STB tambahan.
  • Gamer PS5/XSX: Anda yang memiliki konsol generasi terkini (PS5 atau Xbox Series X) namun belum punya TV 4K bisa membidik Xiaomi TV A2 43 inci.
  • Penggemar film, series, dan anime: TV ini sudah mendukung 4K HDR dan Dolby Vision pada platform seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Opsi yang terjangkau untuk hiburan di kamar maupun ruang keluarga.

Kelebihan Xiaomi TV A2 43 inci:

  • Desain oke dan mengusung single stand
  • Performa gesit alias tidak lemot
  • Kualitas gambar cukup bagus untuk kelas harganya
  • Resolusi 4K dan mendukung HDR
  • Berbasis Android TV 10, bisa unduh banyak aplikasi dari Google Play Store
  • Dukung siaran digital DVB-T2
  • Speaker lumayan mantap
  • Port tergolong komplit
  • Remote baru dengan tombol lebih banyak, akses mudah ke Settings tanpa harus keluar aplikasi
  • Harga murah

Kekurangan Xiaomi TV A2 43 inci:

  • Mode HDR Game tidak otomatis aktif saat terhubung ke PS5, dan cara menghidupkannya juga kurang praktis
  • Kualitas mode HDR Game masih perlu ditingkatkan
  • Fitur 60HZ MEMC yang langsung aktif secara default belum tentu cocok untuk semua konten
svg%3E
Xiaomi TV A2 43 Inci
Meski harganya ramah kantong, kualitas yang ditawarkan patut diacungi jempol. Cocok untuk menonton film, main game konsol, hingga menikmati siaran TV digital
8.3