Review Olike HERO T9

Olike ada cukup banyak TWS atau earbud nirkabel. Harganya juga variatif, namun tetap sangat ramah di kantong. Olike HERO T9 adalah salah satunya. TWS ini mencuri perhatian dengan tampilannya yang premium. Penasaran bagaimana kualitas TWS dengan harga 200 ribuan Rupiah ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

 

svg%3E

Desain Olike HERO T9

Olike HERO T9 hadir dengan case pelindung yang berbentuk oval. Aura premiumnya terlihat dari kelir bodinya. Bodinya yang mengkilap dilapisi lapisan PVD berwarna midnight blue. Cukup jarang bisa ditemukan TWS 200 ribuan dengan lapisan tersebut. Sekilas desainnya ini mengingatkan kami dengan TWS Neo besutan vivo.

svg%3E

Material casing pelindungnya terbuat dari plastik. Case pelindung atau modul earbud-nya memiliki bobot yang sangat ringan. Secara keseluruhan rancangannya cukup solid. Walau terasa agak kurang kokoh di area engsel bagian penutupnya. Perlu diingat rancangannya belum tahan debu atau cipratan air. Jadi, wajib waspada untuk penggunaan saat olahraga atau di luar ruangan. Bodinya yang mengkilap juga rawan kotor dengan jejak jari.

svg%3E

Di case pelindungnya hanya tersedia satu port USB-C untuk isi ulang baterai dan satu LED indikator. Tidak ada tombol di case pelindungnya.

Fitur Olike HERO T9

Dengan harga jual 200 ribuan kami memang tidak berharap ada banyak fitur di HERO T9. Di TWS ini bisa ditemukan beberapa fitur standar TWS. Seperti misalnya pairing otomatis, smart control, dan konektivitas Bluetooth 5.3.

svg%3E

Untuk pairing Olike HERO T9 sangat mudah sekali. Hanya perlu membuka tutupnya maka semua perangkat bisa langsung mendeteksi keberadaannya untuk terhubung. TWS ini kompatibel dengan smartphone iOS dan Android.

svg%3E

Sementara, fungsi smart control-nya bisa ditemukan di bagian paling atas batang atau stemnya. Fungsi ini sangat mempermudah untuk navigasi. Tap sekali untuk pause dan play music yang ingin diputar. Tap dua kali di modul earbud sebelah kiri untuk mundur dan dua kali di modul earbud kanan untuk maju ke lagu selanjutnya. Responnya dengan sentuhan jari juga amat baik.

 

svg%3E

 

Cukup disayangkan fitur smart controlnya ini tidak bisa dikustomisasi. Satu nilai tambah smart control-nya juga mendukung pengaturan volume suara. Tiga kali tap di modul earbud kiri untuk mengurangi volume dan di earbud kanan untuk menambah volume. Fitur lain, Olike HERO T9 mendukung asisten virtual Siri dan Google Assistant saat terhubung ke perangkat iOS dan Android.

Kualitas audio Olike HERO T9

Untuk reproduksi suara Olike HERO T9 mengandalkan driver suara berukuran 13 mm. Untuk pengujian Olike HERO T9 kami menghubungkannya ke Huawei P50 Pro. Musik diputar lewat Spotify dengan kualitas streaming very high.

svg%3E

Untuk menguji seberapa detil Olike HERO T9 kami memutar Billy Jean – Susan Wong.  Di lagu ini suara vokal Susan Wong bisa terdengar jernih dan jelas. Namun terasa agak tipis. Kendali suara di frekuensi high cukup baik. Tidak membuat pedas di telinga atau menimbulkan efek hizz yang menggangu. Separasi suara cukup baik. Memang tidak terlalu detil dan efek staging juga tidak terlalu terasa. Namun, untuk suara bass di lagu ini menurut kami terasa bertenaga.

Beralih ke lagu genre rock kami memutar Toxicity – System of down. Di lagu ini Olike HERO T9 kembali bisa menyajikan suara vokal yang jernih. Teriakan-teriakan sang vokalis, Serj Takian, meski terasa agak tipis masih cukup nyaman di telinga. Begitu juga semua instrumen pengiringnya. Bisa terdengar dengan cukup jelas dari suara cabikan gitar, bass, hingga drum meski kurang detil.

Terakhir adalah pengujian suara bass. Kami memutar lagu Hot In it – Tiesto ft Charli XCX. Di lagu ini kami bisa merasakan gebukan suara bass Olike HERO T9 yang wajib diacungi jempol. Terasa sangat bertenaga. Walau begitu, suara vokal masih tetap bisa mengimbangi dan tetap terdengar jernih dan jelas. Satu catatan kami bass yang bertenaga memang sangat rawan. Di beberapa lagu mungkin saja akan terasa terlalu boomy dan mendominasi. Tapi, bagi sebagian orang yang menyukai suara bass kami yakin Olike HERO T9 akan sangat mudah memanjakan telinga mereka.

Untuk pengujian multimedia saat kami gunakan bermain game atau menonton film memang masih ada sedikit delay. Namun, tidak terlalu mengganggu pengalaman menonton atau bermain game secara keseluruhan. Bagi gamer yang memang mementingkan kualitas suara akurat memang bukan pilihan ideal yang.

Dari pengujian kami secara keseluruhan Olike HERO T9 memiliki karakter suara yang cenderung bright dengan prioritas pada suara vokal yang jernih. Untunglah diimbangi dengan kendali suara di sektor high yang baik. Jadi, tidak menyiksa telinga. Selain itu, TWS ini juga bisa menghasilkan suara bass yang bertenaga.

Baterai Olike HERO T9

Olike HERO T9 bisa digunakan hingga sekitar 4 jam untuk mendengarkan musik. Tergolong rata-rata untuk di kelas harganya. Case pelindungnya ini juga sudah dilengkapi dengan baterai 300 mAh.

Kesimpulan Olike HERO T9

Olike HERO T9 adalah TWS earbud nirkabel yang cukup menarik di kelas harganya. TWS ini memang tidak dilengkapi banyak fitur. Tapi, Olike berhasil merancangnya dengan desain yang premium TWS, kualitas suara vokal yang jernih dan bass bertenaga. Harga Olike HERO T9 ada di kisaran 279 Ribu Rupiah. Cukup sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. HERO T9 Cocok untuk para penikmat musik rock, pop, dance dan elektronik. Juga masih bisa diandalkan untuk para penikmat multimedia dan gamer kasual.

Kelebihan Olike HERO T9:

– Desain premium
– Bass bertenaga dengan Vokal yang jernih
– Bobot ringan
– Konektivitas Type-C
– Fitur Smart Control sangat mempermudah
– Kompatibel dengan hampir semua perangkat
– Pairing mudah
– Konektivitas Bluetooth 5.3

Kekurangan Olike HERO T9

– Engsel penutup terasa kurang kokoh
– Belum dilengkapi fitur ketahanan
– Belum mendukung isi ulang cepat
– Tidak ada fitur penangkal bising aktif
– Bodi rawan kotor
– Smart Control tidak bisa dikustomisasi

TWS 200 ribuan dengan desain yang premium, kualitas suara vokal yang jernih dan bass bertenaga.
7.6
Verified by MonsterInsights