Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Nikon Z30: Mirrorless Paling Ringan Nikon untuk Konten Kreator dan Vlogger

Dipersembahkan untuk para konten kreator Nikon merilis kamera mirrorless Z30. Kamera mirrorless ini hadir dengan desain yang ringkas dan kemampuan rekam video mumpuni.

Nikon Z30 1

Fitur Nikon Z30

Sekilas Nikon Z30 terlihat mirip dengan mirrorless Nikon pertama dengan sensor APS-C, Nikon Z50. Bedanya, di Nikon Z30 tidak lagi tersedia jendela bidik elektronik. Dengan tidak membawa jendela bidik elektronik bobot Nikon Z30 bisa lebih ringan. Bahkan, paling ringan di lini kamera mirrorless Nikon Z-Series dengan sensor APS-C. Sebelumnya, Nikon Z50 memiliki bobot sekitar 450 gram termasuk baterai. Sementara, bobot Nikon Z fc sekitar 445 gram.

Untuk layarnya Z30 membawa layar sentuh 3 inci yang bisa dilipat dan diputar. Jadi, semakin mempermudah untuk membuat konten vlog atau siaran langsung. Untuk kualitas perekaman audio yang lebih baik Nikon menyematkan mikrofon ganda.

Nikon Z30 4

Di sektor spesifikasi Nikon Z30 sama dengan Nikon Z50. Mirrorless ini mengandalkan sensor CMOS 21 megapixel. Sensornya disokong prosesor Nikon EXPEED 6. Dengan spesifikasinya tersebut Nikon Z30 bisa diandalkan untuk merekam video hingga resolusi 4K/30p. Perekaman video gerakan lambat juga didukungnya di resolusi Full HD 1080/120p.

Nikon Z30 3

Pembaruan lain yang dibawa Nikon Z30 adalah manajemen thermal. Menurut Nikon, dengan manajemen thermal yang telah ditingkatkan kamera ini bisa merekam video 4K hingga sekitar 125 menit. Pengisian daya lewat port USB juga diijinkan untuk pengisian daya lewat powerbank di kondisi darurat.

Setidaknya ada dua fitur yang absen dari Nikon Z30. Pertama adalah fitur penstabil. Cukup disayangkan Nikon Z30 belum dilengkapi fitur penstabil langsung di bodinya. Jadi, kemampuan stabilisasinya hanya mengandalkan sistem stabilisasi yang ada di lensa saja. Atau, untuk pengambilan gambar yang lebih stabil bisa menggunakan tambahan gimbal kamera. Fitur kedua adalah port headphone yang berguna untuk memantau perekaman audio.

Nikon Z30 2

Harga Nikon Z30

Nikon Z30 rencananya akan tersedia di pertengahan Juli 2022. Harga Nikon Z30 US$709.95 atau sekitar 10 jutaan Rupiah. Untuk paket dengan lensa kit 16-50mm VR US$849.95. Sebagai tambahan Nikon juga menyediakan paket aksesoris untuk kreator yang termasuk videomicro shotgun RODE, smallrig tripod/selfie handle dan remot Bluetooth ML-L7 dengan harga US$149.95.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button