[Gadget Guide] Panduan Memilih realme 9 Series untuk Daily Driver

realme 9 Series memiliki rangkaian produk yang cukup komplit untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna khususnya di kelas menengah. Total ada 5 anggota keluarga realme 9 Series yang hadir di Indonesia, antara lain realme 9i, realme 9, realme 9 Pro 5G, realme 9 Pro+ 5G, dan realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition.

Yang mungkin menjadi pertanyaan bagi calon pengguna adalah, smartphone mana di antara lini realme 9 Series yang cocok sebagai daily driver baik dari segi fitur maupun budget? Nah, kalau Anda punya pertanyaan yang sama, semoga panduan singkat ini bisa membantu Anda.

Belum butuh 5G?

Jaringan 5G memang masih terbilang baru di Indonesia. Cakupan areanya sendiri masih agak terbatas, sehingga belum bisa dinikmati oleh sebagian besar masyarakat. Karena itu, jika Anda merasa belum butuh jaringan 5G, ada dua ponsel realme 9 Series yang patut dilirik.

realme 9i
realme 9i

Smartphone yang dimaksud adalah realme 9i dan realme 9. Dari segi harga, keduanya juga yang paling ramah kantong dibanding saudara-saudaranya. realme 9i dibanderol 2,6 jutaan rupiah, sementara realme 9 bisa ditebus dengan dana sebesar 3,1 juta rupiah.

Urusan fitur, realme 9i mengandalkan Snapdragon 680, RAM hingga 6 GB, storage hingga 128 GB, kamera 50 MP, layar 90Hz, dan dukungan 33W DartCharge. Sedangkan realme 9 tampil sedikit lebih mewah dengan layar Super AMOLED 90Hz dan kamera 108 MP. Keduanya sama-sama menarik di kelasnya, tinggal pilih mana yang sesuai budget Anda.

svg%3E
realme 9 4G

Gemar bikin konten?

Kalau Anda termasuk pengguna yang gemar membuat konten, baik dalam bentuk foto maupun video, realme 9 Pro+ 5G bisa menjadi opsi menarik karena kameranya sudah didukung OIS (Optical Image Stabilization). Sensor yang ditawarkan adalah Sony IMX766 50 MP f/1.8 dengan ukuran 1/1.56″.

realme 9 Pro+
realme 9 Pro+

Keberadaan OIS dan AI Noise Reduction Engine 3.0 menjanjikan tangkapan gambar yang bagus di kondisi minim cahaya. Bidikan Anda pun bisa lebih stabil untuk meminimalisir kemungkinan gambar buram. Sementara ukuran sensor yang besar berguna untuk menyerap lebih banyak cahaya.

svg%3E

Menariknya lagi, realme 9 Pro+ 5G memiliki fitur Ultra Nightscape Video untuk memudahkan merekam momen di tempat temaram. realme menggabungkan OIS dan EIS serta algoritma peningkatan AI Nightscape untuk mendapatkan detail yang lebih baik.

svg%3E

Anda seorang gamer?

Pada dasarnya semua anggota realme 9 Series telah dipersenjatai chipset yang cukup mumpuni di kelasnya, sehingga ideal untuk gaming. Namun kalau Anda adalah seorang gamer sejati, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition mungkin menjadi opsi yang paling cocok dengan karakter Anda.

Desainnya membawa nuansa gaming yang kental. realme mengintegrasikan elemen game Free Fire seperti simbol kemenangan, bilah pisau, refleksi laras panjang, dan baut pistol ke bagian panel belakang dengan paduan warna yang unik. Dalam kotak penjualannya, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition menawarkan beragam bonus yang temanya masih seputar game tersebut.

svg%3E
realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Bagaimana dengan performa? Anda bisa mengandalkan chipset Dimensity 920 5G yang kencang, bersama sistem pendingin 5 lapis dengan vapor chamber besar yang diklaim dapat mengurangi suhu inti hingga 10 derajat Celcius. Dengan suhu yang terjaga, performanya pun diyakini bakal lebih stabil saat bermain dalam durasi yang lama. Tidak ketinggalan realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition didukung speaker stereo serta teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio untuk kualitas suara yang mantap.

Penasaran dengan layar 120Hz?

Layar dengan refresh rate 90Hz sebenarnya sudah cukup memanjakan mata. Tapi kalau Anda penasaran bagaimana rasanya memandang layar dengan refresh rate 120Hz, maka realme 9 Pro 5G patut di coba. Ya, dengan budget 3 jutaan rupiah, Anda bisa mendapatkan ponsel dengan layar 120Hz.

svg%3E

Refresh rate tinggi tentunya akan memberikan pengalaman berbeda karena pergerakan gambar bakal terlihat lebih halus. Agar tidak boros baterai, realme menyediakan 6 level refresh rate untuk mengakomodasi konten yang berbeda, misalnya 30Hz saat sedang diam, 48Hz untuk film, 60Hz untuk video, dan seterusnya.

Harga realme 9 Series

Itulah panduan singkat yang kami harap dapat membantu Anda menentukan smartphone mana di antara 5 anggota realme 9 Series yang cocok dengan kebutuhan Anda. realme 9i dibanderol mulai dari 2,6 jutaan rupiah untuk varian 4/64 GB dan 2,9 jutaan rupiah untuk varian 6/128 GB. Sementara realme 9 4G harganya Rp3.099.000 untuk memori 6/128 GB.

realme 9 Pro 5G dijual dengan harga Rp3.599.000 (6/128 GB). realme 9 Pro+ 5G bisa ditebus dengan dana Rp4.699.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp5.499.000 untuk varian 8/256 GB. Terakhir, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition harganya Rp4.499.000 (8/128 GB).

Verified by MonsterInsights