Review HP Laptop 14s-dk1524AU

Laptop 5 Jutaan dengan Windows 11 dan SSD 512GB

7.6

Prosesor AMD Athlon masih menjadi primadona di segmen laptop kelas entry. Salah satunya bisa ditemukan di HP Laptop 14s-dk1524AU yang ditenagai prosesor AMD Athlon Silver. Bagaimana dengan performanya? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

 

Desain HP Laptop 14s-dk1524AU

Di sektor desain HP Laptop 14s-dk1524A masih berbagi desain yang sama dengan HP 14s-dk1003au sebelumnya yang hadir dengan prosesor Athlon Gold. Desainnya yang ringkas dan ringan terlihat cukup premium dengan balutan bodi warna silver. Untuk opsi warna lain ada HP Laptop 14s-dk1510AU dengan warna pale gold yang terlihat lebih mewah. Ketebalan bodinya sekitar 1.99 cm. Bobotnya sekitar 1,47 Kg. Masih sangat ideal untuk diajak mobilitas.

Laptop ini juga tidak pelit konektivitas. Di sisi kiri bodi ada port USB-C dan slot kartu memori SD. Sisi kanan bodi ada dua port USB Type-A, port HDMI, audio jack dan satu port LAN RJ-45.

Layar HP Laptop 14s-dk1524AU

HP Laptop 14s-dk1524AU juga masih tetap mempertahankan layar micro-edge yang bezelnya ramping di sisi kiri dan kanan panel layar. Di bagian atas panel layar terdapat webcam HP TrueVision HD dengan resolusi HD.

svg%3E

HP Laptop 14s-dk1524AU tetap mengusung panel layar 14 inci yang resolusinya HD 1366 x 768 pixel. Cukup disayangkan HP tidak memberikan opsi layar dengan resolusi Full HD. Panel layarnya juga belum mengusung teknologi IPS.

Imbasnya, sudut pandang layarnya cukup terbatas. Di lihat dari sisi kiri atau kanan akan terlihat agak buram. Warnanya juga kurang cemerlang. Layarnya ini cukup memadai untuk mendukung produktivitas sehari-hari seperti mengolah dokumen dan browsing hingga menikmati konten multimedia. Tidak untuk konten kreasi yang mementingkan akurasi warna pada layar.

Keyboard HP Laptop 14s-dk1524AU

svg%3E

Seperti generasi sebelumnya HP Laptop 14s-dk1524AU juga masih membawa keyboard dengan lampu backlit. Ukuran setiap tombolnya cukup besar. Kedalaman dan jarak antar tombol juga sangat pas. Ini menjadikan keyboardnya nyaman digunakan untuk mengetik dan tidak membuat tangan cepat lelah.

Di bawah keyboard bisa ditemukan trackpad dengan ukuran yang cukup besar. Lengkap dengan tombol klik kiri dan kanan yang dibuat terpisah. Belum menyatu dengan area trackpad seperti laptop kekinian lain. Tapi, untunglah area trackpadnya cukup responsif dengan sentuhan jari. Kedua tombol klik kiri dan kanannya juga cukup empuk saat ditekan.

Performa HP Laptop 14s-dk1524AU

svg%3E

svg%3E

Di sektor performa HP Laptop 14s-dk1524AU ditenagai prosesor AMD Athlon Silver 3050U. Menggantikan prosesor AMD Athlon Gold 3150U di HP 14s-dk1003au yang pernah kami review sebelumnya. Konfigurasi RAM tetap sama. Satu slot yang sudah terisi RAM 4GB dengan opsi satu slot kosong untuk upgrade.

svg%3E

Pembaruan terlihat di ruang penyimpanannya. HP 14s-dk1003au kini dilengkapi ruang penyimpanan M.2 SSD NVMe yang kapasitasnya 512 GB. Tidak lagi menggunakan hard disk seperti di HP 14s-dk1003au. Satu slot 2.5″ mm juga tersedia. Jadi, bisa dipasang hard disk atau SSD untuk menambah ruang penyimpanannya.

Di atas kertas performa AMD Athlon Gold memang ada di atas Athlon Silver. Namun, pembaruan di sektor ruang penyimpanan yang menggunakan SSD menjadikan pengalaman menggunakan laptop ini terasa lebih gegas. Terutama saat booting Windows, memulai aplikasi hingga melakukan penyimpanan data yang terasa jauh lebih cepat. Hasil benchmarknya bisa dilihat sebagai berikut.

svg%3E

Dengan spesifikasinya tersebut HP Laptop 14s-dk1524AU cukup bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas dan beragam komputasi dasar. Seperti misalnya mengetik dokumen, browsing hingga melakukan konferensi video. Penyuntingan foto dan video yang sederhana juga masih dimungkinkan. Tapi, bukan pilihan yang tepat jika membeli laptop ini gaming. Selain itu, selama kami gunakan Windows 11 yang langsung dijalankan laptop ini juga tidak membuat kinerjanya terasa lambat.

Baterai HP Laptop 14s-dk1524AU

Untuk menguji daya tahan baterainya kami menggunkan HP Laptop 14s-dk1524AU untuk mendukung produktivitas sehari-hari seperti mengetik, browsing dan sesekali menikmati konten multimedia di Youtube. Pengaturan tingkat kecerahan layar sekitar 30%, tersambung ke WiFi, menonaktifkan lampu backlit, Bluetooth dan fitur lokasi Windows, serta mengaktifkan mode power saver Windows. Dengan skenario tersebut kami bisa menggunakan HP Laptop 14s-dk1524AU selama sekitar 6 jam. Cukup tahan lama untuk mendukung produktivitas sehari-hari.

Kesimpulan

Cukup banyak kompromi yang harus dilakukan para vendor komputasi untuk menghadirkan laptop harga murah. Seperti di laptop ini HP mengganti prosesor ke AMD Athlon silver dari Athlon gold yang performanya sedikit lebih bertenaga. Tapi, memberikan pembaruan di sektor ruang penyimpanan dengan SSD yang lebih kencang dari HDD.

Walau begitu, pembaruan ke ruang penyimpanan SSD ini berhasil menjadikan pengalaman menggunakan laptop ini terasa lebih gegas. Kapasitas SSD 512GB yang lebih besar juga membuatnya lebih menarik di kelas harganya yang ada di 5 jutaan Rupiah. Umumnya laptop di kelas harga ini kapasitas SSD yang ditawarkan hanya 256GB. Opsi upgrade RAM dan ruang penyimpanan, serta keyboard backlit juga menjadi nilai tambah. HP Laptop 14s-dk1524AU bisa dipilih untuk para pengguna yang mengincar laptop dengan Windows 11 murah untuk komputasi ringan dengan ruang penyimpanan SSD kapasitas besar.

Kelebihan HP Laptop 14s-dk1524AU

+ Harga kompetitif
+ Port konektivitas lengkap
+ Performa memadai untuk komputasi ringan
+ SSD dengan kapasitas 512GB
+ Keyboard backlit
+ Opsi upgrade RAM dan ruang penyimpanan
+ Sudah dengan Windows 11 dan Microsoft Office Home Student 2019

Kekurangan HP Laptop 14s-dk1524AU

– Warna pada panel layar kurang cemerlang
– Tidak ada opsi resolusi Full HD

HP Laptop 14s-dk1524AU cocok untuk:

Pelajar: Spesifikasi dan harga jual yang murah menjadikan laptop ini cocok untuk kebutuhan para pelajar.
Pekerja: Dimensi yang ringkas dan daya tahan baterainya yang cukup tahan lama masih bisa diandalkan untuk teman kerja di saat mobilitas. Spesifikasinya juga masih memadai untuk menjalankan beragam aplikasi Office.
Penikmat konten multimedia: Ruang penyimpanan SSD yang besar bisa digunakan untuk menyimpan beragam konten multimedia. Layarnya yang berukuran 14 inci juga cukup lega untuk menikmati konten multimedia.

Bisa dipilih untuk para pengguna yang mengincar laptop dengan Windows 11 murah untuk komputasi ringan dengan ruang penyimpanan SSD kapasitas besar.
7.6
Verified by MonsterInsights