Review Razer Nommo Pro

Reader Rating0 Votes
0
7.8

Satu alasan banyak gamer memakai headphone saat main game biasanya untuk menjaga ketenangan di rumah dan sekitarnya. Tapi untuk pengalaman main game yang seru, speaker Razer berikut ini menjanjikan keseruan yang lebih lagi.

Razer Nommo Pro merupakan speaker premium dengan beragam fitur penunjang gaming seperti tatanan lampu RGB yang dapat diatur, serta sertifikasi THX dan Dolby Audio.

Desain Razer Nommo Pro

Dari sisi desain, Razer Nommo Pro hadir dengan bentuk yang tidak mainstream seperti kotak speaker pada umumnya. Desain speaker subwoofer Nommo Pro kental dengan nuansa bentuk tabung. Jika subwoofer mirip seperti tabung besar, desain 2 speaker satelitnya mirip seperti tabung yang didudukkan di atas penyangga.

svg%3E

Desain satelitnya memang cukup ringkas dan tidak makan banyak tempat di meja, walaupun bobotnya cukup lumayan. Yaitu 2,35 kg per satelitnya. Masing-masing satelit dilengkapi kabel paracord yang tidak dapat dilepas. Kabel ini cukup tebal dan tidak mudah rusak, sebanding dengan harganya.

svg%3E

Unit subwoofernya tidak hanya besar, tapi juga punya bobot yang cukup berat. Semua kabel akan berpusat di bagian belakang subwoofer, termasuk tombol power dan kabel daya. Kualitas rancang bangun satelit dan subwoofernya amat baik, dengan warna hitam yang minimalis. Tidak perlu cemas jika speaker satelit terlihat standar, karena ada lampu RGB yang bisa diatur melalui aplikasi yang berpendar dari stand speaker satelitnya. Jadi jangan takut ada kesan norak dari gemerlap lampu speakernya.

Konektivitas Razer Nommo Pro

Kelengkapan konektivitas juga impresif. Anda bisa menghubungkan speaker ke PC melalui koneksi USB dan optical untuk suara lebih jernih atau koneksi jack audio 3.5mm biasa. Juga tersedia koneksi Bluetooth untuk menghubungkannya ke smartphone atau tablet.

svg%3E

Semua konektivitas tersebut bisa diatur melalui Control Pod berbentuk bulat. Terdapat dua tombol fisik di Control Pod ini, dengan tombol mute/unmute di bagian tengah serta tombol switch untuk memilih koneks. Bagian atas Control Pod ini dapat diputar untuk mengatur volume. Tingkat volume akan diindikasikan melalui jumlah titik lampu kecil yang melingkar dari kiri kekanan. putar ke kanan untuk membesarkan, dan ke kiri untuk mengecilkan volume.

Kualitas suara Razer Nommo Pro

Namun yang paling kami sukai dari Razer Nommo Pro adalah kualitas suaranya.

Speaker ini akan langsung menghadirkan soundstage yang luas dengan suara yang jernih dan dentuman bass yang dalam. Bermain game balap seperti Asphalt 9 di ponsel yang dihubungkan lewat jack audio, menjadi jauh lebih seru dan menyenangkan. Suara derungan mesin mobil balap benar-benar terasa hingga ke dada. Begitu juga suara ledakan saat bermain game FPS seperti Valorant dan sejenisnya. Vokal manusia juga terdengar jernih dan jelas sehingga membuat kita serasa berada di dalam game.

Beralih ke menonton film, Razer Nommo Pro juga berhasil menyulap ruangan kecil kami menjadi bioskop kecil. Kami mengujinya melalui koneksi USB ke PC dan hasilnya amat memuaskan. Suara percakapan terdengar jernih dengan posisi yang cukup akurat. Sedangkan suara dentuman bass juga terdengar mantap dan terasa di dada.

Hanya saja, kami menyarankan Anda memasang aplikasi Nommo Pro yang tersedia gratis untuk mengatur bass yang sering berlebihan dan tidak terkendali. Hal ini amat penting dan terasa saat mendengarkan lagu. Dentuman bass yang berlebihan ini sering menutupi detil suara penyanyi pada lagu. Sangat disayangkan mengingat tweeter Nommo Pro termasuk merdu untuk musik jazz yang didominasi vokal.

Kesimpulan Razer Nommo Pro

Razer Nommo Pro merupakan contoh speaker yang dirancang serius untuk keperluan gaming. Ini terlihat dari desain maupun fiturnya.

Untungnya, Razer tetap memperhatikan kualitas suaranya yang juga cocok bagi pecinta film. Dengan pengaturan yang pas, kualitas suaranya juga cocok untuk pecinta musik. Jadi bagi pengguna yang membutuhkan speaker keren dengan kualitas suara bagus untuk komputernya, serta tidak keberatan dengan harganya, Razer Nommo Pro bisa jadi pilihan. 

svg%3E

Kelebihan Razer Nommo Pro

  • Desain satelit speaker yang unik dan futuristik
  • Subwoofer amat bertenaga
  • Terdapat lampu RGB di satelit speakernya
  • Kualitas audio amat baik 
  • Terdapat Control Pod yang mempermudah akses pengaturan
  • Konektivitas lengkap
  • Aplikasi Nommo Pro mudah digunakan

Kekurangan Razer Nommo Pro

  • Subwoofer butuh tempat ekstra
  • Bass agak berlebihan dan kurang terkendali
  • Pengaturan audio harus melalui aplikasi
  • Harga premium.

Jadi Razer Nommo Pro cocok untuk siapa?

Pemain game di PC

Pemain game di PC yang menyukai suara dentuman menggelegar akan cocok menggunakan Razer Nommo Pro, apalagi jika suka memainkan game aksi, game simulasi pesawat dan mobil, serta game FPS. Pemain akan disuguhi suara menggelegar yang menempatkan pemain di tengah aksi. Tentunya jika tetangga Anda tidak keberatan merasakan dinding bergetar saat Anda bermain.

Pemain game konsol

Anda bisa menghubungkan Razer Nommo Pro ke televisi menggunakan koneksi audio 3,5mm, optical dan Bluetooth. Idealnya, koneksi optikal akan memberikan kualitas audio lebih baik.

Penikmat film

Jika hanya ingin suara keras dengan bass yang mantap, speaker ini sudah memadai. Sayangnya tidak ada dukungan Dolby Digital atau DTS untuk suara surround.

Penikmat musik

Subwoofer Razer Nommo Pro mampu menghasilkan bass yang amat bertenaga, tapi dengan mengorbankan kualitas. Suara bass yang agak berlebihan dari subwoofer ini harus dikurangi saat menikmati musik dengan vokal yang dominan seperti Jazz. Dengan setting dan jenis musik yang tepat, Razer Nommo Pro akan mampu memanjakan telinga Anda di tingkat volume yang sangat keras.

 

 

svg%3E
Desain
8.5
Fitur & Konektivitas
8
Kualitas suara
8
Harga
6.5
Reader Rating0 Votes
0
7.8
Verified by MonsterInsights