Samsung UFS 4.0: Standar Baru Memori Internal Ponsel dengan Performa Dua Kali Lebih Kencang

Samsung berhasil mengembangkan Universal Flash Storage (UFS) baru yakni UFS 4.0. UFS ini menawarkan performa yang lebih kencang dan akan menjadi standar baru untuk ruang penyimpanan ponsel.

svg%3E

Fitur Samsung UFS 4.0

Lalu seberapa cepat Samsung UFS 4.0? Menurut Samsung, UFS 4.0 mampu menawarkan kecepatan baca hingga 4200 MB/detik dan tulis hingga 2800 MB/detik. Dua kali lebih cepat jika dibandingkan generasi sebelumnya yakni UFS 3.1.

svg%3E

Keunggulannya yang lain ada di konsumsi daya. Samsung UFS 4.0 diklaim lebih irit daya. Hasilnya, Samsung UFS 4.0 akan mampu memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan performa ponsel.

Tidak hanya itu saja, UFS 4.0 juga mampu menawarkan kecepatan bandwith hingga 23.2Gbps per jalur. Secara teori kapasitas bandwith yang sangat besar tersebut menjadikannya sangat ideal untuk ponsel 5G yang membutuhkan pengolahan data dalam jumlah besar. Skenario penggunaan lain UFS 4.0 juga sangat ideal untuk perangkat AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) di masa yang akan datang. Kabar baik lain adalah soal kapasitas. Samsung UFS 4.0 nantinya akan tersedia dengan pilihan kapasitas hingga 1TB.

Ketersediaan Samsung UFS 4.0

Standar spesifikasi Samsung UFS 4.0 saat ini telah disetujui oleh JEDEC yang merupakan Asosiasi Teknologi Solid State. Samsung UFS 4.0 rencananya akan memulai debut perdana di kuartal ketiga tahun 2022. Samsung juga menggandeng beberapa pabrikan ponsel dan perangkat lain di seluruh dunia untuk mulai mengembangkan perangkat dan ekosistem agar adopsi UFS 4.0 bisa lebih cepat.

Verified by MonsterInsights