Lexus Umumkan RZ 450e, SUV Mewah Elektrik Pertamanya

Lexus meramaikan segmen mobil mewah elektrik. Mobil elektrik perdananya adalah Lexus RZ 450e yang hadir dengan gaya SUV.

svg%3E

Fitur Lexus RZ 450e

SUV mewah ini mengusung platform e-TNGA. Sama seperti saudaranya Toyota bZ4X. Platform yang sama juga digunakan mobil elektrik Solterra dari pabrikan Subaru.

svg%3E

Bedanya, Lexus RZ 450e hadir dengan sistem empat roda penggerak. Mengandalkan teknologi DIRECT4 System keempat rodanya digerakkan oleh dua motor penggerak. Roda depan dengan motor penggerak bertenaga 150 kW dan belakang dengan motor penggerak 80 kW. Kedua motor elektriknya ini bisa menghasilkan performa hingga 308 tenaga kuda. Lebih bertenaga dari Toyota bZ4X. Akselerasi dari 0-62 mph sekitar 5.6 detik.

svg%3E

Untuk asupan tenaganya Lexus RZ 450e ditenagai baterai dengan kapasitas 71.4 kWh. Baterainya tersebut bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga lebih dari 400 km untuk sekali isi ulang baterai.

svg%3E

svg%3E

Di sektor desain Lexus RZ 450e tetap mempertahankan desain mewah khas mobil Lexus. Atapnya mengusung gaya panoramik. Sementara, interiornya juga mewah dengan sistem informasi dan multimedia yang mengandalkan layar sentuh 14 inci.

 

svg%3E

Di konsol tengah tersedia dial putar untuk memilih mode berkendara. Satu hal yang menarik, Toyota menyediakan opsi stir One Motion Grip yang mirip stir pesawat. Jadi, tampilannya terlihat semakin futuristik.

svg%3E

Harga Lexus RZ 450e

Rencananya Lexus RZ 450e akan mulai dijual di pasaran Amerika akhir tahun 2022. Walau sudah diumumkan belum ada informasi lebih lanjut berapa harga jualnya nanti di pasaran.