Amazon IVS PoPs Resmi Hadir di Indonesia dan Filipina

Amazon Web Services (AWS) meluncurkan Amazon Interactive Video Service (Amazon IVS) Points of Presence, atau PoPs, di Jakarta dan Manila. Layanan ini diluncurkan untuk menjawab tren siaran langsung dan konsumsi konten video yang semakin banyak peminat di kawasan Asia Pasifik.

svg%3E

Amazon IVS PoPs

Amazon IVS adalah layanan terkelola sepenuhnya yang dikembangkan menggunakan teknologi live streaming seperti Twitch. Twitch sendiri adalah platform khusus konten game dan esports yang memudahkan para streamers untuk menyiapkan siaran langsung untuk aplikasi web dan ponsel dalam hitungan menit saja.

Amazon IVS PoPs di Jakarta dan Manila ini menerima dan mengirimkan streaming video melalui infrastruktur edge lokal yang sudah teroptimalisasi untuk ingestion, pemrosesan, dan pengiriman video.

svg%3E

Dengan cara ini, Amazon IVS PoPs bisa menghadirkan streaming video dan siaran langsung dengan tingkat latensi yang semakin rendah kepada pemirsa. Artinya, konten video dan siaran langsung bisa dinikmati dengan lebih mulus dan minim buffering.

Amazon IVS PoPs juga didukung dengan Software Development Kit (SDK) dan Application Programming Interface. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menambahkan fitur-fitur interaktif ke sesi live stream yang mereka gelar, seperti kolom chat virtual, voting dan polling, sesi tanya-jawab yang dimoderasi, maupun unsur-unsur promosi. Semuanya tanpa membebani pengalaman menonton langsung.

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah mengadopsi Amazon IVS PoPs adalah Traveloka. Traveloka menggunakan Amazon IVS untuk memenuhi kebutuhan live streaming konten yang berhubungan dengan Traveloka Flights, Hotels, Xperience, dan Eats. Dengan menggunakan Amazon IVS Player SDK, Traveloka juga dapat mengurangi latensi pada konten berbasis video hingga sebanyak 5 detik. Sementara, menggunakan Amazon IVS Broadcaster SDK, mitra content creator bisa melakukan siaran langsung di aplikasi Traveloka.