Ledger Nano S Plus: Dompet Fisik untuk Mengamankan Aset kripto

Menyimpan aset kripto di kripto exchange memang sangat berisiko dari kejahatan siber. Sebagai solusi untuk mengamankan aset kripto bisa menggunakan dompet fisik. Salah satunya adalah Ledger Nano S Plus.

Ledger Nano S Plus 1

Fitur Ledger Nano S Plus

Dompet fisik untuk menyimpan aset kripto ini hadir dengan rancangan yang mirip flash disk. Sangat ringkas dan mudah disimpan. Dimensinya 62.39 x 17.40 x 8.24mm dengan bobot hanya 21 gram. Untuk konektivitasnya mengandalkan USB-C. Menurut Ledger, Nano S Plus akan mengisi ruang antara Nano S yang merupakan varian paling murah dan Nano X varian paling mahal dengan fitur paling komplit.

Untuk fiturnya Ledger Nano S Plus bisa dibilang versi hemat dari Nano X. Jika dibandingkan Nano X, Nano S Plus tidak dilengkapi dengan baterai terintegrasi, koneksi Bluetooth, dan RAM yang lebih kecil. Untuk konektivitas ke ponsel, Nano S Plus hanya kompatibel dengan sistem operasi Android. Sementara, Nano X mendukung sistem operasi Android dan iOS.

Ledger Nano S Plus bisa menyimpan hingga 50 lebih dompet kripto populer. Ruang penyimpanan internalnya juga bisa menampung hingga 100 lebih aplikasi dan lebih dari 5500 aset kripto termasuk NFT. Fitur staking juga didukungnya untuk beberap koin seperti Polkadot (DOT), Cosmos (ATOM), Tron (TRX), or Tezos (XTZ). Untuk fitur keamanannya Nano S Plus telah dilengkapi dengan chip pengaman terintegrasi dengan sertifikasi CC EAL5+.

Harga Ledger Nano S Plus

Ledger Nano S Plus saat ini sudah tersedia dan dijual dengan harga US$79 atau sekitar satu jutaan Rupiah.