Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96

Sebagai jagoan terbaru OPPO yang sekaligus menjadi penawaran tertinggi di seri A saat ini, OPPO A96 memiliki sederet keunggulan yang membuatnya tampil cukup menggiurkan di kelasnya. Meski begitu, sebelum mengucurkan dana 4 jutaan rupiah untuk meminangnya, pastikan Anda sudah mengetahui soal beberapa hal dari ponsel ini yang perlu diperhatikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan dan kekurangan OPPO A96:

Kelebihan OPPO A96

1. Desain stylish dan cukup tangguh

svg%3E

 

OPPO kembali mengandalkan teknologi OPPO Glow yang melapisi penampang belakangnya. Selain stylish dan ukurannya cukup ramping untuk digenggam dengan satu tangan, kehadiran OPPO Glow sekaligus memungkinkan ponsel tidak mudah kotor (terutama oleh bekas jari) dan lebih tahan terhadap goresan.

Menariknya lagi, OPPO A96 dirancang sebagai ponsel yang lumayan tangguh untuk pemakaian jangka panjang. OPPO telah melakukan beragam pengujian, seperti 6 uji utama yaitu jatuh, tahan air, radiasi, lingkungan, dan gangguan sinyal. Bahkan, A96 telah mendapat rating IPX4 untuk ketahanan terhadap percikan air dan IP5X untuk ketahanan debu.

2. Layar 90Hz adaptive

OPPO A96 dipersenjatai layar punch-hole 6,59 inci Full HD+ dengan refreh rate 90Hz (touch sampling rate 180Hz) dan 96 persen NTSC Wide Color Gamut. Refresh rate-nya punya fungsi Adaptive yang ketika diaktifkan secara otomatis akan memilih antara 90Hz atau 60Hz sesuai kebutuhan.

svg%3E

3. Performa gesit, didukung ekspansi RAM

OPPO A96 kembali mempercayakan sektor performa pada chipset Qualcomm Snapdragon 680. RAM yang ditanamkan sebesar 8 GB, dan bisa diekspansi hingga 5 GB sehingga totalnya menjadi 13 GB. Urusan multitasking jelas tidak ada masalah berarti dengan RAM selega ini.

Menjalankan dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain terasa amat mulus. Untuk gaming pun masih oke. Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan frame rate yang stabil.

4. Storage besar

Untuk pertama kalinya di jajaran seri A yang dirilis di Indonesia, OPPO A96 menawarkan storage internal berkapasitas 256 GB. Menyimpan banyak aplikasi, games, foto, dan video tidak perlu khawatir memori cepat penuh. Kalau masih kurang, ada opsi menambahkan microSD hingga 1 TB.

5. Hasil foto tergolong baik

OPPO A96 dibekali kamera utama 50 MP f/1.8 yang ditemani kamera bokeh 2 MP f/2.4. Sementara di depan, ada kamera selfie 16 MP f/2.0. Untuk pemotretan di kondisi cahaya yang pas, kamera belakang dan depan dari OPPO A96 sama-sama mampu menghasilkan gambar yang tajam. Reproduksi warnanya juga cenderung sesuai aslinya namun tetap terlihat hidup alias tidak pucat. Dynamic range-pun sekilas cukup oke dalam menjangkau area yang agak gelap hingga yang paling terang.

portrait

IMG20220101220429

svg%3E

Pada mode Portrait, pemisahan antara objek utama dengan latar belakang tampak rapi dan halus. Efek bokehnya pun tampak natural, ibarat memakai lensa dengan bukaan lebar dan peran AI-nya tidak terlalu lebay. Untuk pemotretan indoor atau low light dengan kondisi cahaya minim yang tidak terlalu ekstrem, OPPO A96 masih mampu menyajikan foto yang apik.

6. Baterai besar dan 33W SuperVOOC

OPPO A96 dibekali baterai 5.000 mAh yang didukung teknologi pengisian daya cepat, 33W SuperVOOC. Daya tahannya tidak perlu diragukan lagi, yakni hingga seharian penuh atau bahkan 1,5 hari (tergantung gaya pemakaian). Untuk pengisian daya, teknologi 33W SuperVOOC dapat mengisi baterai A96 hingga penuh 100 persen (dari kondisi di bawah 10 persen) dalam waktu sekitar 70 menit saja.

svg%3E

7. Speaker stereo

Ya, A96 sudah dibekali speaker stereo dengan kualitas audio yang cukup mantap didengar.

8. Ada NFC

NFC tersedia. Cocok untuk Anda yang sering mengecek dan mengisi ulang saldo e-money.

9. Sudah dapat charger, tidak perlu beli terpisah

Dalam kotaknya, Anda sudah langsung mendapatkan charger yang mendukung 33W SuperVOOC. Kami hitung sebagai kelebihan karena belakangan ada brand yang tidak memberikan charger, dan harus beli terpisah jika membutuhkannya.

Kekurangan OPPO A96

1. Tanpa kamera ultra-wide

Kombinasi dual-camera di belakang sebenarnya sah-sah saja. Tapi ketiadaan lensa ultra-wide menurut kami patut jadi perhatian. Kami yakin, masih banyak pengguna yang sering menggunakan kamera sudut lebar untuk memotret pemandangan atau foto grup.

OPPO A96

2. Perekaman video belum didukung fitur stabilization

Karena tidak ada fitur stabilization, hasil video menjadi agak goyang ketika Anda merekam dengan kondisi berjalan.

3. Dengan harga di atas 4 jutaan, akan lebih menarik jika pakai chipset 5G

Snapdragon 680 adalah chipset yang cukup populer di ponsel kelas menengah saat ini. Performanya pun oke. Namun bakal lebih menggiurkan jika A96 lebih memilih untuk mengadopsi chipset 5G, mengingat harga jualnya sudah di atas 4,2 jutaan rupiah.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari OPPO A96. Bagi yang berminat, OPPO A96 dijual dengan harga Rp4.299.000 dan bisa dipesan mulai 7–15 April 2022 secara luring melalui jaringan OPPO Store serta toko–toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia. Pemesanan secara daring bisa melalui aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.

Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan senilai Rp1.359.000 berupa A96 Sound Box Bluetooth Speaker senilai 599 ribu rupiah secara terbatas dan selama persediaan masih ada. Potongan harga sebesar 300 ribu rupiah khusus untuk pembelian bundling dengan OPPO Watch Free.

Verified by MonsterInsights