5 Keuntungan Beli Laptop di Toko Offline

Di era serba online seperti sekarang ini, kebiasaan masyarakat pun sudah banyak berubah dalam urusan berbelanja. Semua bisa dibeli langsung dari smartphone. Tidak perlu keluar rumah, bayar lewat mobile banking atau e-wallet, dan barang akan diantar sampai ke depan pintu.

Yang mungkin masih menjadi keraguan konsumen, bagaimana bila kita membeli barang seperti laptop? Sebenarnya aman-aman saja, asalkan Anda memilih toko online yang terpercaya dan bergaransi resmi. Meski begitu, harus diakui bahwa hingga sekarang masih ada beberapa keuntungan yang hanya dapat Anda nikmati ketika membeli laptop secara offline, alias datang langsung ke toko.

1. Ada potensi dapat harga lebih murah

Banyak yang beranggapan membeli laptop di e-commerce lebih murah karena banyak promo. Tentu benar. Tapi membeli di toko offline pun memiliki potensi untuk mendapatkan harga yang lebih ramah kantong. Di beberapa toko kita masih diperbolehkan untuk negosiasi atau menawar harga. Kalau cocok, baru bayar. Yang perlu diingat, pastikan barang yang dibeli bergaransi resmi dan jangan mudah tergiur saat diberikan harga murah.

Beli Laptop

Selain itu, membeli barang secara online artinya kita harus siap mengeluarkan dana untuk pengiriman. Laptop pastinya bukan produk yang bisa dikirim sembarangan. Selain lumayan berat, pengiriman antar kota atau pulau disarankan menambahkan bubble wrap, packing kayu, dan asuransi agar laptop aman sampai tujuan. Itu artinya, ada biaya ekstra di sini. Sementara jika membeli laptop secara offline, Anda hanya perlu ongkos menuju toko terdekat.

2. Proses cepat, tidak perlu menunggu barang

Membeli laptop di toko offline prosesnya bisa lebih cepat karena Anda tidak perlu menunggu barang datang. Datang ke toko, bayar, dan bawa pulang laptop idaman Anda. Sementara saat membeli secara online, Anda harus menunggu pesanan diproses dan dikirim oleh toko yang biasanya memakan waktu 1 atau 2 hari (bahkan bisa lebih, tergantung lokasi dan layanan yang dipilih). Akan lebih cepat jika menggunakan jasa transportasi online seperti Gojek/Grab, tapi biayanya lebih mahal kalau lokasi toko terlalu jauh dari rumah.

3. Relatif lebih aman karena langsung dibawa pulang

svg%3E

Keuntungan lainnya membeli laptop di toko offline adalah relatif lebih aman, karena barang langsung dibawa pulang. Artinya, Anda punya kendali penuh terhadap keamanan laptop yang Anda beli sampai tiba di rumah. Alasan yang mungkin masih diterapkan sebagian konsumen di Indonesia karena merasa was-was saat membeli barang mahal secara online.

4. Bisa langsung coba produk

Toko offline biasanya menyediakan produk display yang bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Setelah itu, Anda juga bisa langsung menguji laptop yang Anda beli begitu dibuka dari kotaknya. Kalau menemukan masalah atau kondisinya kurang sempurna, Anda dapat langsung meminta pergantian unit baru saat itu juga.

svg%3E

5. Bisa tanya jawab dengan pegawai toko

Apabila Anda bukan termasuk orang yang paham betul mengenai hardware dan software pada laptop, mendatangi toko merupakan opsi yang lebih bijak. Langsung lakukan tanya jawab dengan pegawai toko untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci sebelum membeli. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan.