Mobile GadgetNewsSmartphone

Bawa Fitur Expert RAW, Samsung Rilis Update One UI 4.1

Samsung mengumumkan kehadiran update sistem operasi One UI 4.1 untuk lebih banyak perangkat Galaxy, termasuk yang meluncur tahun-tahun sebelumnya. Seperti diketahui, One UI 4.1 pertama kali muncul bersamaan dengan Galaxy S22 Series. Apa saja perangkat Galaxy yang kebagian pembaruan perangkat lunak ini?

Daftar perangkat Galaxy yang menerima update One UI 4.1

One UI 4.1

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Rabu (23/3), Samsung menjelaskan bahwa update ini akan dimulai dengan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Beberapa smartphone lainnya seperti Galaxy S21 Series, rangkaian Galaxy A Series, serta tablet Galaxy Tab S7 FE juga akan kebagian update.

Bagi yang memiliki perangkat dengan tahun rilis lebih lama tidak perlu khawatir. Samsung memastikan juga akan memberikan update serupa untuk Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, S20 FE 5G, Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Fold, Galaxy Z Flip, Galaxy Note20, Note20 Ultra, Note10+, Galaxy S10, dan sebagainya.

Fitur One UI 4.1

Salah satu fitur menarik yang dibawa One UI 4.1 adalah aplikasi Expert RAW. Serupa dengan yang ada pada Galaxy S22 Series, Expert RAW memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman yang mirip DSLR dengan dengan kontrol penuh terhadap lensa dan pengaturan kamera. Pengguna pun bisa menyunting foto dan menyimpan file dalam format JPG dan juga DNG.

Galaxy S22 Ultra 5G Nightography 3

Perlu digarisbawahi, Expert RAW saat ini hanya terbatas pada S21 Ultra dan S22 Series. Nantinya, fitur ini bakal meluncur untuk Galaxy Z Fold3 pada April 2022, dan menyusul kemudian untuk S20 Ultra, Note 20 Ultra, dan Galaxy Z Fold2.

Sementara Object Eraser sesuai namanya memudahkan penyuntingan foto dengan menghapus obyek, orang, bayangan, atau pantulan di latar belakang yang mengganggu kesempurnaan foto. Sebagai bagian dari pembaruan, pengguna juga dapat menikmati Quick Share, fitur untuk mengirim banyak foto, video, dan file sekaligus.

Selain itu ada juga Google Duo Live Sharing yang memungkinkan berbagi layar dengan teman untuk melihat foto di Gallery bersama, meninjau kembali kenangan berharga bersama, berbagi layar browser, hingga berkolaborasi di Samsung Notes saat melakukan video call.

Samsung bekerja sama dengan Grammarly untuk membuat keyboard yang lebih cerdas, bukan sekadar menemukan kesalahan pengetikan. Grammarly dapat memberikan ide untuk meningkatkan kejelasan kalimat, menemukan sinonim yang menarik, menulis dengan lancar, dan banyak lagi untuk meningkatkan kualitas tulisan.

 

Back to top button