DJI Matrice M30 Series: Standar Baru Drone Komersial yang Lebih Ringkas dan Canggih

DJI menaikkan standar drone komersial. Lewat Matrice M30 Series, DJI menghadirkan drone komersial dengan desain lipat yang ringkas tanpa kompromi pada performa dan fiturya.

svg%3E

Fitur DJI Matrice M30 Series

DJI Matrice M30 Series hadir dengan desain lipat khas lini Mavic. Bobotnya hanya sekitar 3,7 Kg. Ada dua keunggulan dari desainnya yang ringkas ini. Pertama, lebih mudah diajak berpergian dan kedua waktu persiapan akan lebih singkat.

svg%3E

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna Matrice M30 Series tersedia dua model. Matrice M30 dan Matrice M30T. Beda keduanya ada di modul kameranya.

Matrice M30 membawa modul kamera ganda. Kamera utamanya hadir dengan sensor CMOS 1/2 inci yang resolusinya 48 megapixel. Lensa yang dibawanya mendukung kemampuan hingga 16x zoom optikal dan 200x zoom digital. Kamera utamanya ini sanggup merekam video hingga resolusi 4K 30fps dan menghasilkan foto di resolusi 8K.

Sementara, kamera kedua hadir dengan sensor 12 megapixel dan lensa sudut lebar. Kamera keduanya ini juga didukung dengan laser rangefinder. Fitur ini berguna untuk mengenali obyek dan penentuan posisi dari jarak hingga 1,2 Km. Untuk DJI Matrice M30T konfigurasi kameranya sama dengan M30 Series. Tapi, di Matrice M30T ada tambahan kamera thermal radiometrik yang resolusinya 640 x 512 pixel.

svg%3E

Sebagai drone komersial rancangannya juga tangguh dengan peringkat IP55. Jadi, tahan di kondisi sangat ekstrim seperti hujan berat, angin kencang, hingga di kondisi hujan es atau salju. DJI Matrice M30 Series tahan di temperatur -20 hingga 50 derajat celcius. Remot kendalinya, DJI RC Plus remote, juga dirancang tangguh dengan standar IP54.

svg%3E

svg%3E

Selain itu, yang membedakan Matrice M30 series dengan drone kelas consumer seperti DJI Mavic ada di sistem keamanannya. Drone ini membawa enam sensor yang berguna untuk menghindari rintangan dari segala arah. Tersedia juga dukungan sistem backup otomatis dan bisa mendarat dengan sempurna meski hanya menggunakan tiga baling-baling. Untuk konektivitasnya Matrice M30 series mengandalkan empat antenna OcuSYnc 3 dan dukungan jaringan LTE.

Baterai inovatif dengan dukungan sistem docking

svg%3E

DJI Matrice M30 series didukung baterai TB30. Baterai ini mengusung rancangan self-heating atau pemanasan mandiri. Jadi, tetap aman digunakan sekalipun di kondisi dingin. Baterainya ini menawarkan durasi terbang hingga sekitar 41 menti.

Untuk isi ulang baterainya bisa melalui charging case BS30. Case ini mendukung fitur isi ulang cepat. Dari 20% hingga 90% bisa dilakukan sekitar 20 menit saja.

Fitur paling menarik dari Matrice M30 series adalah dukungan sistem docking bernama DJI Dock. DJI Dock adalah solusi docking otonom yang sangat canggih dan belum pernah ada sebelumnya.

svg%3E

DJI Dock memungkinkan penerbangan terprogram yang sepenuhnya otomatis dengan Matrice M30 Series. Menurut DJI, ini adalah solusi yang tepat untuk mengirim drone ke lokasi tertentu dan bisa dipantau dari jarak jauh hingga radius sekitar 7 Km. Jika misi sudah selesai drone bisa kembali otomatis ke DJI Dock untuk isi ulang baterai. Fitur isi ulang cepat, sekitar 25 menit drone bisa siap untuk terbang lagi.

Untuk rancangannya sendiri DJI Dock dirancang tahan debu dan air dengan peringkat IP55. Bagian dalamnya juga memiliki ketahanan yang sama dengan peringkat IP67. Fitur menarik lain adalah kendali iklim. Berkat fitur ini DJI Dock bisa memastikan temperatur baterai selalu di suhu ideal sekalipun berada di kondisi suhu ekstrim.

Harga DJI Matrice M30 Series

DJI Matrice M30 Series rencananya akan tersedia di kuartal keempat tahun 2022. Harga DJI Matrice M30 US$10000 dan Matrice M30T US$14000.

Verified by MonsterInsights