Toyota All New 2023 bZ4X: Mobil Elektrik Pertama Toyota dengan Baterai Inovatif

Rencananya di tahun ini pabrikan Toyota akan merilis mobil elektrik pertamanya yang bernama bZ4X. Sederetan persiapan pun dilakukan oleh Toyota. Termasuk, menyempurnakan baterai dengan menggandeng pabrikan Panasonic dan mengumumkan nama resminya yakni All New 2023 bZ4X.

svg%3E

Fitur Toyota All New 2023 bZ4X

Pabrikan Panasonic dipilih juga bukan tanpa alasan. Baterai besutan Panasonic telah menjadi sumber tenaga untuk mobil elektrik Tesla yang digawangi oleh Elon Musk.

svg%3E

Baterai memang sektor paling krusial pada mobil elektrik. Pasalnya, baterai mobil elektrik banyak mengadopsi beragam teknologi fitur isi ulang cepat. Cepat atau lambat teknologi tersebut memang bisa berdampak pada kesehatan baterai.

svg%3E

Nah, baterai yang dikembangkan Toyota dan Panasonic ini berbeda. Inovasi baterai Toyota dilengkapi dengan teknologi coolant atau pendingin khusus. Teknologi pendingin tersebut tidak mudah menghantarkan listrik. Dampaknya penurunan kapasitas baterai bisa ditekan. Menurut Toyota, baterai tetap akan memiliki kapasitas hingga lebih dari 90% setelah 10 tahun penggunaan. Peningkatan pada ketahanan baterainya ini jelas akan menjadi keunggulan Toyota All New 2023 bZ4X dibandingkan mobil elektrik lain.

svg%3E

svg%3E

Untuk spesifikasinya Toyota All New 2023 bZ4X mengusung platform BEV yang dikembangkan dari arsitektur modular e-TNGA dari Toyota. Platform ini mengedepankan rancangan baterai yang sangat tipis dan E-axle terintegrasi. Sementara, motor elektrik, inverter dan transaxle disatukan menjadi satu modul terpisah. Modul ini juga sama seperti yang digunakan di mobil listrik Subaru Solterra.

svg%3E

Toyota All New 2023 bZ4X akan tersedia dengan dua model. Model FWD menggunakan motor elektrik tunggal 150kW dan baterainya bisa digunakan dengan estimasi jarak tempuh sekitar 402 Km. Sementara, model AWD menggunakan motor elektrik ganda 2 x 80kW.

Sekilas spesifikasi Toyota All New 2023 bZ4X:
svg%3E

Harga Toyota All New 2023 bZ4X

svg%3E
Belum ada informasi lebih lanjut berapa harga Toyota All New 2023 bZ4X nanti di pasaran. Kendati demikian, Toyota juga sudah mengumumkan siap menggandeng platform EVGo dan memberikan gratis isi ulang baterai selama 1 tahun. Platform EVGo di Amerika saat ini telah memiliki lebih dari 1200 stasiun pengisian daya di 35 negara bagian.