Kelebihan dan Kekurangan OPPO A76

OPPO A76 hadir di Indonesia untuk para pengguna yang menginginkan smartphone stylish dengan daya tahan baterai mumpuni, serta kemampuan pengisian daya yang cepat. Harganya, Rp3.399.000, dan sudah bisa dibeli baik secara online maupun offline.

Nah, jika Anda tertarik untuk meminang OPPO A76 dalam waktu dekat, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan OPPO A76:

1. Desain stylish dengan OPPO Glow

OPPO A76

OPPO A76 tampil cukup elegan dengan bodi yang dilapisi OPPO Glow. Selain sedap dipandang, OPPO Glow juga mampu melindungi bagian cover belakang dari goresan. Selain itu, lapisan ini tidak mudah menempel bekas jari sehingga tidak gampang terlihat kotor.

Smartphone ini terasa nyaman digenggaman dan masih ideal untuk dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya pun tahan terhadap cipratan air. A76 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Glowing Black dan Glowing Blue.

2. Seri A pertama yang didukung 33W SuperVOOC

Ya, OPPO A76 adalah anggota seri A pertama yang dibekali teknologi 33W SuperVOOC. Mengisi daya selama 5 menit memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon hingga sekitar 3,5 jam, atau mengakses YouTube selama 2 jam 10 menit. Bahkan untuk sampai ke 50 persen hanya butuh waktu 31 menit saja.

svg%3E

Rahasianya, OPPO membenamkan sistem 2 cell baterai yang masing-masing berkapasitas 2.500 mAh. Dengan begitu proses pengisian daya menjadi jauh lebih efisien. Logikanya, dibanding mengisi satu baterai 5.000 mAh, tentu akan lebih cepat jika mengisi dua baterai 2.500 mAh secara simultan. Keamanan selama melakukan charging pun tidak perlu diragukan.

3. Baterai awet, bisa sampai 2 hari (tergantung gaya pemakaian)

Baterai 5.000 mAh pada A76 terbilang awet berkat komposisi hardware yang lebih efisien, serta manajemen daya yang amat baik dari ColorOS 11. Sangat mudah untuk beraktivitas seharian penuh dengan OPPO A76 tanpa harus mengisi daya di siang atau sore hari. Bahkan, biasanya durasi pemakaian dapat mencapai 1,5 atau 2 hari jika tidak terlalu intens.

4. Layar 90Hz

Layarnya berukuran 6,56 inci HD dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling. Dengan refresh rate tinggi, gerakan gambar pada layar bakal terlihat lebih mulus. Sementara touch sampling 180Hz memberikan responsivitas baik dan amat bermanfaat pada skenario penggunaan seperti bermain game.

svg%3E

5. Snapdragon 680 6nm yang hemat daya

svg%3E

OPPO A76 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang menggunakan fabrikasi 6nm. Jadi selain kencang, chipset ini menawarkan efisiensi daya yang 20 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Snapdragon 680 dibekali CPU berkecepatan hingga 2.4GHz, dan GPU Adreno 610.

Untuk penggunaan sehari-hari kinerja ponsel ini sudah amat memadai. Gesit untuk menjelajah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, dan asyik untuk multitasking. Kalau mengacu pada hasil benchmark-nya, performanya sedikit di atas ponsel yang dibekali Snapdragon 662 atau 665.

Pengalaman gaming yang saya rasakan pun cukup menyenangkan. Memang, A76 bukan ponsel paling kencang di kelas harganya. Tapi setidaknya, saya masih bisa bermain game-game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile dengan lancar pada pengaturan grafis tertentu.

6. Ada fitur RAM Expansion hingga 5 GB

Bagi yang gemar multitasking, OPPO menyediakan fitur RAM Expansion yang dapat menambah kapasitas RAM hingga 5 GB. RAM bawaannya 6 GB, jadi total bisa sampai 11 GB.

Kekurangan OPPO A76:

1. Resolusi layar HD+ saja

Walaupun di satu sisi layar HD+ lebih hemat daya dan membuat kinerja ponsel terasa lebih ringan, tentunya kalau dibandingkan ponsel pesaing ketajamannya masih agak tertinggal.

svg%3E

2. Tidak ada kamera ultra-wide

OPPO A76 menawarkan kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor utama 13 MP f/2.2 dan portrait 2 MP. Tidak ada kamera ultra-wide yang belakang mudah ditemukan di berbagai ponsel 3 jutaan rupiah.

3. Hasil foto masih bisa ditingkatkan lagi lewat software upgrade

Hasil foto dari kamera A76 masih sangat memadai untuk dipamerkan di media sosial. Meski begitu, di beberapa kondisi OPPO masih bisa meningkatkannya lagi melalui update software. Misalnya untuk mode malamnya maupun mode AI.

4. Speaker mono

Speaker belum stereo, hanya satu yang letaknya di bawah.

5. Akan lebih menarik jika sudah dibekali NFC

Kalau Anda termasuk pengguna yang sering memanfaatkan fitur NFC di smartphone, sayangnya A76 belum memilikinya.

Verified by MonsterInsights