Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)NewsTech News

DANA Prioritaskan Keamanan Untuk Antisipasi Kejahatan Siber

Di Indonesia adopsi teknologi finansial berkembang dengan pesat. Namun, sayangnya tingkat literasi digital dan kepercayaan masyarakat terhadap kejahatan siber dan keamanan data masih minim. Hal ini diungkapkan DANA lewat sesi DANA Tech Talk 2022 hari ini dengan tema “Enabling Digital Financial Trust with Advanced Security Technology.”

DANA Tech Talk 1

Sistem Keamanan di atas rata-rata industri global

Untuk mengantisipasi beragam serangan dan kejahatan siber, DANA saat ini telah mengimplementasikan beragam upaya untuk meningkatkan sistem keamanannya. Dengan begitu, diharapkan bisa membangun kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan digital.

Perlu diketahui sistem keamanan DANA telah dibuktikan dengan Security Score Card untuk mengukur postur keamanan domain dari penilai independen. Hasilnya, sistem keamanan DANA telah berhasil mencapai peringkat teratas dengan nilai A. Postur keamanan domain diukur dari 10 komponen keamanan dan skor DANA saat ini berada di atas rata-rata industri global. Sebelumnya, di tahun 2021, DANA mengawali Security Score Card dengan nilai B.

Tidak hanya itu saja, DANA juga melakukan beragam identifikasi secara berkala di berbagai aspek. Mulai dari program kampanye yang sedang berjalan, produk, media sosial, maupun mitra untuk memitigasi risiko kemungkinan terjadinya ancaman.

Perlindungan pengguna

Dari sisi keamanan pengguna, DANA juga menerapkan kebijakan zero data sharing. Atau, data pengguna tidak akan dibagikan. DANA juga menerapkan fitur pengaman dengan penggunaan teknologi PIN hingga verifikasi wajah yang dikembangkan sendiri yaitu DANA VIZ (Visual Identity Authorization), dan mengimplementasikan standar ISO dan PCI-DSS secara berkala. Tidak ketinggalan, DANA Protection yang akan menjamin pengembalian uang pengguna apabila terjadi kegagalan dalam transaksi.

Fath Ade Surya, VP Risk Management DANA mengatakan, saat ini DANA telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna, 5.000 online merchants, dengan rata-rata transaksi mencapai 7 juta transaksi per hari, yang melibatkan lebih dari 8.500 sistem TI, 200 aplikasi dan 300 application programming interface (API). DANA berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan menjaga kerahasiaan transaksi serta data-data penggunanya sesuai values perusahaan yaitu Trusted, Friendly, dan Accessible.

Back to top button