OPPO 150W SuperVOOC: Mampu Mengisi Daya 100 Persen dalam 15 Menit dan Didukung Battery Health Engine

Pada ajang Mobile World Congress 2022 di Barcelona, Spanyol, OPPO memperkenalkan teknologi pengisian daya terbarunya yang diberi nama 150W SuperVOOC Flash Charge. Tidak hanya mampu melakukan charging secara cepat, teknologi ini juga didukung Battery Health Engine. Seperti apa?

150W SuperVOOC dan Battery Health Engine

150W SuperVOOC

OPPO mengklaim, 150W SuperVOOC mampu mengisi daya dari 1 persen hingga 50 persen hanya dalam waktu 5 menit saja. Sementara untuk bisa penuh hingga 100 persen, waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit saja! Pada prototipe ponsel yang digunakan untuk pengujian, kapasitas baterainya 4.500 mAh.

Charger 150W-nya sendiri mengadopsi teknologi GaN, yang memungkinkan dimensinya hanya 58 x 57 x 30 mm dengan bobot 172 gram saja. Kalau dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yakni 65W SuperVOOC, ukuran charger-nya kurang lebih sama.

Charger baru ini juga sudah mendukung standar USB Power Delivery dan protokol PPS yang dipakai oleh ponsel, laptop, serta gadget lainnya. Selain itu-, output-nya adalah 7.5A di 20V. Di dalam ponsel ada dua battery cell yang masing-masing memiliki pompa pengisian daya, dan akan mengubah arus listrik menjadi 5V/15A untuk mengisi kedua baterai.

Yang jadi pertanyaan, dengan kemampuan pengisian daya yang semakin cepat, apakah baterainya tidak cepat rusak? Sebagai jawaban, OPPO memperkenalkan Battery Health Engine yang memiliki sebuah chip khusus untuk mengelola baterai. Dalam pengujian lab, baterai diklaim mampu bertahan hingga 1.600 kali charging penuh, sebelum nantinya kualitas baterai menurun menjadi 80 persen.

svg%3E

svg%3E

OPPO juga mengandalkan algoritma Smart Battery Health yang secara rutin memantau elektroda negatif untuk meminimalisir ion lithium mati yang terperangkap dan tidak bisa membawa muatan. Kehilangan lithium berarti mengurangi kapasitas baterai.

Teknologi lainnya yang tidak kalah canggih adalah Battery Healing. Sesuai namanya, teknologi ini akan terus memperbaiki lapisan Solid Electrolyte Interface saat baterai sedang diisi maupun sebaliknya. Dengan begitu, Battery Healing akan menjaga elektroda dalam kondisi baik dan memperpanjang umur baterai.

Siap hadirkan 240W SuperVOOC

Selain 150W SuperVOOC, OPPO juga tengah mempersiapkan 240W SuperVOOC yang diklaim mampu mengisi ponsel dengan baterai 4.500 mAh hingga 100 persen hanya dalam waktu 9 menit saja. Sayangnya teknologi ini masih bersifat demo saja. Simak video berikut jika penasaran dengan 240W SuperVOOC: