Panasonic Lumix DC-GH6: Kamera Mirrorless Pertama dengan Sensor MFT 25 Megapixel

Panasonic Lumix GH-Series adalah kamera mirrorless dengan sensor MFT (Micro Four Third) yang fokus untuk videografi. Memasuki generasinya yang keenam, Panasonic Lumix DC-GH6, semakin canggih dengan sederetan fitur dan teknologi baru yang dibawanya.

svg%3E

Fitur Panasonic Lumix DC-GH6

Panasonic Lumix DC-GH6 menjadi kamera mirrorless dengan sensor Micro Four Third (MFT) pertama yang membawa sensor 25.2 megapixel. Sensornya tersebut tidak dilengkapi filter LPF (Low Pass Fillter). Jadi, bisa memroses gambar resolusi tinggi yang lebih minim efek moire, dynamic range lebih luas dan meminimalkan rolling shutter saat perekaman video.

svg%3E

Sensornya tersebut disokong prosesor Venus Engine terbaru. Menariknya, Panasonic menambahkan kipas pendingin di kamera ini. Secara teori berkat kipas pendingin tersebut Lumix DC-GH6 dimungkinkan untuk merekam video resolusi tinggi dengan lebih lama.

svg%3E

Untuk kemampuan rekam videonya Panasonic Lumix DC-GH6 bisa merekam video hingga resolusi 5.7K/30p. Lumix DC-GH6 juga menjadi kamera Lumix pertama yang bisa merekam di format Apple ProRes 422 HQ. Di resolusi lebih rendah Kamera ini bisa merekam di format 10 bit 4:2:2 hingga resolusi 4K/60p, 10-bit 4:2:0 hingga resolusi 4K/120p dan video Full HD 1080/240p. Perekaman video dengan frame rate variabel juga didukungnya hingga resolusi 1080/300p. Fokus di videografi tidak ketinggalan hadir dukungan V-Log/V-Gamut. Fitur ini menawarkan perekaman video dengan dynamic range hingga 13+ stop. Selain itu, modus videonya turut mendapat dukungan fitur penstabil 5 axis langsung dibodinya.

svg%3E

Di sektor autofocus Lumix GH6 tetap membawa teknologi autofocus Depth from Defocus (DFD) andalan Panasonic. Didukung dengan prosesor Venus Engine terbaru dan algoritma autofocus yang telah ditingkatkan, kinerja autofocus kamera ini diklaim lebih cepat dan bisa mengenali serta melacak subyek lebih baik.

svg%3E

Untuk fitur lain Lumix DC-GH6 bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 14 fps di mode AF-S, dilengkapi layar fleksibel 3-inci yang sama dengan Lumix S1H, dan membawa jendela bidik OLED elektronik. Kamera ini juga menyediakan dua slot kartu memori yang salah satunya mendukung kartu memori CFexpress Type B. Lewat pembaruan firmware kedepannya Panasonic menjajikan fitur perekaman video langsung ke SSD lewat port USB-C serta perekaman video di format ProRes DCI 4K dan Full HD.

Harga Panasonic Lumix DC-GH6

Panasonic Lumix DC-GH6 tersedia mulai pertengahan Maret 2022. Harga Panasonic Lumix DC-GH6 untuk bodi saja US$2199.