Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci

svg%3E
8
Cek Harga

Monitor berukuran besar biasanya dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Seperti kebanyakan produk mereka sebelumnya, Xiaomi kembali mencoba menawarkan solusi melalui perangkat terbarunya yang bernama Mi Desktop Monitor 27 Inci.

Seperti apa keunggulan dari monitor yang dibanderol kurang dari 2,5 juta rupiah ini? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Desain minimalis yang modern

Sesuai namanya, Mi Desktop Monitor 27 Inci punya ukuran 27 inci. Lebih besar dari monitor Xiaomi sebelumnya, Mi Desktop Monitor 1C yang berukuran 23 inci. Kalau pernah lihat produk yang satunya itu, Anda pasti akan langsung familiar dengan desain Mi Desktop Monitor 27 Inci.

Mi Desktop Monitor 27 Inci

Menurut saya desainnya lebih ke arah modern minimalis. Bodinya cukup ramping dan materialnya terasa kokoh terutama pada bagian stand atau kakinya yang menggunakan bahan metal, lengkap dengan karet di bawahnya agar tidak mudah bergeser. Warnanya dominan hitam dengan finishing matte yang tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Jika melihat lembar spesifikasi, Mi Desktop Monitor 27 Inci punya bobot sekitar 2,7 kilogram. Wajar karena ukurannya memang besar. Tapi bagi saya, monitor ini masih terasa enteng dan amat mudah untuk dipindahkan. Yang pasti Anda wajib menyiapkan meja yang agak lebar untuk menampungnya. Kakinya sendiri terbilang langsing jadi tidak makan banyak tempat, namun mampu menyangga monitor dengan mantap.

svg%3E

Ketika pertama kali dikeluarkan dari dusnya, Mi Desktop Monitor 27 Inci menawarkan kepraktisan untuk memasang penyangganya. Sangat mudah tapi tetap harus memakai obeng. Perlu diketahui bahwa setelah kakinya terpasang, Anda hanya bisa mengatur sudut monitor ke atas dan ke bawah saja. Ketinggiannya tidak bisa diutak-atik.

Bagaimana dengan bezelnya? Tipis di bagian atas, kiri, dan kanan. Seperti pada kebanyakan monitor lainnya di pasaran, bezel bagian bawah lebih tebal dan punya satu lampu indikator di sebelah kanan. Dalam kondisi mati, saya mengira bezel atas dan samping ini sangat tipis. Tapi ternyata, masih ada bar hitam yang baru terlihat setelah dinyalakan.

svg%3E

Kelengkapan port dan tombol

Mi Desktop Monitor 27 Inci memiliki 1 port HDMI 1.4, 1 port VGA (D-Sub), 1 port audio jack 3.5mm, dan sebuah port untuk daya. Memang tidak ada yang istimewa. Meski terbatas, bagi saya pribadi sebenarnya sudah memadai. Kalau Anda ingin menghubungkan dua perangkat melalui port HDMI, Anda bisa membeli aksesori yang disebut HDMI switcher.

svg%3E

Semua port terletak di sebelah kanan belakang. Sejajar dengan beberapa port itu, ada tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai joystick untuk mengakses beragam pengaturan. Sayangnya tidak ada fitur manajemen kabel yang menurut saya bakal membuat monitor ini lebih menggiurkan, terutama jika ingin meja kerja terlihat lebih rapi dari gangguan kabel.

Oh iya, ada satu kabel HDMI gratis dalam paket penjualan.

svg%3E

Panel IPS 75Hz

Perlu digarisbawahi, Mi Desktop Monitor 27 Inci bukan monitor gaming. Target penggunaannya lebih ke pemakaian sehari-hari untuk produktivitas maupun hiburan. Itu sebabnya, Anda tidak perlu berharap akan menemukan refresh rate tinggi maupun response time rendah di sini.

Yang cukup menarik, Mi Desktop Monitor 27 Inci sudah mengadopsi panel IPS. Resolusinya Full HD alias 1920 x 1080 pixel. Secara default, pengaturan refresh rate berada di 60Hz. Namun ternyata kita bisa meningkatkannya hingga 75Hz lewat pengaturan di Windows. Nah, mungkin ada yang belum tahu, refresh rate 75Hz ini hanya bisa dicapai jika memakai interface HDMI.

svg%3E

Untuk penggunaan sehari-hari, monitor dengan response time 6ms bagi saya sudah cukup memuaskan. Tingkat kecerahannya juga terbilang baik, dan warna yang disajikan lumayan oke dengan color gamut 100 persen sRGB. Kalau untuk editing foto dan video standar (bukan profesional yang butuh akurasi warna sempurna), Mi Desktop Monitor 27 Inci masih ideal.

Sudut pandangnya pun terbilang luas, 178 derajat. Saya tidak merasa ada penurunan kualitas gambar yang signifikan saat memandangnya dari samping, atas, atau bawah. Dengan begitu, saat digunakan bekerja atau menonton film posisi saya tidak harus tegak lurus demi mendapatkan tampilan yang baik.

Bagi saya, ukuran layar 27 inci juga memberikan pengalaman bekerja yang lebih menyenangkan. Saya bisa langsung membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus dalam satu layar, sehingga multitasking terasa lebih lancar. Untuk gaming pun oke. Refresh rate 75Hz sudah mencukupi ketika ingin memainkan game AAA.

svg%3E

Perlu diketahui pula bahwa Mi Desktop Monitor 27 Inci menawarkan beberapa mode yang bisa Anda akses lewat joystick di belakang. Ada Game Mode juga, yang sepenglihatan saya, hanya meningkatkan brightness dan kontras saja. Yang patut dicoba adalah Low Blue Light Mode. Lumayan membantu agar mata tidak cepat lelah saat bekerja. Menurut Xiaomi, fitur Eye Protection pada monitor ini telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland.

Monitor 27 inci murah

Ya, Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci termasuk dalam jajaran monitor IPS 27 inci paling murah yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Bukan satu-satunya di kelas harganya, namun tetap menjadi opsi menggiurkan yang wajib dipertimbangkan. Mi Desktop Monitor 27 Inci sangat ideal bagi Anda yang punya budget terbatas, dan menginginkan monitor entry-level berukuran besar sebagai layar utama desktop atau layar eksternal untuk laptop.

Bagi yang berminat, Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci dijual dengan harga Rp2.499.000.

Kelebihan Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci:

  • Panel IPS 27 inci
  • Refresh rate 75Hz
  • 100 persen sRGB
  • Desain minimalis, cocok untuk ruang kerja modern
  • Fitur Eye Protection agar mata tidak cepat lelah
  • Harga relatif murah

Kekurangan Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci:

  • Port agak terbatas
  • Akan lebih menarik jika ada fitur bawaan untuk merapikan kabel

Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Dengan ukuran yang lebar, monitor ini cocok untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah/kampus.
  • Karyawan yang WFH: Terkadang bekerja di rumah dengan layar laptop yang kecil bikin cepat lelah. Mi Desktop Monitor 27 Inci bisa jadi opsi layar eksternal yang ideal.
  • Gamer casual: Refresh rate 75Hz masih terbilang oke untuk Anda para gamer casual. Kalau untuk game kompetitif yang biasanya butuh fps tinggi, 75Hz memang agak kurang.
  • Kreator konten: Untuk sekadar editing foto maupun video sederhana sebelum diunggah ke Instagram atau YouTube, Mi Desktop Monitor 27 Inci sudah lebih dari cukup.
svg%3E
Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci
Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Inci termasuk dalam jajaran monitor IPS 27 inci paling murah saat ini
8
Cek Harga
Verified by MonsterInsights