5 Hal yang Wajib diketahui dari Google Chrome OS Flex

Google secara resmi mengumumkan kehadiran Chrome OS Flex. Sistem operasi teranyarnya ini memungkinkan pengguna PC berbasis Windows atau MacOS untuk mencicipi Chrome OS dengan mudah. Nah, sebelum mencobanya setidaknya ada 5 Hal yang wajib Anda ketahui dari Google Chrome OS Flex.

svg%3E

1. Berbeda dengan ChromeOS
Satu fakta yang paling menarik adalah Chrome OS Flex berbeda dengan Chrome OS. Chrome OS ekslusif hanya tersedia untuk Chromebook saja. Sementara, Chrome OS Flex bisa diunduh dan di install ke semua PC berbasis Windows dan MacOS. Kompromi lainnya Chrome OS Flex juga tidak akan mendukung tombol pintas Chrome OS di Chromebook.

2. Tidak perlu chip pengaman Google
Semua perangkat Chromebook dilengkapi dengan chip pengaman dari Google. Ini diperlukan Chrome OS untuk membantu melindungi sistem Chromebook. Nah, Chrome OS Flex tidak memerlukan hal tersebut. Pasalnya, Chrome OS Flex dirancang dengan mengedepankan komputasi awan. Kendati demikian, Google menjamin sistem operasi ini tetap sangat aman untuk digunakan.

svg%3E

3. Tidak mendukung aplikasi Android dan Google Play
Satu keunggulan dari Chrome OS adalah kini mendukung toko aplikasi Google Play Store. Jadi, bisa menjalankan semua aplikasi Android. Cukup disayangkan Google Chrome OS Flex tidak mendapat dukungan tersebut. Semoga saja kedepannya Google akan menghadirkan dukungan Android di Chrome OS Flex.

4. Tidak mendukung fitur kekinian
Sensor sidik jari, webcam IR yang mendukung fitur pengenal wajah, hingga pena stylus telah menjadi fitur standar di laptop keluaran terbaru. Tapi, sayangnya semua fitur tersebut tidak didukung Chrome OS Flex. Bahkan, OS ini tidak mendukung penggunaan CD/DVD drive.

5. Sangat ringan dan tidak butuh spesifikasi tinggi
Tidak mendukung fitur kekinian artinya Chrome OS Flex akan kompatibel dengan laptop lawas. Memang benar dan klaim Google sistem operasi ini sangat ringan. Tidak perlu laptop spesifikasi tinggi untuk menjalankan Chrome OS Flex. Spesifikasi minimum yang diperlukan yakni prosesor Intel atau AMD x86-64-bit, RAM 4GB, ruang penyimpanan 16GB, bisa melakukan booting dari USB dan BIOS yang bisa diakses penuh.

Tersedia gratis

svg%3E
Chrome OS Flex bisa dibilang adalah solusi berkelanjutan dari Google untuk mengurangi sampah elektronik dan memodernisasi perangkat PC lawas yang Anda miliki. Apalagi, OS ini juga bisa diunduh secara gratis. Jika tertarik untuk mencobanya Chrome OS Flex sudah bisa diunduh melalui situs Google di tautan berikut ini.