Quantcast
ReviewKomputerLaptop Gaming

Review OMEN by HP 16-b0172tx

9.3

Tren laptop gaming kini mulai bergeser ke layar 16 inci. Refresh rate cepat dan performa kencang juga tetap menjadi fitur unggulan. Salah satunya adalah OMEN by HP 16-b0172tx. Apakah laptop gaming ini mampu bersaing di kelas laptop gaming di bawah 30 juta yang persaingannya semakin ketat? Simak ulasannya sebagai berikut.

OMEN by HP 16 b0172tx 1

Desain OMEN by HP 16-b0172tx

OMEN by HP 16-b0172tx tampil minimalis dengan warna bodi serba hitam. Desainnya ini masih mirip dengan HP OMEN 15 sebelumnya. Identitas baru logo OMEN yang berbentuk ketupat berkelir gradasi hijau biru keunguan tetap terlihat di cover bodinya.

OMEN by HP 16 b0172tx 8

Meski membawa panel layar 16 inci secara keseluruhan dimensinya setara dengan laptop 15 inci umumnya. Bobotnya yang sekitar 2,3 Kg masih relatif ringan dan cukup ideal untuk diajak mobilitas. Berkat desainnya yang minimalis laptop ini juga tidak akan mencuri perhatian saat Anda bekerja atau bermain game di kedai kopi.

OMEN by HP 16 b0172tx 2

Konektivitasnya sangat lengkap. Port konektivitas yang dibawanya terdiri dari satu port USB-C Thunderbolt 4, satu port SuperSpeed USB Type-A, satu port HDMI 2.1, satu mini DisplayPort, satu port RJ-45 , slot kartu memori SD dan satu port jack audio combo di sisi kiri. Di sisi kanan hanya terdapat dua port SuperSpeed USB Type-A. Kedua port ini juga tidak akan mengganggu saat sesi gaming dengan mouse.

OMEN by HP 16 b0172tx 3

Layar OMEN by HP 16-b0172tx

Sektor layar menjadi salah satu keunggulan OMEN by HP 16-b0172tx. Layarnya sangat memanjakan mata. Resolusi panel layar IPS 16.1 inci yang dibawanya QHD 2560 x 1440 pixel. Waktu responnya 3 milidetik dengan refresh rate 165 Hz. Sangat nyaman digunakan untuk bermain game aksi-aksi cepat seperti game FPS. Layar tersebut juga memadai untuk kebutuhan konten kreasi berkat dukungan cakupan warna sRGB 100%.

OMEN by HP 16 b0172tx 5

Bermain game dalam jangka waktu yang lama juga tidak membuat mata lelah. Ini karena layarnya telah dilapisi lapisan anti-glare atau anti pantulan dan dilengkapi filter Low Blue Light. Di bagian atas panel layarnya bisa ditemukan kamera HP Wide Vision yang resolusi 720p. Cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan konferensi video. Satu fitur yang absen kameranya ini belum dilengkapi dengan fitur penutup untuk melindungi privasi.

Keyboard OMEN by HP 16-b0172tx

HP OMEN 16-b0172tx hadir dengan keyboard bergaya chiclet khas laptop gaming OMEN. Di sisi kanan terdapat tombol numpad. Tombol pintas untuk mengakses OMEN Gaming Hub juga masih tersedia.

OMEN by HP 16 b0172tx 6

Ukuran setiap tombolnya cukup besar. Jarak antar tombol juga tidak terlalu berdekatan. Berkat fitur Rollover Anti-Ghosting Keyb keyboardnya terasa sangat responsif. Ini menjadikannya nyaman digunakan untuk mengetik hingga bermain game. Seperti laptop gaming lain keyboardnya juga telah dilengkapi lampu backlit RGB 4-Zona yang outputnya bisa diatur sesuai selera gamer.

Untuk trackpad di bagiah bawah keyboard ukurannya cukup besar. Klik kiri dan kanan pada trackpad tersebut terasa nyaman dan tidak berisik. Responnya dengan sentuhan jari amat baik. Trackpad ini juga telah mendukung fitur gestur multisentuh.

Audio OMEN by HP 16-b0172tx

OMEN by HP 16-b0172tx masih membawa rancangan speaker yang ditempatkan tepat di atas keyboardnya. Speaker ganda dari pabrikan Bang & Olufsen tersebut didukung fitur DTS:X Ultra dan HP Audio Boost. Saat kami coba kualitas suara speakernya ini memang terasa jernih dan bertenaga. Sangat memadai untuk gaming hingga menikmati konten multimedia.

Performa OMEN by HP 16-b0172tx

OMEN by HP 16 b0172tx 7
Sebagai laptop gaming kelas atas OMEN by HP 16-b0172tx ditenagai prosesor Intel Core Generasi Ke-11, Intel Core i7-11800H. Prosesor tersebut disokong RAM 16GB dengan konfigurasi 2 x 8GB. Untuk ruang penyimpanan tersedia SSD M.2 PCIe NVMe yang kapasitasnya 1TB. Jadi, tidak perlu khawatir ruang penyimpanannya akan cepat habis. Jika kurang gamer juga masih dimungkinkan untuk upgrade RAM ke maks 64GB atau menambah ruang penyimpanan berkat satu slot SSD kosong yang tersedia. Untuk sektor grafisnya dipercayakan pada kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 6GB. Berikut hasil benchmark OMEN by HP 16-b0172tx:

Dengan spesifikasinya tersebut OMEN by HP 16-b0172tx mampu menghadirkan performa yang sangat bertenaga untuk beragam kebutuhan dari produktivitas, konten kreasi hingga gaming. Performa gamingnya sangat kencang. Mumpuni untuk game AAA yang haus grafis. Beberapa judul game yang kami coba seperti Metro Exodus Enhance Edition dan God Of War.

Metro Exodus Enhanced Edition di resolusi 2K, pengaturan grafis extreme, Ray tracing ultra, opsi DLSS Quality cukup nyaman dimainkan di sekitar 30fps. Menurut kami, akan lebih nyaman dimainkan saat resolusi diturunkan ke Full HD dengan rata-rata sekitar 40-50 fps. Sementara, di game God Of War rata-rata sekitar 60-70 fps untuk bermain di resolusi 2K, pengaturan grafis ultra dan opsi DLSS quality. Kedua pengujian ini dilakukan dengan pengaturan performa di mode Performance. Untuk kebutuhan konten kreasi OMEN by HP 16-b0172tx juga sangat bisa diandalkan. Penyuntinga foto dan video resolusi tinggi hingga resolusi 4K bisa dikerjakan tanpa masalah.

hp gaming hub

Seperti laptop gaming kekinian yang lain OMEN by HP 16-b0172tx membawa fitur pengaturan performa yang bisa diakses lewat OMEN Gaming Hub. Di OMEN Gaming HUB gamer bisa mengkases seputar informasi sistem, Network Booster, pengaturan keyboard RGB, hingga pengaturan performa. Bahkan, tersedia opsi undervolting yang berguna untuk menurunkan voltase CPU core agar lebih hemat daya dan tidak panas. Untuk mode performa hanya tersedia mode Balanced dan Performance. Selain itu, hadir juga opsi Thermal Control dengan opsi MAX, auto dan Manual.

Di opsi MAX suara kipas pendingin akan terdengar sangat bising. Tapi, efektif untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil dan tidak kepanasan. Permukaan suhu di area keyboard juga bisa terjaga sangat baik. Untuk sesi gaming yang lama area keyboard terutama di tombol WSAD dan palm rest hanya terasa sedikit hangat. Untuk penggunaan produktivitas opsi Thermal Control Auto dan mode balance lebih ideal karena kinerja kipas pendinginnya nyaris tanpa suara.

Baterai OMEN by HP 16-b0172tx

Untuk daya tahan baterainya HP OMEN 16-b0172tx tergolong rata-rata. Dari pengujian kami untuk penggunaan produktivitas dengan terhubung ke WiFi baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mode performa Balanced, mode Thermal Control auto, tingkat kecerahan layar 50%, mengaktifkan mode power saver Windows dan mematikan fitur Bluetooth dan location.

Kesimpulan OMEN by HP 16-b0172tx

Kehadiran OMEN by HP 16-b0172tx di segmen laptop gaming 16 inci jelas sangat wajib dilirik oleh gamer. Patut diakui HP OMEN 16-b0172tx sangat menggiurkan di kelasnya. Seperti panel layar 2K 165Hz yang cepat, performa grafis yang kencang dengan RTX 3060, ruang penyimpanan SSD yang besar dan sudah dijual langsung dengan Windows 11. Spesifikasi yang sudah sangat memadai untuk beragam kebutuhan dari gaming hingga konten kreasi. Hingga ulasan ini kami tulis harga HP OMEN 16-b0172tx ada di kisaran 24.499.000 Rupiah. Menjadikannya laptop gaming 16 inci dengan layar 2K 165HZ, RTX 3060 dan SSD 1TB paling murah yang ada di pasaran saat ini.

Kelebihan OMEN by HP 16-b0172tx

– Layar menawan
– Keyboard nyaman
– Performa kencang
– RAM dan SSD bisa diupgrade
– Tersedia mode undervolting
– Audio bertenaga
– Port konektivitas lengkap
– Harga paling murah di kelasnya
– Sudah Windows 11

Kekurangan OMEN by HP 16-b0172tx

– Kipas pendingin agak berisik di mode maksimum
– Mode Performa hanya bisa diakses lewat Omen Gaming Hub
– Daya tahan baterai rata-rata
– Webcam belum dilengkapi fitur untuk melindungi privasi

OMEN by HP 16-b0172tx cocok untuk:

Gamer hardcore: Performanya yang sangat bertenaga didukung sistem pendingin yang mumpuni. Nyaman digunakan untuk sesi gaming yang lama di pengaturan grafis rata kanan.
Atlet E-SportS: Dengan panel layar 165Hz yang sangat cepat, OMEN by HP 16-b0172tx bisa jadi pilihan untuk para atlet e-sports yang bermain game fps kelas kompetisi.
Konten kreator: Resolusi panel layar 2K dan mendukung 100% sRGB menjadikan tampilannya sangat tajam. Warnanya juga akurat. Cocok untuk penciptaan konten.
Para pekerja yang masih doyan bermain game: Desainnya yang minimalis dan tidak mencolok bisa dibawa oleh para pekerja untuk meeting atau bermain game di tempat publik.

Laptop gaming 16 inci dengan layar 2K 165HZ, RTX 3060 dan SSD 1TB paling murah yang ada di pasaran saat ini.
9.3

Artikel terkait

Back to top button