Quantcast
Gadget GuideNews

[Gadget Guide] 5 Hal yang perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop untuk Kreasi Konten

Tren penciptaan konten atau konten kreasi semakin banyak peminat. Nah, bagi yang mengincar laptop untuk konten kreasi perlu diketahui tidak semua laptop bisa diandalkan untuk konten kreasi. Berikut 5 Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop untuk konten kreasi.

Content Creation Laptop 1

1. Prosesor dan kartu grafis wajib bertenaga

MSI Creator Z17 2

Konten kreasi seperti penyuntingan foto, video, audio, desain grafis hingga 3D rendering biasanya menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi tinggi. Jadi, syarat utama laptop konten kreasi memang performanya wajib bertenaga. Terutama di sektor prosesor dan kartu grafis.

Intel Alder lake mobile 3

Untuk prosesor disarankan menggunakan prosesor H-Series. Saat ini pabrikan Intel atau AMD telah memiliki lini prosesor H-Series yang lengkap dengan performa sangat kencang.

AMD Ryzen 6000 Mobile 1

Sementara, untuk kartu grafis saat ini kartu grafis GeForce dari Nvidia masih mendominasi. Opsi yang bisa dipilih dengan Nvidia GeForce GTX-Series atau Nvidia RTX-Series. Jika membutuhkan performa grafis yang lebih bertenaga seperti misalnya rendering 3D yang kompleks kartu grafis Nvidia RTX-Series ataupun Quadro akan lebih ideal.

Nvidia RTX 30 Series laptop

2. RAM dan ruang penyimpanan juga harus besar

Acer ConceptD 3 CN316 73G 1 e1634278031219

Mungkin banyak yang belum mengetahui jika software konten kreasi umumnya haus memori dan membutuhkan RAM yang besar. Jadi, disarankan untuk memilih laptop dengan besaran RAM minimum 16GB.

Untuk ruang penyimpanan model SSD lebih disarankan. Jika dibandingkan Hard disk atau HDD, SSD menawarkan performa yang lebih kencang. Jadi, bisa mempersingkat waktu pemrosesan file terutama yang akan di export. Kapasitasnya juga wajib besar. 512GB atau 1TB bisa jadi pilihan. Akan menjadi nilai tambah jika masih tersedia satu slot kosong untuk menambah ruang penyimpanan.

3. Layar akurat

ASUS ProArt StudioBook Pro 16 OLED 2 e1630905893472

Selain performa bertenaga sektor layar juga penting diperhatikan. Pilihlah laptop dengan panel layar yang mendukung gamut warna setidaknya 100% sRGB atau 100% DCI-P3. Menariknya, saat ini para pabrikan juga mulai menyiapkan laptop dengan layar yang telah dikalibrasi langsung dari pabrikan. Biasanya standar kalibrasi yang digunakan dengan tingkat akurasi Delta E kurang dari 2. Atau, ada juga panel layar yang langsung mendapatkan sertifikasi dari pihak ketiga seperti misalnya Pantone Validated atau Calman Verified.

Lenovo ThinkPad P1 Gen 4 1

Untuk resolusi dengan panel layar resolusi Full HD masih sangat memadai. Opsi resolusi layar yang lebih tinggi seperti 2K atau 4K, panel layar OLED dan dukungan layar sentuh juga boleh dipertimbangkan.

4. Sistem pendingin

Lenovo Legion Slim 7 2021 1

Laptop dengan performa yang sangat bertenaga wajib didukung dengan sistem pendingin yang mumpuni. Pastikan sistem laptop setidaknya telah dilengkapi dengan sistem pendingin kipas ganda, pipa-pipa penyerap panas dan rancangan sistem ventilasi yang memadai pada area sasis. Dengan begitu, manajemen thermal akan lebih optimal dan performa laptop bisa tetap stabil untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

5. Konektivitas

HP ZBook Power G8 1
Konektivitas juga penting diperhatikan untuk laptop konten kreasi. Port konektivitas yang lengkap memungkinkan Anda untuk bisa menghubungkan laptop ke perangkat lain seperti misalnya hard disk/SSD portabel untuk back up data hingga monitor eksternal. Disarankan untuk memilih laptop yang telah dilengkapi port USB 3.2, HDMI 2.0 dan Display Port 1.4. Jika dilengkapi port Thunderbolt 4 dan tambahan slot pembaca kartu memori SD akan menjadi nilai tambah.

Back to top button