Review Gaming ASUS ROG Phone 5s

svg%3E
8.6

Ponsel yang secara khusus ditujukan untuk gaming tidak banyak beredar di Indonesia. ASUS bisa dibilang menguasai segmen ini melalui seri ROG Phone. Produk terbarunya adalah ROG Phone 5s yang tampil amat menggiurkan dengan chipset super kencang dan beragam fitur penunjang untuk bermain game lebih menyenangkan.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengulas seperti apa performa ASUS ROG Phone 5s saat diajak menjalankan game-game populer. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Desain masih yang terbaik

Di kelas ponsel gaming, ROG Phone 5s menurut kami masih punya desain terbaik. Secara DNA memang mirip dengan pendahulunya, dan kalau dibandingkan dengan versi Pro, smartphone ini memiliki cover belakang yang lebih sederhana. Tidak ada layar kecil. Yang ada hanyalah logo ROG dengan efek RGB.

svg%3E

 

ROG Phone 5s punya sensasi genggaman yang mantap ketika digunakan bermain game dalam format landscape. Namun karena dimensinya memanjang, untuk operasional sehari-hari agak sulit menjangkau seluruh bagian layar dengan satu tangan.

svg%3E

Singkat saja, jika Anda menginginkan sebuah ponsel dengan desain yang mencerminkan seorang gamer sejati, ROG Phone 5s jawabannya. Apabila punya dana lebih, Anda bisa memilih versi Pro dengan layar mini bernama ROG Vision, yang dapat menampilkan berbagai animasi keren yang menunjukkan apakah ROG Phone 5s Pro sedang mengisi daya, ada panggilan masuk, X Mode aktif diaktifkan, dan lainnya.

Layar mantap, audio istimewa

ROG Phone 5s didukung layar Samsung E4 AMOLED 144Hz (1ms) berukuran 6,78 inci Full HD+ dengan sampel sentuh 360Hz. ASUS juga berkolaborasi dengan Pixelworks agar kualitas dan akurasi warnanya lebih baik. Bahkan ada pula teknologi HDR yang selalu aktif untuk meningkatkan visual non-HDR. Layar ini juga sudah dilindungi Gorilla Glass Victus, jadi tidak perlu khawatir soal durabilitasnya.

svg%3E

Sejauh pengujian kami, layar ROG Phone 5s sudah amat memadai untuk menunjang berbagai aktivitas. Bukan cuma soal bermain game, ketika digunakan menonton film pun tampilannya begitu memanjakan mata. Tingkat kecerahannya mantap, dan sajian warnanya sedap dipandang.

svg%3E

Sektor audio tidak kalah menggiurkan. Bukan bermaksud melebih-lebihkan, Symmetrical Dual Front-facing Speakers dengan teknologi Dirac HD Sound menurut merupakan salah satu sistem audio terbaik yang pernah dibenamkan pada sebuah ponsel. Suaranya menggelegar dan bertenaga. Asyik untuk main games, menonton film, atau mendengarkan musik tanpa headset.

Performa gaming kencang

Namanya ponsel gaming sudah pasti performanya kencang. ROG Phone 5s dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 888 Plus 5G, yang ditemani RAM 8 GB LPDDR5 dan storage 128 GB. Baterainya 6.000 mAh lengkap dengan fitur charging cepat 65W. Sistem pendinginnya mengandalkan teknologi GameCool 5 yang memastikan panas dari CPU ditransfer ke semua tepi dan sudut sasis secara bersamaan.

Ada pula ruang uap 3D yang dibentuk ulang dan lembaran grafit yang luas, untuk membantu menyebarkan panas secara merata ke seluruh perangkat sehingga mengurangi penumpukan panas di tengah. Namun apakah teknologi ini sudah cukup? Kita bahas nanti.

 

ASUS pun kembali menanamkan fitur Armoury Crate yang akan memudahkan Anda mengakses berbagai fitur terkait performa, mulai dari memantau CPU, GPU, dan suhu, mengaktifkan X Mode, mengatur kecepatan kipas dan air trigger, hingga konstumisasi efek lampu RGB.

svg%3E

 

Sebelum masuk ke performa gaming, berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Berikut pengalaman kami selama memainkan judul-judul game populer di ROG Phone 5s:

1. PUBG New State

svg%3E

Memilih setting frame rate MAX dengan kualitas grafis Lite, sangat mudah bagi ROG Phone 5s untuk menjaga PUBG New State berjalan stabil di kisaran 58-60 fps. Kalau Anda ingin menaikkan grafis ke Medium atau High pun sebenarnya tidak masalah. Setting Ultra pun bisa, tapi sesekali akan ada frame drop ke kisaran 40an fps. Masih playable.

svg%3E

Kami sendiri lebih suka tetap di Lite agar performa lebih konsisten bila dimainkan dengan durasi yang lama. Peningkatan suhunya pun tidak signifikan dan ponsel tetap terasa nyaman digenggam.

2. Shadowgun Legends

Game kedua yang kami coba adalah Shadowgun Legends. Pada game ini, frame rate yang didapat bisa menyentuh angka lebih dari 100 (setting grafis High), karena Shadowgun Legends sudah support hingga 120fps. Di pengaturan memang hanya ada opsi 60 fps, tapi saat dimainkan, game bisa berjalan dengan frame rate yang lebih tinggi.

svg%3E

3. Real Racing 3

Tidak ada masalah berarti untuk memainkan Real Racing 3 di ROG Phone 5s. Saking lancarnya, game bisa berjalan di kisaran 115-120 fps dengan lumayan stabil.

svg%3E

4. ARK: Survival Evolved

ARK: Survival Evolved termasuk sebagai game yang berat. Namun ROG Phone 5s mampu menjalankannya dengan lancar menggunakan setting grafis Epic dan resolusi maksimal. Frame rate yang didapat sepertinya terkunci di 30fps. Yang paling penting, game bisa dimainkan dengan mulus.

svg%3E

5. Genshin Impact

Tidak lengkap rasanya jika belum menguji Genshin Impact yang dikenal sebagai salah satu game dengan tuntutan grafis paling tinggi di smartphone. Karena mengincar gameplay yang stabil, kami memilih pengaturan grafis Menengah dengan mode 60 fps aktif. Hasilnya, ROG Phone 5s mampu menjalankan Genshin Impact dengan lancar di kisaran 55-60 fps.

svg%3E

Alasan kami enggan memilih setting grafis yang lebih tinggi adalah suhu. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, lonjakan suhu pada ROG Phone 5s ketika memainkan Genshin Impact terasa cukup mengganggu. Ponsel jadi agak panas dan tidak nyaman digenggam.

svg%3E

Kalau ingin lebih dingin lagi, ASUS menyediakan AeroActive Cooler 5 yang dijanjikan dapat menurunkan suhu hingga 10 derajat Celcius. Sayangnya pada unit review yang kami terima, ASUS tidak meminjamkan aksesori ini jadi kami belum sempat mencobanya.

Kamera

Karena keterbatasan waktu dan hal lainnya, kami memutuskan untuk menunda pengujian kamera ROG Phone 5s. Sebagai informasi saja, ponsel dengan ROG UI berbasis Android 11 ini mengandalkan kamera 64 MP Sony IMX686 di belakang yang ditemani kamera ultrawide 13 MP, serta kamera makro 5 MP. Di depan, ASUS membenamkan kamera selfie 24 MP.

Kesimpulan

Untuk gaming memang belum ada lawan. ASUS mampu mengemas ROG Phone 5s menjadi sebuah perangkat dengan performa yang istimewa baik untuk gaming casual maupun kompetitif. Kalau Anda ingin desain yang lebih kalem dan tidak membutuhkan ROG Vision, memilih ROG Phone 5s sebagai ponsel gaming andalan adalah pilihan yang lebih masuk akal.

Bagi yang berminat, ASUS ROG Phone 5s dijual dengan harga Rp9.999.000.

svg%3E
ASUS ROG Phone 5s
ASUS mampu mengemas ROG Phone 5s menjadi sebuah perangkat dengan performa yang istimewa baik untuk gaming casual maupun kompetitif.
8.6