Review Gaming POCO X3 GT

7.9

POCO X3 GT hadir sebagai opsi yang wajib yang dipertimbangkan oleh Anda yang menginginkan ponsel untuk gamingm tapi dengan harga terjangkau. Meski dirilis tahun 2021 lalu, hardware yang dikedepankan oleh POCO X3 GT menurut kami masih amat memadai untuk menjalankan game-game populer dengan lancar untuk tahun 2022 ini dan ke depannya.

Nah, untuk Anda yang berminat meminang POCO X3 GT dan menjadikannya perangkat untuk bermain, yuk, langsung saja simak ulasan kami mengenai kemampuan gaming-nya:

Chipset kencang, charging cepat

Sekadar informasi bagi yang belum tahu, POCO X3 GT dipersenjatai chipset MediaTek Dimensity 1100 yang didukung CPU 4-core Cortex-A78 2.6 GHz dan 4-core Cortex-A55, serta GPU Mali-G77. Untuk menjaga suhu tetap aman, POCO menanamkan sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0 yang diklaim dapat menurunkan suhu hingga 11 derajat.

Selain itu, POCO X3 GT memiliki RAM 8 GB dengan storage UFS 3.1 berkapasitas 128 GB atau 256 GB, serta dilengkapi virtual expandable RAM sebesar 2 GB. Ada pula modem 5G serta slot kartu SIM 5G ganda, dan dukungan WiFi6.

Dari sektor layar, POCO X3 GT menawarkan ukuran 6,6 inci DotDisplay Full HD+ dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Untuk refresh rate-nya dilengkapi DynamicSwitch dari 30Hz hingga 120Hz, dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konten. Tidak ketinggalan layar tersebut dilindungi Gorilla Glass Victus.

Sementara untuk urusan daya, ponsel ini mengandalkan baterai 5.000 mAh yang didukung charger bawaan 67W. Sejauh pengujian kami, baterainya bisa menemani aktivitas seharian dengan gaya pemakaian normal, dan butuh waktu sekitar 45-50 menit untuk dapat terisi penuh.

Uji performa gaming

Berikut pengalaman yang kami dapatkan saat mencoba bermain berbagai game populer di Android menggunakan POCO X3 GT:

1. Genshin Impact

Dikenal sebagai salah satu game mobile paling berat saat ini, Genshin Impact masih mampu dijalankan dengan cukup mulus oleh POCO X3 GT. Kami sempat mencoba mengatur grafis ke setting mentok kanan alias Highest dengan mode 60 fps aktif, hasilnya ponsel ini dapat memberikan rata-rata 35-40 fps. Frame drop sangat mungkin terjadi khususnya pada scene pertarungan yang intens. Selain itu, ketika suhu mulai naik pun sulit menjaga frame rate tetap stabil.

Karena itu kami lebih suka untuk memainkan game ini di setting Medium 60 fps, atau bahkan Lowest. Selain frame rate yang disajikan tampak lebih tinggi, menurut kami Genshin Impact juga dapat dimainkan dengan lebih nyaman dalam durasi waktu yang agak lama.

2. Black Desert Mobile

 

Black Desert Mobile kami coba mainkan di POCO X3 GT menggunakan setting Highest Quality dengan Frame Limit diatur ke Max Settings. Hasilnya game dapat berjalan di rata-rata 40an sampai 50 fps, bahkan di adegan pertarungan yang ramai sekalipun.

 

3. Dead Trigger 2

Selanjutnya ada game First Person Shooter berjudul Dead Trigger 2. Menggunakan setting grafis High dengan FPS Limit di 60 fps, sangat mudah bagi POCO X3 GT untuk menjalankan game ini dengan stabil dan lancar. Frame rate-nya pun cenderung rata di 60 fps dan sangat jarang kami temukan frame drop.

4. Real Racing 3

Sama seperti Dead Trigger 3, mendapatkan 60 fps di game Real Racing 3 menggunakan POCO X3 GT pun tergolong mudah. Game balap ini dapat berjalan dengan amat stabil. Menyetir dengan bantuan gyroscope pun terasa cukup menyenangkan.

5. PUBG New State

Memilih pengaturan grafis Lite dengan setting frame rate Max, POCO X3 GT dapat menjalankan PUBG New State di kisaran 55-60 fps dengan cukup stabil. Kalau ingin tampilan yang lebih memanjakan mata, menurut kami masih aman untuk menaikkan kualitas grafis ke Medium atau High tanpa khawatir fps yang didapat rendah. Yang pasti, dengan setting Lite, secara teori baterai akan lebih awet dan suhu tidak cepat panas.

Masih jadi opsi menarik di tahun 2022

Kesimpulannya, POCO X3 GT tetap merupakan opsi yang menarik di tahun 2022, untuk Anda para gamer yang sedang mencari perangkat dengan performa tinggi dan harga yang ramah kantong. Kemampuan gaming-nya tergolong di atas rata-rata ponsel pesaing di kelas harga setara.

Bagi yang berminat POCO X3 GT 8/128 GB dijual dengan harga Rp4.299.000, sementara varian 8/256 GB harganya Rp4.699.000. Ada beberapa pilihan warna yang tersedia, antara lain Cloud White, Wave Blue, dan Stargaze Black.

 

POCO X3 GT
POCO X3 GT tetap merupakan opsi yang menarik di tahun 2022, untuk Anda para gamer yang sedang mencari perangkat dengan performa tinggi dan harga terjangkau
7.9

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa gaming
Baterai
Harga
Final Score