Jadi Andalan di 2022, OPPO Tingkatkan Fitur Portrait Lewat Pengembangan Hardware dan Software

Dalam acara bertajuk OPPO Reno Portrait Workshop yang digelar di Jakarta, Kamis (20/1), OPPO menjelaskan bahwa Portrait akan menjadi fitur andalan mereka di tahun 2022. Tidak tanggung-tanggung, OPPO mengembangkan fitur tersebut baik secara hardware maupun software. Nantinya, Portrait yang semakin canggih ini bakal hadir di ponsel terbaru OPPO yang kabarnya siap meluncur dalam waktu dekat.

Tiga elemen penting dalam pengembangan fitur Portrait

Portrait Mode OPPO

Sedikit menengok ke belakang, di tahun 2016 OPPO mengumumkan jargon ‘Selfie Expert’ dan memposisikan diri sebagai yang terdepan dalam kemampuan swafoto. Namun strategi ini berubah di tahun 2019. OPPO mulai mengedepankan tidak hanya kamera depannya saja, tetapi juga kamera belakang. Kini, lewat rangkaian seri Reno, OPPO berupaya mengasosiasikan keunggulan pada fitur Portrait.

“Melalui lini seri Reno, OPPO berupaya menghadirkan fitur unggulan yang terus dikembangkan berdasarkan kecerdasan buatan terutama portrait. Semakin lama kemampuan portrait pada smartphone akan semakin disukai pengguna dan akan menjadi fitur favorit pada smartphone di tahun 2022,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Menurut OPPO, ada tiga elemen penting yang digabungkan untuk meningkatkan kemampuan portrait pada perangkat smartphone. Ketiga elemen itu antara lain prosesor pengolah grafis, sensor kamera, dan pengembangan kecerdasan buatan (AI) lewat perangkat lunak.

Prosesor pengolah grafis, atau dikenal dengan nama Neural Processing Unit (NPU), akan memberikan kemampuan untuk mengolah gambar dengan kecerdasan buatan sehingga menampilkan hasil yang lebih baik. OPPO telah berhasil mengembangkan mandiri prosesor ini yang juga telah diluncurkan pada akhir tahun lalu dengan nama MariSilicon X.

Yang kedua adalah sensor kamera. Khusus yang satu ini, OPPO berkolaborasi dengan Sony untuk mengembangkan sensor Sony IMX 709. Sensor tersebut dikembangkan bersama oleh OPPO dan Sony selama 3 tahun lamanya, dengan nilai investasi lebih dari 1,5 juta USD.

OPPO mengklaim, Sony IMX 709 memiliki keunggulan 60 persen peningkatan sensitivitas cahaya, dan pengurangan noise signifikan sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada perangkat OPPO Reno6.

Selanjutnya, software atau perangkat lunak menjadi elemen yang tidak kalah penting karena terus dikembangkan untuk mendapatkan sebuah sistem kecerdasan buatan. Sistem ini dapat membaca setiap situasi ketika menangkap foto portrait dan menghasilkan foto yang lebih baik, seperti yang terintegrasi di sistem operasi ColorOS 12. Klik tautan berikut ini untuk mengetahui seperti apa peningkatan kemampuan portrait di ColorOS 12.

Segera hadir di smartphone OPPO terbaru

Semua keunggulan tersebut nantinya bisa dinikmati oleh pengguna melalui seri smartphone terbaru OPPO yang bakal hadir di kuartal pertama atau kedua tahun 2022. Selain mempersiapkan perangkat dengan teknologi jaringan 5G, portrait yang menjadi fitur unggulan tidak hanya berlaku untuk kamera depan namun juga pada kamera belakangnya.

Your email address will not be published.