Leica M11: Standar Baru Kamera Rangefinder dengan Teknologi Triple Resolution

Generasi teranyar Leica M resmi diumumkan. Leica M11 akan menjadi standar baru kamera rangefinder menggantikan Leica M10 yang sudah tersedia di pasaran sejak tahun 2017 lalu.

svg%3E

Fitur Leica M11

Desain rangefinder retro yang menjadi ciri khas Leica M tetap dipertahankan. Namun, Leica M11 kini membawa layar sentuh dengan resolusi lebih tinggi. Leica juga menata ulang penempatan tombol-tombolnya agar semakin mudah digunakan.

svg%3E

Leica M11 juga hadir dengan panel penutup baterai yang mirip Leica Q2. Jadi, lebih mudah untuk mengakses baterai dan slot kartu memori SD jika dibandingkan generasi Leica M sebelumnya.

svg%3E

Pembaruan Leica M11 yang paling menonjol ada di sektor sensor. Leica M11 membawa sensor BSI CMOS full frame 60 megapixel dengan teknologi “triple resolution”. Triple resolution maksudnya kamera ini mampu memotret dengan format DNG dan JPEG di 60, 36 atau 18 megapixel menggunakan seluruh area sensor.

Dengan begitu Leica M11 menawarkan fleksibilitas lebih dalam hal performa dan ukuran file. Resolusi 60 megapixel akan sangat ideal untuk para profesional yang memerlukan foto resolusi tinggi dengan semua potensi kualitas optik lensa Leica M-series. Sementara, resolusi yang lebih rendah akan menawarkan performa yang lebih cepat dan ukuran file foto yang lebih kecil. Jadi, bisa lebih hemat ruang penyimpanan.

svg%3E

svg%3E

Bicara ruang penyimpanan kamera ini telah dilengkapi memori internal dengan kapasitas 64GB. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa kartu memoriSD saat berpergian.

Selain kemampuan memilih resolusi foto, Leica juga menambahkan filter infrared khusus dan UV yang sangat tipis di depan sensornya. Dengan begitu Leica M11 diklaim mampu menghasilkan foto dengan reproduksi warna yang lebih natural.

Sensornya tersebut juga disokong prosesor Leica Maestro II. Prosesor ini memungkinkan Leica M bisa memotret dengan pengaturan ISO dari 64 hingga ISO 50.000, mendukung warna 14-bit dan menawarkan dynamic range hingga 15 stop.

Keunggulan lain Leica M11 bisa memotret dengan kecepatan rana kamera hingga 1/16000 detik. Ini artinya, pengguna bisa memotret di kondisi pencahayaan yang sangat terang tanpa perlu menggunakan tambahan filter ND. M11 juga menjadi kamera rangefinder pertama yang dilengkapi fitur metering multi-field.

svg%3E

Untuk baterainya Leica M11 membawa baterai yang kapasitasnya 1800mAH. Baterainya ini menyimpan daya 64% lebih besar. Jadi, pengguna bisa memotret lebih lama. Leica juga melengkapinya dengan port USB-C yang bisa digunakan untuk isi baterai.

Harga Leica M11

Jika berminat Leica M11 dijual dengan harga US$8995 atau sekitar 128 jutaan Rupiah. Belum ada info lebih lanjut kapan kamera ini akan tersedia di Indonesia.

Verified by MonsterInsights