Review Huawei Matebook 14s

Huawei Matebook 14s Space Gray 5
8.5

Huawei memiliki jajaran produk yang cukup menarik di kategori laptop ultraportable. Salah satunya yang baru meluncur di Indonesia adalah Huawei Matebook 14s. Mengusung tampilan yang premium, laptop ini tetap dibekali hardware yang bertenaga untuk mendukung beragam pekerjaan.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak ulasannya:

Ramping dan mudah dibawa bepergian

Dengan harga mencapai 16 jutaan rupiah, wajar jika sektor desain menjadi daya tarik utama Matebook 14s. Kualitas rancang bangunnya amat baik dan benar-benar terasa seperti laptop mahal karena menggunakan material alumunium. Cocok untuk Anda yang ingin terlihat lebih elegan ketika meeting dengan rekan kerja maupun klien.

Huawei Matebook 14s

Bodi Matebook 14s pun terbilang ramping. Ketebalannya sekitar 16,7mm dengan bobot hanya 1,43 kilogram saja. Sekilas sensasi yang ditawarkannya mirip MacBook. Dimensi yang tipis dan ringan ini tentunya membuat Matebook 14s nyaman dibawa bepergian.

Perlu diketahui bahwa varian warna yang ada di artikel review kami kali ini adalah Space Gray. Nuansanya kalem. Namun kalau Anda ingin tampil beda, varian warna Spruce Green yang unik mungkin bisa menjadi pilihan.

Huawei Matebook 14s Space Gray 5

Begitu dibuka Anda akan menemukan touch pad yang ukurannya cukup luas. Keyboard laptop ini menjadi salah satu bagian yang paling saya suka, karena pengalaman yang saya dapat tergolong menyenangkan untuk mendukung pekerjaan saya yang dominan mengetik. Key travel-nya 1,5mm dan telah dibekali backlit.

Huawei Matebook 14s Space Gray 4

Selain itu, Matebook 14s juga memiliki sensor sidik jari yang posisinya menjadi satu dengan tombol power. Antara tombol F6 dan F7 ada tombol khusus untuk mengakses Microsoft Voice Typing.

Huawei Matebook 14s Space Gray 6

Lalu, bagaimana soal port? Minim, tapi masih terbilang lumayan untuk ukuran laptop tipis. Anda disuguhkan dua port USB Type-C 3.2 Gen 2, HDMI, Audio Jack 3.5mm, dan 1 port USB 3.2 Gen 1. Sementara sektor konektivitas nirkabel mempunyai WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/ax dan Bluetooth 5.1. Sekadar informasi, RAM pada Matebook 14s adalah onboard, jadi tidak ada opsi untuk upgrade.

Huawei Matebook 14s Space Gray 7

Layar yang memanjakan mata

Huawei Matebook 14s punya layar sentuh IPS berukuran 14,2 inci dengan resolusi 2.5K alias 2520 x 1680 pixel. Yang lebih menarik, layar ini mengusung aspect ratio 3:2 dan memiliki refresh rate hingga 90Hz. Namun sejauh pengalaman saya, mode 90Hz ini harus Anda aktifkan secara manual.

Bisa dibilang layar Matebook 14s sudah tergolong bagus di kelasnya. Selain terang dan punya tingkat kecerahan hingga 400 nits, layar tersebut sudah mendukung 100 persen sRGB. Cocok untuk Anda para kreator konten profesional, maupun yang gemar menonton film.

Huawei MateBook 14s dan MateBook 14 3

Sementara dari sektor audio, Matebook 14s dengan 4 speaker yang ditenagai Huawei Sound mampu memberikan kualitas suara yang cukup bertenaga. Untuk pengguna yang sering melakukan meeting secara online, Matebook 14s didukung empat mikrofon internal yang dapat menangkap suara dari jarak hingga 5 meter, serta menyaring kebisingan sekitar dengan peredam bising berteknologi AI-nya.

Ditambah dengan Personal Voice Enhancement, suara pengguna akan terdengar lebih jernih seraya otomatis mengurangi kebisingan latar suara yang mengganggu.

Performa gesit, bisa untuk gaming

Beralih ke performa, Huawei Matebook 14s dipersenjatai prosesor Intel Core i5-11300H dengan GPU Intel Iris Xe, RAM 8 GB LPDDR4X, serta 512 GB NVMe PCIe SSD. Perpaduan yang menurut saya cukup menggiurkan, meski memorinya tidak bisa di-upgrade.

Huawei Matebook 14s Space Gray 3

Untuk pemakaian sehari-hari, Matebook 14s mampu menyajikan performa yang kencang. Semua pekerjaan standar seperti browsing dengan banyak tab, konferensi video, hingga yang agak berat misalnya editing video masih dapat terfasilitasi dengan baik. Bahkan di mode hemat daya sekalipun saya masih merasa laptop ini memberikan kinerja yang gesit.

PCMark 10

CInebench R15

Menariknya lagi, kombinasi Core i5-11300H dengan Iris Xe membuat Matebook 14s masih ideal untuk gaming. Saya sering menggunakan laptop ini untuk bermain game Valorant dengan resolusi 2K dan setting grafis Low. Hasilnya, game dapat berjalan lancar dengan kisaran frame rate 80-90 fps. Tidak ada masalah panas berlebihan maupun throttling.

Geekbench 5

CrystaldiskMark

Lalu, bagaimana dengan baterainya? Irit! Saya sempat menggunakannya untuk bekerja seharian penuh (sekitar 9 jam), dan baterainya belum habis. Tentunya hasil tersebut bisa berbeda, tergantung dari gaya pemakaian masing-masing pengguna. Matebook 14s juga mendukung charging cepat 90W yang mampu mengisi baterai hingga penuh 100 persen hanya dalam waktu 1 jam saja.

Sekadar informasi tambahan, Huawei MateBook 14s juga menghadirkan fitur yang mampu menghubungkan berbagai perangkat dari Huawei melalui HUAWEI Share dan Mobile Apps Engine. Anda dapat langsung mengontrol layar smartphone di laptop atau drag and drop file dari smartphone ke laptop tanpa perlu menggunakan kabel apapun.

Huawei PC Manager

Ada pula Mobile Apps Engine yang memungkinkan beberapa aplikasi mobile untuk smartphone bisa berjalan di Huawei MateBook 14s. Selain itu, laptop ini juga mendukung pengalaman penggunaan multi-device yang fleksibel ke beragam perangkat lain seperti smartphone, tablet, monitor, dan sebagainya.

Kesimpulan

Sebagai laptop premium, menurut saya Huawei Matebook 14s cukup berhasil memenuhi ekspektasi. Dibalik desainnya yang elegan dan ramping, laptop ini dapat memberikan kinerja yang mantap dan stabil, serta baterai yang awet.

Huawei MateBook 14S 2

Bagi yang berminat, Huawei Matebook 14s dijual dengan harga Rp16.999.000.

Huawei Matebook 14s cocok untuk:

  • Karyawan: Dengan performanya yang gesit dan baterainya yang irit, Matebook 14s ideal untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.
  • Pelajar/mahasiswa: Untuk belajar asyik, untuk bermain pun cukup menyenangkan. Kombinasi yang bakal disukai oleh anak muda.
  • Pebisnis yang mobile: Desainnya yang elegan membuat laptop ini cocok untuk meeting bersama klien. Apalagi bobotnya ringan, jadi lebih nyaman dibawa bepergian.
  • Kreator konten: Anda yang membutuhkan laptop ramping dan ringan dengan layar bagus untuk kebutuhan kreasi konten wajib mempertimbangkan Matebook 14s.

Kelebihan Huawei Matebook 14s:

  • Desain premium dan elegan
  • Bodi ramping dan ringan untuk dibawa bepergian
  • Layar 2.5K 90Hz dengan kualitas yang baik
  • Performa gesit dan stabil
  • SSD kencang
  • Baterai irit dan didukung charging cepat
  • Keyboard nyaman untuk mengetik cepat
  • Ketersediaan port tergolong menarik untuk ukuran laptop tipis
  • Ada sensor sidik jari

Kekurangan Huawei Matebook 14s:

  • RAM 8 GB onboard
  • Belum mendukung Thunderbolt
  • Akan lebih menarik jika engsel bisa diputar 360 derajat untuk memaksimalkan fungsi layar sentuh
Huawei Matebook 14s Space Gray 5
Huawei Matebook 14s
Sebagai laptop premium, Huawei Matebook 14s cukup berhasil memenuhi ekspektasi.
8.5

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score