[OPPO INNO Day 2021] 7 Fitur Canggih Find N, Smartphone Lipat Pertama dari OPPO

Pada ajang OPPO INNO Day 2021 pekan lalu, OPPO memperkenalkan sebuah produk menarik yang diberi nama OPPO Find N. Ya, ini adalah smartphone lipat kelas flagship pertama dari OPPO, yang tentunya mengusung berbagai hardware canggih.

Find N

Menurut OPPO, Find N merupakan hasil riset selama 4 tahun serta pengembangan 6 generasi prototipe. Perangkat ini menghadirkan pendekatan baru dalam hal bentuk, untuk menghadirkan produk smartphone yang unik bagi para pengguna baru maupun pengguna lama yang sudah pernah menggunakan smartphone lipat sebelumnya.

“OPPO berkomitmen untuk mengembangkan inovasi yang berfokus pada pengalaman pengguna. Brand proposition baru perusahaan ‘Inspiration Ahead’ (Insipirasi Ke Depan) mengusung semangat optimisme untuk menghadapi segala tantangan dan ketidakpastian,” kata Tony Chen, Pendiri & Chief Executive Officer OPPO.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak 7 fitur canggih yang bisa Anda temukan di OPPO Find N:

1. Rasio landscape

Sebagai sebuah smartphone lipat, tentunya OPPO Find N memiliki layar yang fleksibel. Pada posisi terlipat, Find N merupakan perangkat kecil dan portabel yang tetap memungkinkan pengguna mengakses fitur secara lengkap. Ketika dibuka, smartphone ini menghadirkan tampilan layar landscape yang besar dan imersif.

OPPO Find N 5

OPPO Find N dibekali layar 5,49 inci di bagian luar, dan 7,1 inci dengan aspect ratio 8,4:9 di bagian dalam yang otomatis mengaktifkan mode landscape untuk menonton video, bermain game, atau membaca buku tanpa harus memutar (rotate) perangkat.

2. Flexion Hinge

Flexion Hinge atau engsel melengkung pada OPPO Find N menyatukan 136 komponen dengan sangat presisi hingga 0,01 mm. OPPO mengklaim, Flexion Hinge dapat bergerak dengan mulus layaknya pergerakan sendi dalam tubuh manusia.

Flexion Hinge OPPO Find N

Yang lebih menarik, Flexion Hinge pada OPPO Find N berfungsi sebagai penyangga saat layar terlipat. Dengan demikian, lengkungan pada layar menjadi tidak terlalu terlihat hingga 80% dibandingkan dengan perangkat lain (berdasarkan penilaian TUV). Selain itu Flexion Hinge juga menghilangkan celah antara layar saat dilipat, sehingga menawarkan tampilan yang lebih terintegrasi dan dapat melindungi layar dalam dari goresan.

3. Mode FlexForm

Mode FlexForm pada OPPO Find N menghadirkan fleksibilitas bagi para pengguna untuk menggunakan perangkat dalam berbagai skenario. Hal ini dimungkinkan oleh Struktur gir dan pegas dalam Flexion Hinge, agar perangkat dapat berdiri tegap saat layar dibuka dengan sudut antara 50 hingga 120 derajat.

OPPO juga telah melengkapi Find N dengan software yang dirancang khusus untuk smartphone lipat, yakni dengan menyesuaikan user interface agar lebih kompatibel dengan aplikasi Music, Notes, dan Camera.

Misalnya, saat menggunakan Notes, OPPO Find N dapat berfungsi sebagai laptop mini sehingga pengguna dapat membuat catatan tanpa perlu memegang perangkat. Karena Find N dapat berdiri sendiri, perangkat ini juga dapat berfungsi sebagai tripod sehingga memudahkan pengguna saat melakukan panggilan video, mengikuti rapat online, ataupun merekam video time-lapse 4K HD tanpa harus memegang perangkat.

4. Serene Display yang kuat

Serene Display OPPO Find N

Layar pada OPPO Find N terdiri dari 12 lapis Serene Display dengan lapisan Flexion UTG (kaca ultra-tipis) 0,03 mm, yang diklaim memberikan perlindungan dan daya tahan baik. OPPO menjanjikan Serene Display dapat dilipat dan dibuka dengan mulus hingga lebih dari 200.000 kali tanpa menyebabkan garis lipatan pada layar. Hal ini juga sudah diverifikasi oleh TUV.

OPPO pun turut membenamkan teknologi smart dynamic refresh rate yang dapat disesuaikan mulai dari 1 hingga 120 Hz, berdasarkan konten yang sedang dilihat oleh pengguna. Layar bagian dalam juga memiliki touch sampling rate hingga 1.000 Hz. Tingkat kecerahan maksimalnya bisa mencapai 1.000 nits.

5. Inovasi software

OPPO Find N hadir dengan fitur hand-gesture terbaru sehingga dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligu. Saat menggunakan aplikasi tertentu, pengguna dapat menggeser layar ke bawah menggunakan dua jari untuk mengaktifkan fitur split-screen dan memisahkan layar menjadi dua tampilan yang berbeda pada layar kanan dan kiri.

Selain itu, pengguna juga melakukan gerakan menekan dengan empat jari untuk mengubah full-screen window menjadi floating window. Pengguna juga dapat melakukan gerakan tradisional seperti long press atau drag-and-drop ikon aplikasi untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Fungsi untuk beralih dari layar luar ke dalam atau sebaliknya pun tersedia. Selain itu, tampilan keyboard juga disesuaikan saat menggunakan layar dalam yang lebih besar. Pengguna dapat mengaktifkan fitur split keyboard sehingga pengguna dapat menggunakan dua jempol untuk mengetik dan meningkatkan produktivitas saat bekerja.

OPPO Find N 2

6. Kamera

OPPO Find N memiliki tiga kamera utama yang terdiri dari 0 MP Sony IMX 766 main sensor, lensa ultra-wide 16 MP dan lensa telefoto 13 MP. Ada pula kamera selfie yang terdapat di layar dalam maupun layar luar.

Mode FlexForm akan membantu pengguna merekam video time-lapse 4K HD menjadi lebih mudah. Perangkat tak perlu digenggam dan dapat berdiri sendiri saat ditekuk antara 50 hingga 120 derajat. Teknologi pencitraan perangkat memiliki tiga template yaitu light trails, night sky, sun & clouds

Sementara UI split-camera memungkinkan pengguna untuk menggunakan satu sisi layar dalam saat mengambil foto, dan kemudian menampilkan, mengirimkan, atau menghapus foto yang baru saja diambil menggunakan layar yang satunya lagi. Saat mengambil foto menggunakan kamera utama dengan perangkat terbuka, pengguna dapat menggunakan layar dalam ataupun luar untuk melihat preview foto yang diambil secara langsung.

7. Performa kencang

OPPO Find N dipersenjatai Qualcomm Snapdragon 888 yang ditemani RAM LPDDR5 12 GB dan storage UFS 3.1 512 GB. Baterainya sebesar 4.500 mAh dan didukung teknologi seperti SUPERVOOC Flash Charge 33W dan pengisian nirkabel AIRVOOC 15W. OPPO Find N menyertakan pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tombol daya, serta sistem speaker ganda dengan teknologi Dolby Atmos.

Itulah 7 fitur canggih yang menjadi andalan OPPO Find N. Ponsel ini tampil dengan desain yang ergonomis yang terlindungi oleh Gorilla Glass Victus. Ada tiga pilihan warna, antara lain Hitam, Putih, dan Ungu. Find N dijadwalkan meluncur di Tionkok mulai 23 Desember 2021. Apakah ponsel lipat ini bakal masuk ke Indonesia? Kita tunggu saja!