Review Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA


Di tahun ini lini Lenovo ThinkPad X1 memang sangat mencuri perhatian. ThinkPad X1 Fold muncul dengan layar OLED lipat yang inovatif. Kemudian, ada ThinkPad X1 Nano yang berhasil menjadi laptop ThinkPad paling ringan. Kini, kami berkesempatan mencoba ThinkPad X1 Titanium YOGA. Penasaran bagaimana kehebatan laptop ThinkPad paling tipis ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA

Paling tipis di keluarga ThinkPad ketebalan bodinya hanya sekitar 11.5 mm. Bobotnya juga sangat ringan. Hanya 907 gram saja. Alhasil, ThinkPad X1 Titanium YOGA sangat mudah diajak mobilitas. Hemat tempat di dalam tas, sekaligus tidak memberatkan pundak.

Selain dimensi bodinya yang sangat tipis, desainnya juga wajib diacungi jempol. ThinkPad X1 Titanium YOGA tampil lebih modern. Tidak lagi berbagi desain khas ThinkPad yang sangat ikonik dengan warna bodi serba hitam.

Rancangan bodinya di bagian atas mengusung material serat karbon dan titanium. Satu nilai tambah permukaan bodinya tahan dengan jejak jari. Jadi, tidak mudah kotor. Sementara, di bagian sasis bawah menggunakan material magnesium-alumunium. Dengan warna bodi titanium tampilannya memang terlihat sangat mewah dan premium.

Masuk di lini YOGA, laptop ini menawarkan konsep 2-in-1 konvertibel. Engsel layarnya bisa dilipat 360 derajat. Anda bisa melipatnya penuh menjadi tablet. Atau, menggunakannya di mode lain seperti tent dan stand. Berpindah mode penggunaan juga sangat mudah. Secara keseluruhan rancangan bodi dan engsel layarnya ini terasa sangat kokoh.

Ketangguhannya juga tidak perlu diragukan. Meski bodinya sangat tipis, masuk di lini ThinkPad rancangannya sudah tahan banting sesuai dengan standar militer MIL-STD.

Seperti laptop tipis pada umumnya tidak banyak port konektivitas yang dibawanya. Di sisi kiri bodinya bisa ditemukan dua port Thunderbolt 4 ( mendukung data transfer, Power Delivery 3.0, dan DisplayPort 1.4a). Sementara, di sisi kanan terdapat tombol power, jack audio 3.5mm dan slot kunci kensington.

Layar Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA

Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA datang dengan panel layar sentuh IPS yang berukuran 13.5 inci. Resolusinya QHD 2256 x 1504 pixel. Panel layarnya mengusung rasio aspek 3:2. Rasio aspek ini memberikan tampilan layar yang lebih lebar ke atas. Sangat nyaman digunakan untuk produktivitas.

Tingkat kecerahan layarnya mencapai 400 nits. Tidak pantang di kondisi pencahayaan yang terang. Selain itu, warna di layarnya juga telah mendukung cakupan gamut warna sRGB 100% dan Dolby Vision HDR yang memadai untuk kebutuhan konten kreasi.

Respon layar sentuhnya juga amat baik dengan sentuhan jari. Input lain yang didukungnya bisa menggunakan pena Lenovo Precision Pen yang sudah tersedia dalam paket penjualannya.

Lenovo Precision Pen menawarkan tingkat sensitivitas tekanan hingga 4096 tekanan. Sangat nyaman digunakan untuk menulis atau menggambar. Satu nilai tambah, Lenovo melengkapi Precision Pen ini dengan magnet. Jadi, bisa ditempelkan di sisi kanan bodinya agar tidak hilang saat dibawa berpergian.

Keyboard Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA

Selain rancangan bodi tangguh, ciri khas Lenovo ThinkPad lain yang dibawa ThinkPad X1 Titanium YOGA terlihat di area keyboard. Di keyboardnya bisa ditemukan dot merah trackpoint mouse yang telah menjadi ciri khas ThinkPad.

Keyboardnya sendiri cukup nyaman digunakan. Memang tidak senyaman keyboard ThinkPad pada umumnya. Ini karena jarak antar tombol yang cukup berdekatan dan dimensi keyboard yang lebih kecil menyesuaikan ukuran bodinya. Untuk menemani mengetik di kondisi temaram, Lenovo menyematkan lampu backlit yang berwarna putih.

Di bagian bawah keyboard area touchpad mouse cukup besar. Responnya dengan sapuan jari juga amat baik. Seperti ThinkPad lain bagian atas touchpad dilengkapi tombol klik kiri dan kanan yang nyaman ditekan. Bedanya, touchpad mouse yang dibawanya ini berbasis haptics dengan teknologi Force Field dari Sensel. Jadi, tidak ada komponen yang bergerak. Menurut Lenovo, hal tersebut sangat membantu untuk menjaga rancangan bodinya agar tetap ramping dan bisa memuat baterai dengan ukuran lebih bear.

Fitur Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA

Fitur keamanan menjadi salah satu fitur prioritas di ThinkPad X1 Titanium YOGA sebagai laptop bisnis. Untuk melindungi privasi Lenovo ThinkShutter siap menutup webcam saat sedang tidak digunakan.

Sementara, untuk keamanan tambahan hadir dukungan sensor sidik jari dan IR camera yang kompatibel dengan Windows Hello untuk login Windows dengan deteksi wajah. Kinerja IR cameranya juga sangat responsif. Deteksi wajah bisa dilakukan sangat singkat untuk membuka kunci pengaman.

Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA turut mendapat dukungan kecerdasan buatan sebagai pengaman tambahan. Tersedia fitur Intelligent Security dengan opsi User Presence Sensing, Zero Touch Lock dan Zero Touch Login.

Jika diaktifkan fitur ini memungkinkan laptop membuka dan mengunci layar otomatis dengan mendeteksi keberedaan penggunaan. Hadir juga fitur Intelligent Screen yang secara otomatis bisa meredupkan layar jika mendeteksi pengguna menunduk atau berjalan. Semua fitur ini bisa diakses lewat Lenovo Commercial Vantage. Untuk fitur pintar lainnya di ThinkPad X1 Titanium YOGA bisa memanfaatkan aplikasi Glance by Mirametrix yang juga bisa ditemukan di lini premium Lenovo YOGA.

Kehadiran fitur-fitur pintar tersebut menurut kami berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda jika dibandingkan laptop bisnis lain sekelasnya.

Performa Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA

Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA termasuk salah satu laptop dengan sertifikasi EVO dari Intel. Performanya dipercayakan pada prosesor Intel Core Generasi Ke-11, Intel Core i7-1180G7. Besaran RAM yang dibawanya 16GB dan menggunakan ruang penyimpanan SSD M.2 2242 PCIe 3.0x 4 NVMe yang kapasitasnya 1TB. Mengingat rancangan bodinya yang sangat tipis tidak ada opsi upgrade di laptop ini. Untuk hasil benchmark sebagai berikut.

Dari pengujian kami untuk mendukung produktivitas sehari-hari performanya sangat memuaskan. Terasa kencang meski banyak melakukan multitasking menjalankan beberapa aplikasi bersamaan. Menjalankan aplikasi produktivitas seperti Office dan browsing jelas lebih dari cukup. Chip grafis Intel Iris Xe juga sangat bisa diandalkan untuk menikmati konten multimedia hingga resolusi 4K.

Lalu bagaimana dengan manajemen thermalnya? Untuk sebuah laptop dengan rancanga bodi yang sangat tipis sistem pendingin yang dibawanya tergolong cukup baik. Kipas pendinginnya relatif senyap. Penggunaan yang moderat memang akan menimbulkan rasa hangat di permukaan bodinya. Terutama di bagian atas keyboard. Namun, tidak terlalu mengganggu. Di bagian bawah permukaan bodi juga ada sedikit rasa hangat.

Baterai Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA

Seperti laptop dengan standar Intel EVO lain, ThinkPad X1 Titanium YOGA menawarkan waktu guna yang panjang. Dari pengujian kami, untuk penggunaan standar mengetik dan browsing dengan tingkat kecerahan layar 50% persen, terhubung ke WiFi, mengaktifkan mode power saver, menonaktifkan fitur location, bluetooth dan tanpa lampu bakclit aktif baterainya bisa bertahan hingga sekitar 9,5 jam. Cukup memadai untuk menemani aktivitas bekerja bagi yang mobilitasnya tinggi.

Kesimpulan

Rancangan bodinya yang paling tipis di lini ThinkPad memang menjadi daya tarik utamanya. Dipadukan dengan konsep 2-in-1 konvertibel dan performa kelas atas, laptop bisnis ini sangat fleksibel dan serbaguna untuk beragam kebutuhan produktivitas para pebisnis yang mobilitasnya tinggi.

Memang masih ada beberapa kompromi yang kami temukan. Walau begitu, secara keseluruhan ThinkPad X1 Titanium YOGA tetap sangat mumpuni dan nampaknya bisa menjadi standar baru laptop bisnis konvertibel 2-in-1 kelas premium untuk para pebisnis berkocek tebal.

Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA cocok untuk:

Pebisnis dan Profesional: Performa dan baterai yang cukup tahan lama ideal untuk para pebisnis dan profesional yang mobilitasnya tinggi.

Eksekutif muda: Rancangan 2-in-1 yang tipis dan desain lebih modern cocok untuk para eksekutif muda yang ingin tampil beda atau bosan dengan desain ThinkPad klasik.

Kelebihan Lenovo ThinkPad X1 Titanium YOGA:

– Bodi paling tipis di lini ThinkPad
– Rancangan tangguh sesuai standar militer
– Layar sangat memanjakan mata
– Fitur pengaman lengkap
– Lenovo Precision Pen dengan sistem magnetik
– Performa bertenaga

Kekurangan Lenovo ThinkPad X1 Tintaniun YOGA:

– Keyboard tidak senyaman ThinkPad yang lain
– Speaker kurang bertenaga
– Port konektivitas minim

Secara keseluruhan ThinkPad X1 Titanium YOGA sangat mumpuni dan nampaknya bisa menjadi standar baru laptop bisnis konvertibel 2-in-1 kelas premium untuk para pebisnis berkocek tebal.
9

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score